Sukses

Cara Memetik Gitar yang Mudah Dipahami, Ketahui Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Memetik gitar adalah proses memainkan notasi musik pada sebuah gitar, dengan menekan senar dan memetiknya dengan jari atau alat bantu lain. Cara memetik gitar yang benar dan mudah dilakukan adalah menggunakan bantuan audio, serta video untuk memahami teknik memetik yang benar. Tujuan dari memetik gitar adalah untuk membuat suara musik yang dikehendaki. Memetik gitar adalah salah satu teknik dasar dalam bermain gitar dan harus dikuasai oleh setiap pemain gitar pemula.

Cara memetik gitar umumnya memiliki berbagai gaya dan teknik yang berbeda, seperti strumming, fingerpicking, dan flatpicking, yang digunakan untuk memainkan berbagai jenis musik, seperti pop, rock, folk, dan classical. Memetik gitar juga membutuhkan latihan dan pemahaman tentang teori musik, seperti skala, akord, dan progression. Ini membantu pemain membuat komposisi musik dan memainkan dengan lebih lancar dan kreatif.

Cara memetik gitar yang baik dan benar, perlu diimbangi dengan latihan rutin serta mempelajari gaya bermain gitar dari musisi terkenal untuk memperkaya keterampilan. Anda juga bisa bergabung dengan grup musik, atau bermain bersama teman juga dapat meningkatkan kemampuan memetik gitar dan membantu pemain mengejar impian bermain musik. Belajar musik tentang gitar, dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus, memori, dan konsentrasi. Selain itu, musik juga membantu mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, seperti bekerja sama dan berbicara di depan orang banyak.

Musik memiliki peran yang sangat penting dalam hidup manusia, membantu mengekspresikan emosi, memperkuat hubungan, meningkatkan kesehatan, dan membantu proses pembelajaran. Oleh karena itu, belajar dan menikmati musik salah satunya gitar, merupakan hal yang sangat bermanfaat dan penting bagi setiap orang. Berikut ini cara memetik gitar yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/1/2023).

2 dari 6 halaman

Fungsi Irama dan Musik

Sebelum mengetahui cara memetik gitar yang mudah, maka sangat penting bagi Anda memahami apa itu fungsi irama dan musik.

Irama adalah suatu pola waktu yang terdapat dalam musik, di mana dapat menentukan bagaimana unsur-unsur musik seperti nada dan bunyi ditempatkan, dan dipadukan dalam waktu. Irama memainkan peran penting dalam memberikan ritme dan dinamika pada suatu lagu atau musik. Musik sendiri adalah kombinasi dari suara dan irama, yang membentuk suatu karya seni yang dapat dinikmati oleh indera pendengaran. Musik memiliki berbagai genre dan gaya, seperti pop, rock, jazz, klasik, dan banyak lagi, yang memiliki ciri khas dan karakter tersendiri. Fungsi musik sangat luas, mulai dari hiburan, ekspresi emosi, membantu relaksasi, hingga membantu proses terapi dan kesehatan mental.

Musik memiliki efek yang kuat pada perasaan dan emosi seseorang, sehingga seringkali digunakan untuk mengubah atau memperkuat suasana hati. Misalnya, musik yang lembut dan pelan dapat membantu seseorang untuk menenangkan diri dan meredakan stres, sementara musik yang enerjik dan berirama cepat dapat memotivasi dan membangkitkan semangat. Selain itu, musik juga memiliki peran penting dalam tradisi dan budaya, dimana setiap budaya memiliki musik dan lagu tradisional yang unik dan memiliki makna yang dalam. Musik juga seringkali digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan dan membuat pernyataan politik atau sosial.

 

3 dari 6 halaman

Cara Memetik Gitar

Berikut ini terdapat beberapa cara memetik gitar yang perlu Anda ketahui dan pahami, adalah sebagai berikut: 

- Posisikan jari tangan kiri Anda pada senar-senar gitar, lalu letakkan ibu jari Anda pada senar B (atau senar ke-2 dari atas). Pastikan posisi jari Anda kuat dan stabil.Angkat jari Anda sedikit di atas senar, dan jangan menyentuh senar dengan jari Anda.

- Cara memetik gitar selanjutnya, gunakan jari Anda untuk memetik senar dengan gerakan ke bawah dan menekan senar dengan kekuatan yang sesuai. Usahakan memetik senar dengan gerakan dari luar ke dalam dan menekan senar dengan kekuatan yang sesuai.

- Fokus pada teknik memetik yang benar, di mana Anda bisa pastikan ibu jari Anda berada pada posisi yang tepat, dan melakukan gerakan yang benar. Latihlah memetik senar dengan berbagai kecepatan dan tekanan, untuk meningkatkan keterampilan Anda.

- Belajarlah memetik senar dengan gerakan yang cepat dan ringan, sekaligus dengan gerakan yang lebih lambat dan kuat. Anda bisa belajar memetik sena,  dengan tangan kanan juga penting untuk membangun kekuatan dan kemampuan.

- Cara memetik gitar selanjutnya adalah, memetik senar dengan tangan kiri dan tangan kanan secara bersamaan untuk memperkuat keterampilan memetik. Latihlah memetik senar dengan benar dengan melatih melodi atau lagu yang Anda sukai. Pilihlah lagu yang memiliki ritme yang sesuai dengan tingkat keterampilan Anda.

- Belajar memetik gitar dengan memainkan chord gitar, di mana Anda bisa memetik chord gitar dengan benar dan cepat, untuk memperkuat keterampilan memetik Anda. Latihlah memetik gitar setiap hari untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Anda, serta berlatihlah selama beberapa menit setiap hari untuk mencapai hasil yang baik.

