Sukses

Firman Adalah Perkataan atau Perintah Allah, Ketahui Penyebutannya dalam Al-Qur'an

Firman merujuk pada Kalam atau kitab suci yang berisi perkataan, sabda atau perintah Tuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Firman Allah artinya apa? Ada dua arti kata firman dalam bahasa Indonesia yang perlu diketahui. Secara bahasa, arti firman adalah perkataan atau ucapan Allah. Firman Allah dinamakan dalam istilah lain adalah Kalamullah. Firman ini merujuk pada Kalam atau kitab suci umat Islam Al-Qur'an.

Pustaka Digital Indonesia dan KBBI menjelaskan arti kata firman adalah kata (perintah) Tuhan atau ucapan Tuhan. Arti lainnya dari firman Allah adalah sabda dari Allah SWT. Contoh kalimat dengan kata firman, yakni "Segala firman Tuhan hendaklah dipatuhi, firman ilahi termaktub dalam kitab suci."

Dalam istilah lain, firman Allah disebut sebagai Kalamullah. Ini merujuk pada kitab suci Al-Qur’an. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud RI menjelaskan Al-Qur'an bukan hanya Kalamullah yang harus dibaca, kedudukannya sangat mulia karena berisi berita, berisi hukum syariat, pendidikan, dan ilmu pengetahuan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang firman Allah dinamakan dalam Istilah lain adalah Kalamullah, Selasa (7/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Firman Allah Dinamakan dalam Istilah Lain adalah Kalamullah

Secara bahasa, istilah firman artinya kata atau sabda. Pustaka Digital Indonesia menjelaskan firman adalah memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga firman dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Menurut KBBI, arti kata firman adalah kata (perintah) Tuhan atau ucapan Tuhan. Arti lainnya dari firman adalah sabda. Contoh kalimat dengan kata firman, yakni "Segala firman Tuhan hendaklah dipatuhi, firman ilahi termaktub dalam kitab suci."

Dalam istilah lain, firman Allah disebut sebagai Kalamullah. Ini merupakan perkataan atau sabda Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang disembah oleh umat Islam. Firman merujuk pada kitab suci Al-Qur’an. Para ulama menyebut Kalamullah sebagai dari Al-Qur'an.

Kementerian Agama Provinsi Banten menjelaskan Al-Qur'an adalah firman Allah yang tiada tandingannya. Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril a.s. dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan ditutup dengan surat An-Nas.

Firman Allah atau Kalamullah merupakan bacaan paling sempurna lagi mulia. Tidak ada yang bisa menandingi kesempurnaan firman Allah berupa Al-Qur'an ini.

Dalam buku berjudul Wawasan Al-qur’an (1996) oleh M. Quraish Shihab, Al-Qur’an secara harfiyah berarti bacaan yang sempurna. Ia merupakan suatu nama pilihan Allah yang tepat, karena tiada suatu bacaan pun sejak manusia mengenal baca-tulis sejak lima ribu tahun yang lalu yang dapat menandingi Al-Qur’an.

Firman Allah dinamakan dalam istilah lain adalah Kalamullah berupa Al-Qur’an yang kedudukannya sangat mulia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud RI menjelaskan Al-Qur'an bukan hanya Kalamullah yang harus dibaca. Al-Qur’an memiliki kedudukan yang mulia karena berisi berita, berisi hukum syariat, berisi pendidikan, dan berisi ilmu pengetahuan.

3 dari 3 halaman

Nama Lain Al-Qur'an Selain Kalamullah

Para ulama menyebut Kalamullah sebagai nama lain dari Al-Qur'an. Univeritas Krisnadwipayana (UNKRIS) menjelaskan Al-Qur'an memiliki delapan belas nama lain selain Kalamullah. Berikut nama lain Al-Qur'an yang disebutkan dalam firman Allah di Al-Qur'an:

1. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Kitab (Buku)

"Kitab (Al Quran) ini tidak hadir keraguan padanya; ajar untuk mereka yang bertakwa," (Al-Baqarah 2:2)

"Demi Kitab (Al Quran) yang menjelaskan," (Ad-Dhukan 44:2)

2. Al-Furqan (Pembeda mempunyai salah)

"Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam," (Al-Furqan 25:1)

3. Adz-Dzikr (Pemberi peringatan)

"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (Al-Hijr 15:9)

4. Al-Mau'idhah (Pelajaran/nasihat)

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh untuk penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan ajar serta rahmat untuk orang-orang yang beriman." (Yunus 10:57)

5. Al-Hukm (Peraturan/hukum)

"...dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Dan kalau kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, karenanya sekali-kali tidak hadir pelindung dan pemelihara untukmu terhadap (siksa) Allah." (Ar-Ra'd 13:37)

6. Al-Hikmah (Kebijaksanaan)

"Itulah beberapa hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu, dan janganlah kamu menyelenggarakan tuhan lainnya di samping Allah, yang mengakibatkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam kondisi tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah)." (Al-Isra 17:39)

7. Asy-Syifa' (Obat/penyembuh)

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh untuk penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan ajar serta rahmat untuk orang-orang yang beriman." (Yunus 10:57)

"...dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat untuk orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (Al-Isra 17:82)

8. Al-Huda (Petunjuk)

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh untuk penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan ajar serta rahmat untuk orang-orang yang beriman." (Yunus 10:57)

"...dan sesungguhnya Al Quran itu benar-benar menjadi ajar dan rahmat untuk orang-orang yang beriman." (An-Naml 27:77)

"...dan sesungguhnya kami tatkala mendengar ajar (Al Quran), kami beriman kepadanya. Barangsiapa beriman kepada Tuhannya, karenanya dia tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak (takut pula) akan penambahan dosa dan kekeliruan." (Al-Jin 72:13)

"Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) ajar (Al-Quran) dan agama yang mempunyai sebagai dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai." (At-Tawbah 9:33)

9. At-Tanzil (Yang diturunkan)

"...dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam," (Asy-Syuara 26:192)

10. Ar-Rahmat (Karunia)

"...dan sesungguhnya Al Quran itu benar-benar menjadi ajar dan rahmat untuk orang-orang yang beriman." (An-Naml 27:77)

11. Ar-Ruh (Ruh)

"...dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di selang hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi ajar kepada jalan yang lurus." (Asy-Syuraa 42:52)

12. Al-Bayan (Penerang)

"(Al Quran) ini adalah penerangan untuk seluruh manusia, dan ajar serta pelajaran untuk orang-orang yang bertakwa." (Al-Imran 3:138)

13. Al-Kalam (Ucapan/firman)

"...dan jika seorang ditengah orang-orang musyrikin itu rindu perlindungan kepadamu, karenanya lindungilah dia agar dia sempat mendengar firman Allah, pengahabisan antarkanlah dia ketempat yang terlindung untuknya. Demikian itu diakibatkan mereka kaum yang tidak mengetahui." (At-Tawbah 9:6)

14. Al-Busyra (Kabar gembira)

"Katakanlah: "Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan mempunyai, sebagai meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi ajar serta kabar gembira untuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)"." (An-Nahl 16:102)

15. An-Nur (Cahaya)

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran)." (An-Nisa 4:174)

16. Al-Basha'ir (Pedoman)

"Al Quran ini adalah pedoman untuk manusia, ajar dan rahmat untuk kaum yang meyakini." (Al-Jatsiyah 45:20)

17. Al-Balagh (Penyampaian/kabar)

"(Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna untuk manusia, dan agar mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan agar mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran." (Ibrahim 14:52)

18. Al-Qaul (Perkataan/ucapan)

"...dan sesungguhnya telah Kami turunkan berulang-ulang perkataan ini (Al Quran) kepada mereka agar mereka mendapat pelajaran." (Al-Qashash 28:51)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.