Sukses

6 Penyebab Hidung Tersumbat Sebelah dan Cara Mengatasinya

Penyebab hidung tersumbat sebelah bisa membuat kamu kesulitan bernapas.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab hidung tersumbat sebelah bisa beragam. Jika kamu sedang mengalami masalah ini, biasanya kegiatan bernapas bisa menjadi suatu tantangan yang cukup berat. Walaupun yang kamu alami hanya hidung tersumbat sebelah, kondisi ini bisa membuatmu sangat menderita.

Hidung tersumbat umumnya memang disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah sinus. Memang, hal ini seringnya disebabkan oleh pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus. Namun bila kamu mengalami hidung tersumbat sebelah, bukan berarti penyebabnya adalah flu dan pilek saja.

Penyebab hidung tersumbat sebelah bisa membuat kamu kesulitan bernapas. Hidung tersumbat juga merupakan suatu gejala penyakit. Oleh karena itu, kamu perlu tahu penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya agar tidak mengganggu dan berdampak lebih buruk.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/8/2019) tentang penyebab hidung tersumbat sebelah

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab Hidung Tersumbat Sebelah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab hidung tersumbat sebelah bisa beragam. Sebagai suatu gejala penyakit, ada beberapa penyakit yang dapat menimbulkan hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh, seperti”

Batuk pilek

Penyebab hidung tersumbat sebelah yang pertama adalah batuk pilek. Keluhan batuk dan pilek sering terjadi karena adanya benda asing seperti kotoran, infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran napas bagian atas, yaitu pada hidung dan tenggorokan. Pada saat pilek, hidung kamu kemungkinan besar bisa tersumbat.

Septum nasal bengkok (miring)

Septum nasal adalah dinding yang membatasi antara kedua rongga hidung. Jika septum ini tidak berada di tengah atau bergeser, maka hal ini membuat salah satu saluran hidung menjadi kecil. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat sebelah. Hal ini karena aliran udara hanya mengalir lancar di salah satu lubang hidung, sementara lubang lainnya tersumbat.

3 dari 6 halaman

Flu dan Sinusitis akut

Influenza atau Flu

Penyebab hidung tersumbat sebelah lainnya adalah flu. Flu terjadi karena virus menyerang sistem pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kondisi inilah yang pada akhirnya membuat hidung tersumbat.

Sinusitis akut

Batuk pilek dapat berkembang menjadi sinusitis akut, yang juga merupakan salah satu penyebab hidung tersumbat sebelah. Pada saat sinusitis terjadi, jaringan di dalam hidung meradang dan membengkak sehingga rongga hidung menyempit. Produksi lendir juga dapat meningkat. Hal-hal inilah yang menyebabkan hidung tersumbat.

4 dari 6 halaman

Alergi dan Polip hidung

Alergi

Pada rinitis alergi, terjadi gangguan pada sistem pernapasan, di mana produksi lendir dalam rongga hidung dapat meningkat, yang menimbulkan reaksi bersin-bersin atau pilek. Karena kondisi inilah penyebab hidung tersumbat sebelah bisa terjadi.

Polip hidung

Sebagian besar orang yang memiliki polip hidung tidak merasakan gejala maupun tanda apa pun. Hal ini biasanya karena polip yang tumbuh di dalam hidung masih berukuran kecil. Bila polip terus tumbuh membesar pada salah satu lubang hidung, maka biasanya ini menjadi penyebab hidung tersumbat sebelah.

5 dari 6 halaman

Cara mengatasi hidung tersumbat

Banyak minum minuman hangat

Minuman hangat akan membuat lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer sehingga cairan bisa keluar. Tidak hanya meminum air mineral hangat saja, kamu juga bisa memvariasikan dengan teh hangat, jahe hangat, lemon tea hangat, mint tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

Menghirup uap air hangat

Menghirup uap dapat melegakan hidung tersumbat karena uap air hangat yang kamu hirup juga akan membantu mencairkan lendir yang ada pada hidung. Caranya, masak air hingga mendidih lalu, hirup uapnya. Namun jangan terlalu dekat agar hidung tidak melepuh.

Mengompres hidung dengan air hangat

Caranya:

- Siapkan handuk kecil atau sapu tangan

- Celupkan pada air hangatLetakkan handuk kecil itu di hidung

- Mengompres hidung dengan handuk yang dicelupkan pada air hangat juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi hidung pada bayi yang efektif.

Membuang cairan hidung (ingus)

Bila kamu mengalami hidung tersumbat, segera keluarkan ingus dalam hidung agar tidak menyumbat jalannya pernapasan. Jika kamu hendak melakukannya pada anak atau bayi, cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan bayi adalah dengan membuang ingus mereka menggunakan aspirator (alat penghisap cairan hidung) yang bisa dibeli di apotek.

6 dari 6 halaman

Cara mengatasi hidung tersumbat lainnya

Tidur dengan bantal tambahan

Tidur dengan menggunakan bantal tambahan atau 2 bantal di kepala akan menjaga kepala tetap miring sehingga akan membantu pernapasan ketika kamu hendak tidur.

Mengonsumsi makanan pedas

Cara ini merupakan cara yang mudah dan mungkin menyenangkan bagi pecinta makanan pedas. Dengan memakan makanan pedas, dengan sendirinya lendir akan mengalir keluar ketika kamu mengalami kepedasan.

Memijat hidung dengan ringan

Memijat bagian atas hidung menggunakan jempol dan telunjuk akan membantu hidung menjadi lega. Cukup dengan memijat ringan bagian atas hidung dengan gerakan memutar hingga hidung terasa lega.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini