Sukses

12 Cara Tidur Cepat 30 Detik Menurut Penelitian, Coba Metode Militer

Cara tidur cepat 30 detik sebagian besar sudah dibuktikan dengan penelitian.

Liputan6.com, Jakarta - Cara tidur cepat 30 detik sebagian besar sudah dibuktikan dengan penelitian. Meski belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan tidur tepat dalam 30 detik memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan, tetapi tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk kesehatan dan kesejahteraan.

Tidur yang cukup dengan cara tidur cepat 30 detik, dapat membantu meningkatkan konsentrasi, memperbaiki mood, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, tidur yang cukup juga penting untuk memulihkan tubuh setelah aktivitas fisik atau stres.

Cara tidur cepat 30 detik menurut penelitian yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber dan terbukti menurut penelitian ada dua belas. Mulai dari membaca buku sebelum tidur, mengonsumsi makanan diet yang lebih sehat, menggunakan metode militer, minum susu hangat, menghindari kafein, dan masih banyak lagi lainnya.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika seseorang kesulitan tidur cepat 30 detik atau sulit memiliki kualitas tidur yang baik. National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) menjelaskan ini bisa dipengaruhi oleh kondisi medis (radang sendi, obesitas, kardiovaskular, menopause), konsumsi zat tertentu, stres, gangguan psikologi, trauma, bepergian, perubahan jam kerja, dan gaya hidup.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang cara tidur cepat 30 detik menurut penelitian yang dimaksudkan, Selasa (28/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Tidur Cepat 30 Detik Menurut Penelitian

1. Baca Buku Sebelum Tidur

Cara tidur cepat 30 detik yang ampuh menurut penelitian, dilakukan dengan membaca buku tepat sebelum tidur. Lifehack menjelaskan membaca buku yang dimaksudkan tidak harus sesuatu yang berat, tetapi membaca apa saja yang membosankan.

Metode membaca sebagai cara agar cepat tidur 30 detik ini, khususnya bisa memaksa seseorang melepaskan diri dari peralatan elektronik (barang yang dirancang untuk membuat pikiran terstimulasi secara visual dan menjadi aktivitas santai).

2. Tetapkan Waktu Tidur Formal

Menetapkan waktu tidur formal adalah cara tidur cepat 30 detik. Ini metode tidur dengan memaksakan diri di setiap tidur malam. Lifehack menjelaskan cara tidur cepat dengan pengaturan waktu tidur formal tidak hanya dapat membantu secara fisik, tetapi juga memiliki beberapa manfaat psikologis yang kuat.

Menetapkan waktu tidur yang format, membantu pikiran menyadari bahwa inilah saatnya untuk mulai bersantai dan rileks, sama seperti seorang anak belajar tidur sepanjang malam. Waktu tidur yang teratur membantu otak menyesuaikan kadar serotonin dan melatonin.

3. Makan Diet yang Lebih Sehat

Mengonsumsi makanan diet yang sehat bisa membantu pola tidur malam menjadi lebih baik. Cara tidur cepat 30 detik adalah makan diet yang sehat. Lifehack menjelaskan bahwa menyesuaikan pola makan atau memperbaiki pola makan bisa membantu seseorang mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Penelitian menemukan bahwa meningkatkan asupan buah, sayuran, dan kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Cara tidur cepat ini pun membuat durasi waktu tidur semakin lama karena ada peningkatan kadar magnesium, potasium, atau mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

4. Menjaga Suhu Kamar Tetap Dingin

Cara tidur cepat 30 detik, cobalah dengan menjaga suhu kamar tetap dingin dan bukan hangat. Lifehack mengungkap penelitian ilmiah bertahun-tahun telah menemukan suhu tubuh adalah kunci utama tubuh bisa tidur nyenyak dan lebih cepat.

Mirip dengan ketika seseorang keluar dari bak mandi air panas dan ini membuat seseorang merasa mengantuk berkat penurunan suhu tubuh. Agar suhu kamar tetap dingin, biarkan kipas angin atau jendela tetap terbuka agar udara sejuk tetap bersirkulasi.

3 dari 4 halaman

Cara Tidur Cepat 30 Detik Menurut Penelitian

Bagaimana cara tidur cepat 30 detik lainnya? Dalam buku berjudul Relax and Win: Championship Performance oleh Lloyd Winter, cara tidur cepat 30 detik adalah menggunakan metode 4-7-8, metode militer, metode menghitung napas, dan metode relaksasi otot.

5. Pakai Metode 4-7-8

- Mulailah dengan tempelkan ujung lidah pada kulit bagian gigi depan atas dan tahan, kemudian buang napas secara penuh lewat mulut dengan suara napas.

