Sukses

6 Tahun Hilang, Gadis Ini Berhasil Ditemukan Berkat Muncul di Film

Gadis ini ditemukan berkat wajahnya dikenali penjaga toko di film

Liputan6.com, Jakarta Siapapun tak ingin kehilangan anggota keluarganya. Terlebih kini maraknya penculikan kerap menghantui orang tua terhadap anaknya. Jika terjadi, berbagai upaya bakal dilakukan untuk menyatukan kembali keluarga. Namun hal itu tak selalu mudah dilakukan.

Seperti sebuah kisah seorang gadis yang hilang selama 6 tahun akhirnya bisa berkumpul dengan ibunya kembali. Bukan karena menelusuri dari kota ke kota, melainkan gadis yang berasal dari Illinois, Amerika Serikat ini terdeteksi keberadaannya usai dikenali seorang pria yang baru saja melihat film di Netflix. 

Melansir dari New York Post, tengah viral Gadis bernama Kayla Unbehaun itu tampil di serial kejahatan populer di Netflix berjudul “Unsolved Mysteries". Ia bahkan ditemukan hidup dan aman di North Carolina setelah orang asing mengenalinya saat tayang di dalam Film. Pasalnya, usai membintangi serial film itu, Kayla mengalami penculikan. 

Kayla dikabarkan menghilang dari negara bagian asalnya di Illinois pada tahun 2017, bersama ibunya, yang dia kunjungi pada 4 Juli. Sehari setelah kunjungan, ayah Kayla, yang memiliki hak asuh penuh atas dirinya, pergi menjemputnya, tetapi ibu dan putrinya hilang.

Berikut Liputan6.com merangkum kisah penemuan gadis bintang film usai hilang melansir dari berbagai sumber, Kamis (18/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wajah Kayla di Film Dikenali Pria Penjaga Toko

Melansir dari Lad Bible, bulan lalu Pusat Nasional untuk Anak Hilang dan Tereksploitasi AS merilis gambar lama yang menggambarkan penampilan Kayla. Usaha itu akhirnya menghasilkan penemuan lebih dari 600 mil jauhnya di North Carolina.

Seorang pemilik toko di Asheville, Carolina Utara mengenali Kayla di pusat perbelanjaan berdasarkan gambar tersebut. Ia segera melaporkan penemuan tersebut kepada pihak kepolisian. Kayla dibawa ke tempat perlindungan sementara.

NCMEC atau sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mencari anak-anak hilang – mengeluarkan pernyataan dari ayah Kayla, yang mengatakan:  “Saya sangat senang Kayla aman di rumah,”

“Saya ingin berterima kasih kepada Departemen Kepolisian Elgin Selatan, Pusat Nasional untuk Anak Hilang & Tereksploitasi dan semua lembaga penegak hukum yang membantu kasusnya,

“Kami meminta privasi saat kami mengenal satu sama lain lagi dan menjalani awal yang baru ini.”

3 dari 3 halaman

Ibu Jadi Tersangka Penculikan Anaknya Sendiri

Ibu Kayla ditangkap dan didakwa dengan tuduhan penculikan anak oleh Kantor Kejaksaan Negeri Kane County. Jaminan sebesar $250.000 (Rp 3.7 miliar)  telah ditetapkan dan ibu Kayla dijadwalkan untuk menghadiri sidang pada tanggal 11 Juli di North Carolina.

Kayla Unbehaun berusia 9 tahun ketika ibunya yang bukan hak asuh, Heather Unbehaun, menculiknya dari South Elgin pada 5 Juli 2017, kata National Center for Missing & Exploited Children (NCMEC) .

Kini Heather sedang menunggu ekstradisi ke Illinois, di mana Kantor Kejaksaan Negara Bagian Kane County bersiap untuk menuntutnya dengan setidaknya satu tuduhan penculikan anak. 

Kayla, kini berusia 15 tahun, berada dalam tahanan Departemen Layanan Sosial Carolina Utara. Pada Juli 2017, Heather hanya memiliki hak kunjungan dengan Kayla, yang tinggal bersama ayahnya, Ryan Iskerka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.