- Berlatihlah memainkan gitar di depan orang lain, untuk memperoleh umpan balik dan meningkatkan kepercayaan diri. Selalu pertimbangkan untuk meminta bantuan dari seorang guru gitar untuk mempercepat pemahaman dan peningkatan keterampilan Anda. Guru gitar dapat membantu Anda memahami teknik memetik yang benar, dan memperbaiki teknik yang salah.

4 dari 6 halaman

Cara Memetik Gitar

- Cara memetik gitar yang benar, adalah menggunakan bantuan audio dan video untuk memahami teknik memetik yang benar. Belajar dari sumber yang terpercaya, di mana mereka memiliki rekam jejak yang baik dalam membantu orang belajar memetik gitar.

- Selanjutnya berlatih memetik gitar dengan memainkan lagu-lagu yang berbeda. Belajar memetik lagu-lagu dengan genre dan gaya yang berbeda, untuk memperluas wawasan dan keterampilan Anda.

- Cara memetik gitar yang benar, adalah belajar memetik gitar dengan memainkan musik dalam berbagai tempo dan ritme. Latihlah memetik musik dengan tempo dan ritme yang berbeda, untuk memperluas kemampuan dan keterampilan memetik Anda.

- Latihlah memetik gitar dengan memainkan musik dalam berbagai key dan skala. Belajar memetik musik dengan key dan skala yang berbeda, sangat berguna untuk memperluas kemampuan dan keterampilan memetik Anda.

- Latihlah memetik gitar dengan mengikuti lagu dan musik yang sedang Anda dengar. Belajar memetik lagu dan musik yang Anda dengar, bertujuan untuk memperluas kemampuan dan keterampilan memetik Anda.

- Belajar memetik lagu dan musik yang sedang populer, bertujuan untuk memperluas kemampuan dan keterampilan memetik Anda. Terus belajar dan berlatih, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan memetik Anda. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan memainkan gitar dengan gaya dan teknik yang berbeda.

5 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Gitar

Setelah mengetahui cara memetik gitar yang benar, maka berikut adalah beberapa jenis gitar yang sering digunakan:

Gitar Klasik

Gitar klasik memiliki tipe senar lebar dan bahan bodi kayu yang lembut, seperti Cedar atau Redwood. Gitar ini digunakan untuk memainkan musik klasik dan musik akustik.

Gitar Akustik

Gitar akustik memiliki desain yang sama dengan gitar klasik, tetapi memiliki suara yang lebih kuat dan keras. Gitar ini digunakan untuk memainkan musik akustik dan pop.

Gitar Listrik

Gitar listrik memiliki senar yang lebih tipis dan bahan bodi kayu yang keras, seperti maple atau alder. Gitar ini memerlukan amplifier untuk memperkuat suara dan sering digunakan dalam musik rock dan metal.

Gitar Bass

Gitar bass memiliki senar yang lebih lebar dan lebih besar dibandingkan gitar biasa. Gitar ini memainkan bagian bass dalam musik dan sering digunakan dalam musik rock, funk, dan jazz.

Gitar Steel

Gitar Steel memiliki desain yang sama dengan gitar akustik, tetapi memiliki bahan bodi besi dan digunakan untuk memainkan musik country dan blues.

Gitar Elektro Akustik

Gitar Elektro Akustik memiliki desain yang sama dengan gitar akustik, tetapi dilengkapi dengan pickup dan preamp elektronik yang memungkinkan untuk mengubah suara menjadi lebih kuat dan keras.

Gitar 12 Senar

Gitar 12 senar memiliki 12 senar daripada 6 senar pada gitar biasa, dan memiliki suara yang lebih lembut dan halus. Gitar ini sering digunakan dalam musik folk dan blues.

6 dari 6 halaman

Memahami Kunci Gitar

Kunci gitar adalah kombinasi posisi fret dan senar yang dipetik untuk memainkan not-not musik. Ada beberapa kunci gitar yang umum digunakan, seperti:

- Kunci C: Ini adalah kunci dasar dan paling sederhana, sering digunakan untuk lagu-lagu yang menggunakan akar nada C, F, dan G.

- Kunci G: Ini juga salah satu kunci yang populer dan sering digunakan untuk lagu-lagu country dan folk.

- Kunci D: Ini sering digunakan untuk lagu-lagu rock dan pop.

- Kunci A: Ini sering digunakan untuk lagu-lagu blues dan fingerstyle.

- Kunci E: Ini sering digunakan untuk lagu-lagu rock dan heavy metal.

Setiap kunci memiliki tonika/akar nada yang berbeda, misalnya kunci C memiliki tonika C, kunci G memiliki tonika G. Tonika ini merupakan nada dasar dari kunci tersebut. Pemain gitar dapat memainkan lagu dalam berbagai kunci, dengan memindahkan posisi fret dan senar yang dipetik. Contohnya, untuk memainkan lagu dalam kunci G dari kunci C, pemain gitar harus memindahkan posisi fret dan senar sebanyak 7 fret ke atas.

Setiap kunci memiliki aksenasi dan interval nada yang berbeda, seperti jarak antar nada, yang membuat suara kunci tersebut khas dan berbeda dengan kunci lain. Kunci gitar juga dapat mempengaruhi mood atau suasana dari lagu yang dimainkan. Contohnya, kunci C sering digunakan untuk lagu-lagu yang lebih ceria dan optimis, sedangkan kunci A sering digunakan untuk lagu-lagu blues yang lebih sedih dan mellow. Memahami kunci gitar adalah hal yang penting bagi pemain gitar agar dapat memainkan lagu dengan baik dan tepat sesuai dengan nada yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.