Sukses

16 Tanda Red Flag dalam Hubungan, Kamu Wajib Tahu

Tanda-tanda Red Flag dalam hubungan yang perlu diperhatikan, untuk menghindari hubungan yang tidak sehat dan toxic.

Liputan6.com, Jakarta Dalam perjalanan menemukan cinta, penting untuk dapat mengidentifikasi tanda-tanda red flag dalam hubungan, yang mungkin menunjukkan hubungan yang tidak sehat atau Toxic. Sementara setiap hubungan mengalami pasang surut, ada perilaku dan sikap tertentu yang seharusnya menimbulkan tanda bahaya dan mendorong kita untuk melihat lebih dekat dinamika yang sedang terjadi.

Penting untuk diingat bahwa mengatasi tanda red flag dalam hubungan membutuhkan komunikasi yang terbuka dan jujur, refleksi diri, dan, dalam beberapa kasus, mencari bantuan profesional. Setiap individu berhak mendapatkan hubungan yang dibangun atas dasar cinta, kepercayaan, dan rasa hormat, dan dengan mengenali dan mengatasi tanda bahaya, kita dapat mengupayakan hubungan yang lebih sehat dan bahagia.

Memahami tanda-tanda red flag dalam hubungan dapat memberdayakan individu untuk membuat keputusan tentang hubungan mereka, memastikan kesejahteraan emosional dan fisik mereka tetap menjadi prioritas. Sehingga penting untuk menegtahui beberapa tanda bahaya umum yang mungkin muncul dalam suatu hubungan dan memberikan wawasan tentang cara mengatasinya.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (18/5/2023). Tanda-tanda Red Flag dalam hubungan yang perlu diperhatikan, untuk menghindari hubungan yang tidak sehat dan toxic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mereka mempercepat hubungan baru terlalu cepat.

Hubungan yang bergerak cepat bisa baik-baik saja selama itu terasa benar. Ingatlah untuk memeriksa tubuh Anda dan jika Anda merasa cemas tentang pasangan dan hubungan Anda yang bergerak dengan terlalu cepat, itu mungkin pertanda untuk mengerem dan memeriksa dari mana perasaan Anda berasal.

2. Mereka menggambarkan semua mantan mereka dengan buruk

Beberapa hubungan berakhir dengan sangat buruk sehingga kita masih sedih tentang mantan kita, tetapi jika pasangan baru Anda berkata sangat buruk ke salah satu dan semua mantan kekasih mereka setiap ada kesempatan, itu adalah petunjuk bagus bahwa mereka adalah masalah. Dengan kata lain, jika Anda akhirnya berkencan dengan mereka dan putus, suatu hari Anda mungkin akan menjadi mantan buruk yang dibicarakan. 

3. Mereka kasar kepada orang-orang di industri jasa.

Karena budaya yang berkembang saat ini, membuat beberapa orang suka meremehkan pekerja industri jasa, cara teman kencan Anda berbicara dengan pelayan atau pengemudi lain akan memberi Anda banyak informasi tentang pandangan mereka tentang struktur sosial, rasa hak mereka, dan bagaimana mereka merespons ketika mereka dalam posisi kekuasaan. Singkatnya, apakah Anda ingin bersama seseorang yang merasa berhak untuk bersikap kasar kepada orang lain? 

4. Profil kencan mereka tidak cocok dengan siapa mereka sebenarnya.

Dalam berkencan, kita semua ingin mengedepankan yang terbaik, tetapi ada perbedaan antara menampilkan diri Anda yang terbaik dan tidak autentik. Jika teman kencan Anda menyebut dirinya "pejalan kaki yang rajin" tetapi ternyata dia hanya ingin berjalan di jalan beraspal di sepanjang lapangan golf, perlu diperhatikan. Karena kurangnya kesadaran diri dikombinasikan dengan ketidaksesuaian antara kata-kata dan tindakan dapat menyebabkan masalah ketika sampai pada penyelesaian konflik.

 

3 dari 5 halaman

5. Cara mereka mengekspresikan kemarahan membuat Anda merasa tidak aman.

Kemarahan itu normal dan jika Anda sedang menjalin hubungan, dijamin akan ada saatnya marah. Namun jika pasangan Anda menjadi sangat marah sehingga mereka memukul dinding atau menghancurkan barang-barang rumah tangga, ini menunjukan bahwa mereka berpotensi meningkatkan perilaku tersebut di masa depan. Karena masalah manajemen kemarahan dapat berubah menjadi pelecehan.

6. Mereka tidak mendengarkan Anda.

Ini tentang aspek-aspek penting dari diri Anda yang Anda bagikan dengan pasangan Anda, seperti minat Anda, tradisi Anda, dan orang-orang dalam hidup Anda yang membuat Anda merasa utuh. Komunikasi adalah kuncinya, jika Anda merasa tidak terlihat atau didengar, disarankan untuk bertanya kepada pasangan Anda, "Apakah Anda mengerti betapa pentingnya hal ini bagi saya?" Jika itu mengarah pada peningkatan, bagus! Jika tidak, ingatlah bahwa seseorang yang tidak mau berkembang tidak sepadan dengan waktu Anda.

