Sukses

Budget adalah Anggaran, Kenali Tujuan, Ciri, dan Macamnya

Budget adalah perhitungan penting dalam keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Budget adalah salah satu perhitungan penting dalam keuangan. Dalam bahasa Indonesia, arti budget adalah anggaran. Menghitung budget adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh perusahaan.

Dalam keuangan, budget adalah bagian dari perencanaan. Budget adalah hitungan yang sangat terkait dengan angka pendapatan dan pengeluaran. Selain perusahaan, budget adalah rencana keuangan yang penting dipahami individu untuk mengatur keuangannya.

Budgeting sangat penting untuk merencanakan penggunaan uang di masa depan. Menghitung budget adalah proses penting untuk menentukan apakah pendapatan cukup untuk memenuhi pengeluaran. Berikut pengertian budget, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(04/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Pengertian budget secara umum

Budget dalam bahasa Inggris berarti anggaran. Kata ini juga sudah diserap dalam bahasa Indonesia dengan sebutan bujet. Menurut KBBI, bujet adalah anggaran pemasukan dan pengeluaran uang; anggaran belanja. Secara umum, budget adalah rencana tindakan untuk periode yang akan datang.

Budget adalah perkiraan pendapatan dan pengeluaran selama periode waktu tertentu di masa yang akan datang. Budget biasanya akan dievaluasi secara berkala. Budget adalah perhitungan yang umum dilakukan individu, kelompok, bisnis, pemerintah, atau apa saja yang menghasilkan dan mengeluarkan uang.

Dalam manajerial, tindakan yang berkaitan dengan aspek bisnis selalu didasarkan pada anggaran. Melansir The Balance, budget adalah garis besar tentang bagaimana suatu entitas berencana untuk menjaga kesehatan keuangan. Menurut Investopedia, budget pada dasarnya adalah rencana keuangan untuk periode tertentu, biasanya tahun yang diketahui sangat meningkatkan keberhasilan setiap usaha keuangan.

Selain mengalokasikan sumber daya, budget juga dapat membantu dalam menetapkan tujuan, mengukur hasil, dan merencanakan kontinjensi. Budget adalah bagian integral dari menjalankan bisnis apa pun secara efisien dan efektif.

Anggaran tidak boleh disamakan dengan prakiraan. Prakiraan adalah prediksi belaka, yang dapat dibuat oleh siapa saja. Anggaran adalah rencana rinci operasi untuk beberapa periode masa depan tertentu.

3 dari 9 halaman

Pengertian budget menurut ahli

George R. Terry

Budget adalah perkiraan kebutuhan masa depan yang disusun menurut suatu dasar yang teratur yang mencakup sebagian atau seluruh kegiatan suatu perusahaan untuk suatu periode waktu tertentu.

Kohler

Kohler dalam 'A Dictionary for Accountants' mendefinisikan anggaran sebagai setiap rencana keuangan yang berfungsi sebagai perkiraan dan kontrol atas operasi masa depan, setiap perkiraan biaya masa depan dan setiap rencana sistematis untuk pemanfaatan tenaga kerja, material atau sumber daya lainnya.

Narifin

Menurut Narifin, anggaran atau budget adalah rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk angka waktu tertentu dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang.

Purwanti dan Darsono

Anggaran atau budget adalah rencana kerja yang dituangkan dalam angka-angka keuangan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Munandar

Munandar mendefinisikan budget sebagai suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam unit kesatuan moneter yang berlaku untuk jangka waktu periode tertentu yang akan datang.

Halim dan Kusuf

Anggaran atau budget adalah dokumen yang berisi estimasi kinerja, baik berupa penerimaan dan pengeluaran, yang disajikan dalam ukuran moneter yang akan dicapai pada periode waktu tertentu dan menyertakan data masa lalu sebagai bentuk pengendalian dan penilaian kinerja.

4 dari 9 halaman

Tujuan budget

Dilansir dari Economicsdiscussion, tujuan menyusun budget adalah:

- Untuk mengetahui penggunaan modal yang lebih ekonomis.

- Untuk mencegah pemborosan dan mengurangi pengeluaran.

- Untuk memfasilitasi berbagai departemen untuk beroperasi secara efisien dan ekonomis.

