Sukses

8 Manfaat Bawang Putih untuk Telinga dan Cara Penggunaannya yang Benar

Meskipun ada manfaat bawang putih untuk telinga dan kesehatan lainnya, tidak disarankan untuk digunakan secara topikal pada kulit atau area tubuh lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang populer di seluruh dunia dan dikenal karena kandungan nutrisi yang tinggi dan manfaat kesehatan yang beragam. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang terbukti memiliki sifat antioksidan, antikanker, dan antiinflamasi. Salah satu khasiatnya yang terkenal adalah manfaat bawang putih untuk telinga.

Meskipun ada manfaat bawang putih untuk telinga dan kesehatan lainnya, tidak disarankan untuk digunakan secara topikal pada kulit atau area tubuh lainnya. Bawang putih mentah atau cairan bawang putih yang digunakan secara topikal dapat menyebabkan iritasi, kulit merah, dan bahkan luka bakar. 

Penggunaan bawang putih secara topikal juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang yang sensitif terhadap bahan tersebut. Jadi, sebaiknya bawang putih hanya digunakan sebagai bahan makanan dalam masakan atau dikonsumsi secara oral dalam dosis yang sesuai dengan anjuran dokter.

Mendapatkan manfaat kesehatan bawang putih untuk telinga dan kesehatan lainnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang. Bawang putih dapat ditambahkan ke dalam masakan sehari-hari seperti sup, tumis, atau salad, atau digunakan sebagai bumbu tambahan dalam saus atau marinasi. Berikut manfaat bawang putih untuk telinga yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (9/3/2023) dan cara mendapatkannya dengan benar untuk meminimalisir efek samping.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Telinga

1. Mengobati Infeksi Telinga

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiviral. Manfaat bawang putih untuk telinga dapat membantu mengobati infeksi telinga yang disebabkan oleh bakteri, jamur, atau virus. Sebuah penelitian menunjukkan, tetes telinga naturopatik yang mengandung bawang putih (Allium sativum) dan bahan herbal lainnya ternyata sama efektifnya dengan obat lain dalam mengatasi sakit telinga.

2. Mengurangi Inflamasi

Bawang putih juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan di telinga. Inflamasi dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk infeksi telinga, flu, dan alergi. Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah yang wajar dapat membantu mengurangi inflamasi di telinga. 

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat bawang putih untuk telinga juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di telinga. Sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah telinga, termasuk tinnitus atau bunyi berdengung di telinga. Anda dapat mengonsumsi bawang putih secara teratur dalam jumlah yang wajar untuk meningkatkan sirkulasi darah di telinga. 

4. Menjaga Kesehatan Telinga

Bawang putih mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu menjaga kesehatan telinga. Senyawa-senyawa ini termasuk antioksidan dan senyawa sulfur. Antioksidan membantu melindungi sel-sel telinga dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara senyawa sulfur membantu membentuk kolagen, protein yang penting untuk kesehatan telinga. 

3 dari 4 halaman

.

5. Mengurangi Kemerahan dan Pembengkakan

Bawang putih mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan di telinga. Senyawa ini termasuk senyawa antiinflamasi seperti saponin dan flavonoid. Anda dapat mengonsumsi bawang putih secara teratur atau menggunakan minyak bawang putih untuk membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan di telinga.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat bawang putih untuk telinga ini dapat membantu melindungi telinga dari infeksi dan penyakit. 

7. Meningkatkan Kualitas Pendengaran

Bawang putih mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu meningkatkan kualitas pendengaran. Senyawa-senyawa ini termasuk senyawa antioksidan seperti vitamin C dan mineral seperti selenium. Antioksidan membantu melindungi sel-sel telinga dari kerusakan akibat radikal bebas, sedangkan selenium membantu melindungi sel-sel telinga dari kerusakan akibat paparan bising dan suara keras.

8. Mengurangi Risiko Tinnitus

Tinnitus atau bunyi berdengung di telinga adalah kondisi yang menyebalkan dan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Bawang putih dapat membantu mengurangi risiko tinnitus dengan meningkatkan sirkulasi darah ke telinga dan melindungi sel-sel telinga dari kerusakan.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Bawang Putih untuk Telinga

Meskipun bawang putih memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan telinga, namun penggunaannya juga perlu dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk telinga yang aman.

1. Konsultasikan dengan Dokter 

Sebelum menggunakan bawang putih untuk mengobati masalah telinga, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan memberikan saran dan panduan mengenai dosis dan cara penggunaan yang tepat untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

2. Konsumsi Bawang Putih Segar

Pilihlah bawang putih yang segar dan tidak rusak untuk dikonsumsi sebagai obat telinga. Hindari menggunakan bawang putih yang sudah matang atau mengandung bahan tambahan lainnya.

3. Jangan Gunakan Secara Topikal

Jangan mengoleskan bawang putih langsung ke dalam telinga. Sebaiknya gunakan obat yang mengandung ekstrak bawang putih dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.