Sukses

Robbi Habli Minassholihin Arab dan Artinya, Doa yang Sering Dibaca Nabi Ibrahim AS

Robbi habli minassholihin Arab merupakan doa untuk mendapatkan keturunan.

Liputan6.com, Jakarta Robbi habli minassholihin Arab dan artinya perlu kamu ketahui. Kalimat bahasa Arab ini mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang. Pasalnya, kalimat ini kerap kali dibaca saat berdoa setelah salat berjamaah ataupun pada ceramah.

Kalimat doa satu ini mungkin lebih familier di telinga pasangan suami istri. Kalimat ini merupakan doa yang dibacakan oleh Nabi Ibrahim kepada Allah SWT, saat memohon agar diberikan keturunan. Doa ini menjadi salah satu doa yang kerap dilafalkan oleh pasangan yang kesulitan mendapatkan keturunan.

Robbi habli minassholihin Arab merupakan doa untuk mendapatkan keturunan. Tidak hanya itu, doa ini juga berarti bahwa seorang muslim mengharapkan untuk mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholehah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/3/2023) tentang robbi habli minassholihin Arab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Robbi Habli Minassholihin Arab dan Doa Mendapatkan Keturunan yang Saleh

Robbi habli minassholihin Arab adalah doa yang perlu diketahui oleh pasangan suami istri yang belum dikaruniai anak. Robbi habli minassholihin Arab adalah doa yang dibacakan oleh Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT untuk membantunya mendapatkan keturunan. Doa ini juga tercantum di dalam Al-Quran, yaitu pada surah As-Shaffat ayat ke-100.

Berikut doa robbi habli minassholihin Arab dan artinya:

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

"Rabbi hab lii minas-saalihiin"

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.”

Robbi habli minassholihin Arab artinya yaitu doa meminta keturunan yang saleh. Jadi, doa robbi habli minassholihin Arab ini tidak hanya ditujukan sebagai permohonan agar mendapat keturunan saja, tetapi juga agar mendapatkan keturunan yang saleh. Robbi habli minassholihin Arab ini juga menjadi sebuah doa agar anak bisa menjadi sosok yang bermanfaat bagi banyak orang di sekelilingnya, bagi negara, dan agama Islam. Doa ini juga harapan agar anak terhindar dari hal-hal buruk dunia dan akhirat, serta kekufuran.

3 dari 5 halaman

Doa Mendapatkan Keturunan Lainnya

Doa Robbi habli minassholihin Arab bukanlah satu-satunya doa mendapatkan keturunsan yang saleh. Kamu juga bisa melafalkan doa lainnya saat hamil ataupun jadi orang tua. Selain robbi habli minassholihin Arab, kamu juga bisa melafalkan doa berikut agar mendapatkan keturunan yang saleh:

Surat Ali Imran ayat 38:

“Rabbii habli milladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka sammi’uddu’aa”

Artinya: “Ya Allah berikanlah kepadaku dari sisiMu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau adalah pendengar permohonan (doa).” (Q.S. Ali Imran : 38)

Surat Ibrahim ayat 40:

“Rabbij’alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyatii robbanaa wa taqobbal du’aa”

Artinya: “Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang- orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.”(QS. Ibrahim 40)

Surat Al-Furqan ayat 74:

“Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriiyaatinaa qurrota a’yun, waj ‘alnaa lil muttaqiina imaamaa”

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang beRtakwa.” (Q.S. Al-Furqan : 74)

4 dari 5 halaman

Sejarah Doa Robbi Habli Minassholihin

Robbi habli minassholihin Arab merupakan doa yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim saat beliau dan istrinya tak kunjung diberikan keturunan oleh Allah SWT. Doa ini kerap dibacakan oleh Nab Ibrahum saat mendapat ujian Allah SWT yaitu berupa sulit mendapatkan keturunan bersama istri beliau Siti Sarah. Ujian ini bahkan membuat Siti Sarah merelakan nabi Ibrahim untuk menikahi seorang wanita bernama Siti Hajar agar segera mendapatkan keturunan.

Sehingga, setelah menika dengan Hajar, Nabi Ibrahim akhirnya diberikan keturunan, yaitu dengan lahirnya Nabi Ismail. Namun, tak lama setelah itu Allah SWT juga memberikan keturunan kepada Nabi Ibrahim melalui Siti Sarah, yang melahirkan Nabi Ishaq.  

Jadi, doa robbi habli minassholihin Arab ini sangat baik untuk diucapkan oleh setiap pasangan suami istri yang ingin memiliki keturunan. Doa ini sekaligus sebagai harapan agar Allah SWT memberikan keturunan yang saleh bagi pasangan suami istri. Bacaan doa robbi habli minassholihin Arab ini bisa diamalkan kapan saja dan di mana saja.

5 dari 5 halaman

Kandungan Doa Robbi Habli Minassholihin

Salah satu kandungan doa robbi habli minassholihin yaitu harapan untuk mendapatkan keturunan bagi pasangan yang belum memilikinya. Namun, kau tentunya harus sabar dan tetap percaya dengan ketetapan Allah SWT. Bahkan, Nabi Ibrahim pun membacakan doa Robbi Habli Minassholihin ini dalam jangka waktu yang tidak singkat, dan dilakukan secara terus-menerus. Selain itu, tidak hanya berdoa saja, kamu juga perlu melakukan usaha yang maksimal.

Selain mendapatkan keturunan, doa robbi habli minassholihin Arab ini juga bisa menjadi doa agar keturunan kamu menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Doa ini merupakan harapan agar anak selalu berada di jalan Allah SWT dan jalan kebenaran, bisa menjadi anak yang bermanfaat untuk negara, orang sekeliling, dan agama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.