- Mengkoordinasikan kegiatan berbagai departemen.

- Merencanakan dan mengontrol pendapatan dan pengeluaran perusahaan.

- Untuk memperbaiki tanggung jawab di departemen yang berbeda.

- Menjamin ketersediaan modal kerja.

- Memastikan kesesuaian penjualan dengan produksi.

5 dari 9 halaman

Ciri-ciri budget yang baik

Berikut ciri-ciri budget yang baik menurut Economicsdiscussion:

- Berorientasi pada tujuan. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan.

- Berorientasi ke masa depan. Ini disiapkan dan disetujui sebelum jangka waktu yang ditentukan.

- Budget adalah ekspresi dari kebijakan dan rencana dalam hal moneter dan fisik.

- Budget membantu dalam memperkirakan pendapatan dan pengeluaran untuk periode anggaran.

- Budget memperkirakan modal yang akan digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

6 dari 9 halaman

Macam-macam budget

Budget Produksi

Budget Produksi adalah perkiraan total produksi organisasi bisnis selama periode tertentu. Ini disiapkan dengan mempertimbangkan anggaran penjualan, kapasitas produksi, kemungkinan perubahan stok dan kerugian dalam produksi.

Budget Bahan

Budget Bahan adalah perkiraan kuantitas, kualitas dan biaya bahan yang digunakan dalam produksi. Saat mempersiapkan anggaran ini, nilai bahan (yang akan dibeli), ketersediaan keuangan harus dipertimbangkan, jumlah bahan merupakan fungsi penting dari anggaran bahan.

Budget Tunai

Budget tunai adalah perkiraan kas yang dibutuhkan untuk operasi yang sukses dan lancar dari kegiatan. Anggaran ini disusun dengan mempertimbangkan penerimaan dan pembayaran.

7 dari 9 halaman

Macam-macam budget

Budget Penjualan

Budget Penjualan adalah perkiraan total penjualan yang akan dilakukan selama periode tertentu. Anggaran penjualan disiapkan dalam jumlah maupun dalam rupiah. Itu harus disiapkan dengan sangat hati-hati.

Budget Belanja Modal

Budget Belanja Modal adalah perkiraan pengeluaran yang akan terjadi dalam pembelian dan perluasan aset tetap. Ini disiapkan dengan mengingat kemungkinan peningkatan permintaan produk, keuangan yang tersedia dalam kapasitas produksi jangka panjang.

Budget Pabrik

Budget ini disiapkan di pabrik, di mana pekerjaan maksimum dilakukan oleh mesin. Ini adalah perkiraan ketersediaan pabrik untuk produksi yang diusulkan.

8 dari 9 halaman

Macam-macam budget

Budget Biaya Administrasi

Ini adalah perkiraan biaya yang akan dikeluarkan pada pekerjaan administrasi untuk periode anggaran. Untuk tujuan ini, biaya yang dikeluarkan pada tahun-tahun sebelumnya harus dianalisis.

Budget Tenaga Kerja

Anggaran Tenaga Kerja adalah perkiraan jumlah jam kerja yang harus dikerjakan oleh tenaga kerja dalam produksi. Jumlah yang dibayarkan kepada pekerja dan penghasilan tambahan lainnya dicatat dalam anggaran ini.

Budget Biaya Produksi

Budget Biaya Produksi adalah perkiraan biaya produksi yang telah dipastikan dalam anggaran produksi. Bahan, tenaga kerja dan biaya langsung lainnya termasuk dalam biaya produksi.

9 dari 9 halaman

Macam-macam budget

Budget Overhead Pabrik

Ini adalah perkiraan biaya tidak langsung yang akan dikeluarkan sehubungan dengan produksi untuk periode anggaran. Baik biaya tetap dan variabel termasuk di dalamnya.

Budget Overhead Penjualan dan Distribusi

Overhead Penjualan dan Distribusi budget adalah perkiraan biaya, yang akan dikeluarkan untuk menjual dan mendistribusikan produk jadi. Anggaran ini didasarkan pada anggaran penjualan. Anggaran ini harus disiapkan hanya setelah analisis overhead penjualan dan distribusi tahun-tahun sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini