Sukses

Tips Belajar Tajwid, 10 Cara Mudah Memahami Hukum Membaca Al-Qur'an

Tips-tips belajar tajwid yang mudah dan dapat dilakukan oleh pemula.

Liputan6.com, Jakarta Belajar Tajwid sangat penting untuk memahami Al-Qur'an. Tajwid mendorong kita untuk mencari tahu bagaimana kata-kata Arab digunakan dan diartikulasikan dengan tujuan akhir dapat menceritakan Al-Qur'an dengan sempurna. Belajar Tajwid untuk Pemula bisa menjadi tugas yang sulit, terutama bagi mereka yang bahasa pertamanya bukan bahasa Arab. Padahal, tajwid sangat penting untuk mempelajari cara membaca Al-Qur'an dengan benar. 

Dengan belajar tajwid, hal ini membantu kita untuk melafalkan setiap kata dan setiap huruf Al-Qur'an dengan benar dengan titik masuk dan keluar yang sesuai. Belajar Tajwid Quran juga penting untuk memahami Quran. Ini mengajarkan kita bagaimana mengucapkan huruf Arab persis seperti yang seharusnya diucapkan sehingga kata-kata kita memiliki arti yang diinginkan. 

Karena kesalahan sekecil apa pun dalam mengucapkan kata-kata Allah dapat mengakibatkan kesalahan makna yang sama sekali dari ayat-ayat Al-Qur'an, yang merupakan dosa besar. Sehingga memahami tajwid dan arti dari setiap kata dalam Al-Qur'an adalah penting dan sangat bermanfaat untuk dipelajari lebih dalam oleh seluruh umat muslim.

Lantas bagaimana cara belajar tajwid yang mudah dan efektif? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tips-tips belajar tajwid yang mudah dan dapat dilakukan oleh pemula, Senin (17/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tips Praktis Belajar Tajwid Dengan Sempurna

1. Cari Instruktur Profesional

Belajar tajwid untuk pemula membutuhkan pendampingan, bimbingan, dan pengawasan oleh tutor Alquran profesional. Anda harus mencari guru yang berkualifikasi untuk mengajari Anda aturan tajwid, cara mengucapkan kata-kata, mengidentifikasi tempat artikulasi huruf , membedakan antara suara yang berbeda, dll. Dia akan berjalan bersama Anda langkah demi langkah dari dasar ke tingkat lanjutan. Selain itu, guru Quran akan mendengarkan bacaan Anda, menilai level Anda, dan mengoreksinya terus menerus hingga Anda menguasai Tajwid Quran.

2. Fokus pada Poin Artikulasi Huruf Arab

Al-Qur'an mengandung banyak sekali ayat-ayat yang perlu dibaca secara tepat dan mensyaratkan masing-masing. Setiap kata diucapkan dengan benar untuk menghormati ketentuan Allah. Pertama-tama Anda harus memahami huruf, bunyinya, dan artikulasinya. Yang akan membantu Anda dengan jumlah yang signifikan dalam bacaan yang benar. Sangat menantang bagi orang tua untuk mempelajari Makharijul jika mereka tidak mengikuti kelas Tajwid untuk orang dewasa di mana mereka belajar aturan dengan Tutor profesional.

Anda dapat menemukan banyak video dan bacaan Alquran yang berbeda yang akan membantu Anda memahami cara mengucapkan kata-kata yang membuat Anda penasaran. Selain itu, teruslah berusaha melenturkan lidah Anda. Jika Anda tidak pandai bahasa Arab, Anda perlu melatih bahasa Arab Anda secara bersamaan. Tajwid jauh lebih mudah bagi orang yang bisa berbahasa Arab, atau mereka yang berbahasa Arab asli. 