- Cara tidur cepat 30 detik menurut penelitian pakai metode 4-7-8, lanjutkan dengan tutup mulut dan tarik napas menggunakan hidung dengan tenang hingga hitungan ke-4.

- Tahan napas pada hitungan ke-7, lalu buang napas sepenuhnya dengan hembusan napas sampai hitungan ke-8.

- Ulangi hingga tiga kali sampai dengan total empat kali mengatur pernapasan.

6. Pakai Metode Militer

- Cara tidur cepat 30 detik dengan metode militer adalah mulailah dengan mengencangkan otot-otot wajah kemudian kendorkan.

- Buat lidah di dalam mulut jadi rileks, kemudian tempatkan bahu di lantai dan biarkan lengan tangan menjuntai longgar di sisi-sisi tubuh.

- Tarik dan buang napas dengan kecepatan normal, buat bagian dada lebih rileks, lanjutkan dengan melakukan relaksasi pada bagian paha dan kaki bagian bawah.

- Cara tidur cepat 30 detik dengan metode militer selanjutnya, tenangkan pikiran seperti sedang menjernihkan pikiran, biarkan pikiran yang datang dan pergi tanpa harus menghakimi dan memikirkannya lebih dalam.

- Bayangkan pemandangan yang menyenangkan dan menyejukkan seperti langit biru, tempat tidur yang dikelilingi pohon-pohonan nyaman atau bayangan lainnya yang membuat rileks dan tentram.

- Lakukan berulang sampai benar-benar ingin tidur.

7. Pakai Metode Menghitung Napas

- Cara tidur cepat 30 detik dengan metode menghitung napas adalah mulai dengan menutup kedua mata lalu tarik napas beberapa kali, atur pernapasan tanpa terlalu cepat maupun terlalu lambat.

- Kemudian hitung mundur tiap napas yang keluar mulai dari hitungan lima. Lanjutkan dengan melakukan pernapasan dari mulut dan selesaikan dengan menghitung pernapasan dimulai dari angka satu.

8. Pakai Metode Relaksasi Otot

- Mulailah dengan melakukan gerakan peregangan pada otot-otot wajah. Setelah itu rileks kembali dan lakukan peregangan di otot-otot leher serta bahu.

- Jika sudah, cara tidur cepat 30 detik adalah kendurkan semua otot pada bawah tubuh sampai dengan ke jari kaki.

- Setelah itu, bisa dipastikan tertidur jika sudah menyelesaikan peregangan.

4 dari 4 halaman

Cara Tidur Cepat 30 Detik Menurut Penelitian

9. Minum Susu Hangat

Minum susu hangat bisa jadi pilihan tepat memperbaiki waktu tidur. Cara tidur cepat 30 detik adalah minum susu hangat sebagaimana dijelaskan oleh Lifehack. Pepatah lama mengungkap minum susu hangat membantu tidur, ternyata tidak hanya benar, tetapi juga trik tidur yang bermanfaat bagi siapa saja yang ingin tidur lebih cepat.

Para psikolog menganggap bahwa cara tidur cepat 30 detik dengan minum susu hangat memiliki efek psikologis yang tidak disadari, dan itu berkaitan dengan pengalaman masa kanak-kanak menyusui dan kenyamanan yang terkait dengannya.

10. Menghentikan Konsumsi Kafein

Cara tidur cepat 30 detik yang penting dilakukan adalah menghentikan konsumsi kafein. Studi yang dipaparkan Lifehack menunjukkan bahwa menghentikan asupan kafein setelah jam 3 sore membantu meningkatkan kualitas tidur.

11. Matikan Barang Elektronik

Mematikan barang elektronik seperti ponsel pintar, laptop, tablet, televisi, dan lainnya merupakan metode tidur cepat yang wajib dicoba. Lifehack mengungkap cara tidur cepat 30 detik dengan mematikan barang eletronik ampuh karena beberapa hal.

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa cahaya biru dari perangkat elektronik mengganggu kemampuan otak untuk mulai rileks untuk kualitas tidur yang lebih baik. Perangkat yang dimaksudkan akan berisiko membuat seseorang tetap sibuk.

12. Melakukan Yoga Sebelum Tidur

Cara tidur cepat 30 detik selanjutnya, bisa dilakukan dengan melakukan yoga sebelum tidur. Baru-baru ini, penelitian menunjukkan melakukan yoga dapat membantu merilekskan tubuh dan membantu seseorang mendapatkan tidur dalam waktu singkat, yakni 30 detik.

Lifehack mengungkap, aktivitas yoga telah lama disebut-sebut bisa meningkatkan perasaan rileks dan membantu meredakan nyeri tubuh, yang selama ini menjadi penyebab seseorang terjaga sepanjang malam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.