7. Mereka mendorong batasan fisik Anda

Apakah pasangan Anda menolak untuk berhenti menggelitik Anda saat Anda memintanya untuk menghentikannya? Apakah mereka terus menyentuh Anda dengan cara yang tampaknya tidak bersalah saat Anda meminta ruang pribadi? Ini bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut tidak akan menghormati batasan tersebut dari waktu ke waktu. 

8. Anda ragu untuk mengenalkannya pada teman-teman Anda.

Merasa gugup untuk memperkenalkan pasangan baru Anda kepada orang lain dalam hidup Anda adalah normal, tetapi jika pemikiran untuk menyatukan semua orang membuat Anda ingin bersembunyi, itu patut ditelusuri. Tanda bahaya tidak selalu langsung "didefinisikan" dan tidak apa-apa jika Anda harus duduk dengan perasaan Anda untuk sementara waktu sebelum Anda mengidentifikasi apa yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Anda juga harus mempertimbangkan apakah keraguan Anda benar-benar berkaitan dengan pasangan Anda. 

 

4 dari 5 halaman

9. Teman Anda tidak mau menghabiskan waktu bersama mereka.

Cinta bisa tidak diperhatikan, jadi jika teman-teman Anda tidak menyukai pasangan baru Anda, itu bisa menjadi poin yang bagus, untuk mengenali apakah seseorang memiliki tanda red flag atau tidak. Jawaban teman anda mungkin sulit didengar, tetapi pada akhirnya penting untuk diketahui.

10. Mereka berusaha menjatuhkanmu

Sarkasme yang berlebihan, selera humor yang kejam, atau lelucon yang secara teratur menunjukkan kekurangan Anda dapat menjadi salah satu bentuk bagaimana mereka berusaha menjatuhkan anda. Jika Anda memberi tahu pasangan Anda, "Ini menyakiti perasaanku," dan perilakunya tidak berubah. Dalam hal ini, tanda red flag sangat terlihat jelas.

11. Gaslighting

Gaslighting adalah manipulasi emosional di mana pasangan Anda memutarbalikkan kenyataan, membuat Anda meragukan persepsi Anda melalui penyangkalan atau dengan menyalahkan Anda. Tidak hanya kasar, Gaslighting juga sangat sulit untuk diidentifikasi. Karena gaslighting dapat membuat Anda ragu-ragu, sangat disarankan untuk mencari dukungan dari orang-orang yang membuat Anda merasa aman untuk mendiskusikan apa yang Anda rasakan dan mendapatkan kejelasan lebih lanjut tentang perilaku pasangan Anda.

12. Mereka penuh prasangka.

Apakah teman kencan Anda mengungkapkan pandangan rasis, seksis, homofobik, atau transfobia yang lebih terang-terangan, bendera merah ini dapat masuk dalam kategori perilaku kasar. Bagaimana Anda memilih untuk merespons pada saat itu bergantung pada situasi dan seberapa aman perasaan Anda. 

 

5 dari 5 halaman

13. Mereka merespons dengan buruk saat Anda mengambil waktu dari mereka.

Menghabiskan terlalu banyak waktu dengan pasangan dapat membuat Anda kehilangan kesadaran diri dan sistem pendukung Anda. Mengambil ruang untuk diri sendiri dalam suatu hubungan itu sehat, seperti memperhatikan bagaimana pasangan Anda merespons ketika Anda melakukannya. Jika mereka mencibir atau membuat Anda merasa bersalah atau marah, maka perilaku tersebut dapat mewakili ketidakmampuan untuk mengelola ketidaknyamanan, atau menunjukkan sikap posesif.

14. Mereka berada pada tahap kehidupan yang sangat berbeda dari Anda.

Tidak ada yang salah dengan calon pasangan yang ingin berhenti dari pekerjaannya dan menghabiskan lima tahun ke depan tinggal di mobil van, asalkan itu juga yang Anda inginkan untuk lima tahun ke depan. Jadi ini adalah tanda untuk memperhatikan sesuatu yang perlu Anda diskusikan sebelum Anda menemukan diri Anda menunda tujuan Anda sendiri, dari pada orang lain.

15. Mereka membutuhkan kepastian yang konstan.

Kita semua merasa tidak aman pada tingkat tertentu dan bukan salah siapa-siapa untuk merasa seperti itu, tetapi tidak sehat untuk hanya mengandalkan validasi orang lain untuk merasa berharga atau dicintai. Pasangan yang membutuhkan kepastian terus-menerus memberi banyak tekanan pada Anda dan hubungan Anda, dan bahwa masalah kepercayaan diri atau kodependensi bukanlah masalah yang dapat Anda selesaikan untuk pasangan Anda. 

16. Mereka tidak bisa mengelola kecemburuan mereka.

Kecemburuan bukanlah tanda bahaya, namun bagaimana seseorang mengelola kecemburuannya dapat menjadi sinyal peringatan utama. Kesalahpahaman ini dapat menyebabkan semua jenis perilaku yang melintasi batas, seperti pasangan yang memeriksa ponsel Anda untuk melihat siapa yang Anda kirimi pesan atau yang mencoba membuat aturan tentang siapa yang dapat dan tidak dapat Anda temui. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.