3 dari 6 halaman

3. Jangan kehilangan harapan

Mempelajari fonem dari dialek baru apa pun sulit bagi orang dewasa. Oleh karena itu, Anda membutuhkan banyak kesabaran dan pengendalian diri untuk mencapainya. Sering kali, Anda mungkin berkecil hati saat lalai menciptakan suara yang benar meski sudah berusaha terus-menerus. Selama kesempatan ini, ingatkan diri Anda mengapa Anda melakukan ini. Nabi Muhammad SAW menyemangati kita dengan cara ini dalam hadits yang menyertainya:

Orang yang mahir membaca Al-Qur'an akan bersama para ahli kitab (malaikat) yang terhormat dan patuh, dan orang yang membaca Al-Qur'an dan merasa sulit untuk membacanya, berusaha sebaik mungkin untuk membacanya dengan cara yang terbaik mungkin, akan memiliki pahala ganda.  [Bukhori dan Muslim]

Segalanya tampak sulit pada awalnya, tetapi itu tidak berarti Anda kehilangan harapan. Semuanya bisa dicapai jika Anda bekerja keras. Kegagalan terjadi, dan banyak masalah terjadi. Tetapi Anda akan belajar dari pengalaman Anda dan menjadi lebih baik bersama-sama. Jadi jangan kehilangan harapan.

4. Pelajari Aturan Tajwid Langkah demi Langkah

Jangan terburu-buru saat mempelajari aturan tajwid ! Berikan setiap pelajaran waktu untuk mempelajarinya dengan benar dan kuasai sebelum pindah ke pelajaran berikutnya. Sebenarnya, ini adalah salah satu tips paling penting tidak hanya untuk belajar tajwid untuk pemula tetapi juga untuk mempelajari hal baru. Jangan mencoba mempelajari terlalu banyak hal sekaligus! Hal ini dapat menyebabkan menjadi bingung dan kewalahan.

Langkah pertama untuk mempelajari Tajwid adalah mempelajari alfabet Arab dan pengucapannya dalam berbagai bentuk dengan cukup baik. Untuk langkah ini para ahli Al Quran biasanya menggunakan kitab Noorani Qaida dengan urutan pelajaran & latihan yang sama bertahap.Setelah Anda menguasai pengucapan huruf Arab dengan buku Noorani Qaida, akan lebih mudah untuk mengucapkan kata-kata Alquran. Ini juga membantu untuk memahami banyak aspek Tajwid seperti tempat artikulasi dan karakteristik huruf.

4 dari 6 halaman

5. Membaca Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah sumber latihan tajwid Anda yang konstan dan paling penting. Di sinilah Anda menemukan semua kata yang Anda coba kuasai. Dan semakin banyak Anda membaca Al-Qur'an, semakin baik Anda mengartikulasikan kata-kata ini. Juga bijaksana untuk mendapatkan mus'haf yang memiliki tanda-tanda tajwid. Dalam mus'haf ini, aturan tajwid di setiap ayat Al-Qur'an diberi kode warna dengan berbagai warna sebagai pedoman bagi individu yang baru belajar tajwid. 

Misalnya, di mana pun Anda diandalkan untuk memperpanjang cara mengungkapkan huruf secara berurutan akan ditulis dengan warna biru. Sementara tempat-tempat di mana Anda harus mengkonsolidasikan dua kumpulan huruf yang berbeda, akan ditulis dengan warna merah. Ini mendorong Anda untuk lebih memperhatikan aturan tajwid dan memiliki tempat untuk menggabungkannya setelah Anda mempelajarinya.

6. Memahami Arti Ayat

Kita perlu membayar Al-Qur'an haknya dengan membaca dan memahami apa yang sedang dibaca. Untuk apa bergantung pada tafsir atau penafsir ketika kita bisa memahami kitab Allah? Ketika Anda memuat apa yang Anda baca, Anda akan memilikinya dalam semua keseriusan dan perasaan. Untuk ini, Anda harus mempelajari seluruh bahasa Arab; namun, Anda cukup mempelajari bahasa Arab Al-Qur'an atau bahasa Arab Klasik dan mulai memahami Al-Qur'an secara singkat dan sederhana.

