Sukses

Potret Penampakan Sungai Berubah Jadi Merah Darah Setiap Tahun, Fenomena Alam Unik

Sungai ini berubah warna saat musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta Dunia ini tak pernah berhenti memperlihatkan fenomena menakjubkan. Gejala alam, kadang kala bisa membuat siapa pun terpana akan keajaibannya. Baik daratan ataupun di perairan, semuanya punya keunikannya masing-masing.

Batu-batu berjalan sendiri, padang pasir dengan bunga bermekaran, matahari yang tidak pernah terbenam, dan hal unik lainnya. Semua fenomena itu mungkin terdengar seperti latar film fantasi dan serasa tidak mungkin ada di dunia nyata. Tetapi itu semua sebenarnya ada dan benar-benar terjadi di bumi.

Seperti fenomena alam unik yang terjadi di Peru ini. Setiap tahun, pengunjung pegunungan Vilcanota Peru disuguhi fenomena alam yang unik. Di sana, pengunjung akan melihat sungai mengalir merah darah melalui lembah berbatu Cusco yang masih asli.

Biasanya air sungai berwarna bening jernih, kecokelatan hingga kehijauan. Namun air sungai Palquella Pucamayu di Peru ini menjadi warna merah di setiap tahunnya. Diketahui hampir sepanjang tahun, sunagi Palquella Pucamayu berwarna cokelat-lumpur. Namun, selama musim hujan warnanya berubah jadi merah. Berikut kisah selengkapnya, Oddity Central, Jumat (28/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berubah Warna saat Musim Hujan

Terletak sekitar 100 kilometer dari kota Cusco, di dekat Gunung Pelangi Palcoyo yang terkenal, sungai merah ini dikenal sebagai Palquella Pucamayu oleh penduduk setempat. Sungai itu hanya berwarna merah sekitar 5 kilometer sebelum bercampur dengan aliran lain dan sungai kecil di daerah tersebut.

Di mana warnanya menjadi encer, kehilangan rona uniknya. Waktu terbaik untuk melihat sungai merah secara langsung adalah saat musim hujan (Desember – April), karena warna air dipengaruhi langsung oleh tingkat curah hujan. Hampir sepanjang tahun, Palquella Pucamayu berwarna coklat-lumpur.

Namun selama musim hujan, sejumlah besar tanah yang kaya oksida besi dibawa turun dari pegunungan dan mewarnai air menjadi merah cerah. Penampakan foto dan video sungai merah Cusco telah beredar secara online selama bertahun-tahun, menjadi fenomena alam yang menakjubkan.

3 dari 3 halaman

Sempat Disebut Editan

Banyak yang masih meragukan keberadaan sungai tersebut. Tak sedikit yang menyebut foto sungai merah itu adalah editan dari Photoshop dan aplikasi edit foto lainnya. Musim hujan bukanlah waktu terbaik untuk melakukan perjalanan melalui pegunungan Vilcanota.

Akan tetapi jika kamu ingin menyaksikan langsung air merah darah Palquella Pucamayu, tidak ada waktu yang lebih baik selain musim hujan. Fenomena alam unik ini pun tampak begitu menakjubkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.