5 dari 6 halaman

7. Terus Berlatih

Praktik tajwid adalah hal yang menghidupkan semua kelas tajwid dan penyetelan radio Anda. Mempraktikkan Tajwid adalah cara Anda menjadi sempurna dalam tajwid dan bacaan Al-Qur'an Anda. Setelah mempelajari konsep-konsep dalam tajwid, pastikan untuk memasukkannya ke dalam percakapan sehari-hari Anda. Saat Anda memahami sesuatu, gunakan itu dalam wacana sehari-hari Anda. Sesering mungkin dengan tujuan agar Anda bisa terbiasa dengannya.

Latihan membuat manusia sempurna, dan itu benar; ketika Anda mempraktikkan sesuatu setiap hari dan menggunakan apa pun yang Anda pelajari dalam gaya hidup sehari-hari, Anda perlahan mulai terbiasa. Demikian pula, gunakan apa pun yang Anda peroleh dalam tajwid dalam rutinitas harian Anda.

8. Ajarkan apa pun yang Anda Pelajari

Pendekatan paling ideal untuk mengambil apa pun dalam waktu singkat dan ace adalah menunjukkan hal yang sama kepada orang lain. Terlebih lagi, seberapa baik Anda seorang Muslim ketika Anda adalah orang yang mengajari orang lain cara membaca Al-Qur'an? Seperti yang diriwayatkan `Utsman: Nabi berkata, 

“Sebaik-baik kalian (Muslim) adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya.” (Sahih al-Bukhari 5027).

Jadi, mulailah menunjukkan kepada orang lain, dimulai dengan kerabat atau teman Anda. Dan Anda juga bisa mulai mengajari anak-anak cara belajar tajwid . Bantu mereka mempelajari mur dan baut Tajwid, standar, dan sebagainya. Dan Anda akan selalu mengingat apa yang Anda perintahkan kepada orang lain.

6 dari 6 halaman

9. Kesalahan Akan Mengajari Anda

Banyak dari kita memiliki pemikiran ini; Haram hukumnya membaca Al-Qur'an jika tidak tahu cara membacanya dengan benar. Keyakinan ini tidak hanya salah, tetapi juga berbahaya karena menghalangi kita membaca Al-Qur'an. Allah menyatakan,

Jadi bertakwalah kepada Allah sebanyak yang kamu bisa dan dengarkan dan patuhi dan belanjakan [di jalan Allah]; itu lebih baik untuk dirimu sendiri. Dan barang siapa yang terpelihara dari kekikiran jiwanya, mereka itulah yang akan beruntung. [QS. At-Taghabun Ayat 16]

Jangan takut untuk membaca Al-Qur'an bahkan jika Anda benar-benar buruk jika Anda tidak mencoba untuk membacanya, bagaimana Anda akan belajar? Dan akan lebih baik untuk melafalkannya di depan mentor Anda atau memainkan pelafalan dari ayat yang sama untuk mengoreksi diri Anda sendiri.  

10. Latih Intonasi Anda

Naik turunnya bacaan dan cara Anda mengeluarkan suara juga penting. Anda harus belajar dan memahami kapan harus membangun suara. Kapan harus mundur dan di mana harus diam untuk menyempurnakan bacaan Anda. Mengikuti kualitas yang sesuai, tanda dan aturan tajwid akan membantu Anda secara substansial lebih banyak dalam bacaan terbaik. Ini akan sulit mengingat membutuhkan banyak fungsi tenggorokan. 

Tetapi pada akhirnya Anda akan memahaminya dan terbiasa ketika Anda terus berlatih. Memahami Tajwid untuk meningkatkan bahasa Arab Anda dan membaca Al-Qur'an mungkin tampak seperti pekerjaan yang berat ketika Anda masih pemula. Namun, Anda harus selalu mengingatkan diri sendiri bahwa ini tidak hanya akan memberi Anda keuntungan besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.