Sukses

Masjid Istiqlal dan Sejarahnya, Rumah Ibadah Simbol Toleransi Beragama di Jakarta

sejarah, arsitektur hingga cara menuju Masjid Istiqlal

Liputan6.com, Jakarta Masjid Istiqlal adalah masjid terkenal di Jakarta. Masjid ini sangat besar sehingga dapat menampung sebanyak 120.000 orang menjadikannya masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid adalah keindahan arsitektural, dan menggemakan kedamaian saat seseorang masuk ke dalamnya. Masjid Istiqlal berfungsi sebagai tempat sholat bagi umat Islam di negara ini tetapi dikunjungi oleh semua orang dari semua lapisan masyarakat.

Masjid Istiqlal, juga dikenal sebagai Masjid Raya Istiqlal Jakarta, dibangun untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia. 'Istiqlal' adalah istilah Indonesia untuk kemerdekaan. Masjid ini dibuka untuk umum oleh presiden Indonesia pertama pada tahun 1978. Sepanjang sejarahnya yang panjang dan menonjol, Masjid Istiqlal telah dikunjungi oleh tokoh-tokoh terkemuka seperti Barack Obama dan Michelle Obama.

Masjid Istiqlal sangat mudah dijangkau karena letaknya yang dekat dengan Stasiun Kereta Api Gambir. Para pengunjung yang datang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat menggunakan transportasi umum untuk mencapai Masjid Istiqlal. Terdapat juga Bus TransJakarta atau 'Metromini' menghubungkan Bandara ke Stasiun Gambir, anda juga bisa berjalan kaki atau naik ojek untuk menuju Masjid Istiqlal.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan tentang sejarah, arsitektur hingga cara menuju Masjid Istiqlal, yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (26/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah Masjid Istiqlal

Presiden Sukarno saat itu memerintahkan pembangunan Masjid Istiqlal, terinspirasi oleh Menteri Agama pertamanya Wahid Hasyim. Sukarno memilih situs benteng Belanda tua di dekat pusat kota. Lokasinya di sebelah gereja Kristen yang ada merupakan suatu kebetulan yang membahagiakan; Sukarno ingin menunjukkan kepada dunia bahwa agama bisa hidup berdampingan secara harmonis di negara barunya.

Perancang masjid ini bukan orang Islam, melainkan seorang beragama Kristen yang bernama Frederich Silaban, seorang arsitek asal Sumatera yang tidak memiliki pengalaman merancang masjid sebelumnya, namun memenangkan sayembara untuk menentukan desain masjid. Desain Silaban, meski cantik, dikritik karena tidak mencerminkan kekayaan tradisi desain Indonesia.

Konstruksi berlangsung antara tahun 1961 dan 1967, tetapi masjid tersebut baru dibuka secara resmi setelah penggulingan Sukarno. Penggantinya sebagai Presiden Indonesia, Suharto, membuka pintu masjid pada tahun 1978.

Masjid tidak luput dari kekerasan sektarian, pada tahun 1999, sebuah bom meledak di ruang bawah tanah Masjid Istiqlal, melukai tiga orang. Pengeboman tersebut dituding dilakukan oleh pemberontak Jemaah Islamiyah dan memicu pembalasan dari beberapa komunitas yang menyerang gereja-gereja Kristen sebagai balasannya.

3 dari 5 halaman

Arsitektur Masjid Istiqlal yang Mengagumkan

Sebagai salah satu bangunan luar biasa yang mempercantik pemandangan kota Jakarta Pusat, Masjid Istiqlal menginspirasi dengan kebesaran dan desain kontemporernya. Bangunan masjid meliputi sekitar sembilan hektar (22 acre) dan memiliki total lima tingkat. Sebagian besar strukturnya dilapisi marmer dari Jawa Timur.

Masjid ini memiliki ruang salat besar berbentuk persegi panjang dengan kubah berdiameter 45 meter yang ditopang oleh 12 kolom bundar, dan memiliki 4 tingkat balkon. Interiornya sebagian besar sederhana namun mewakili kemewahan masjid itu sendiri. Tak heran jika sebagian besar jamaah yang datang untuk sholat di sana menyempatkan diri untuk berfoto di dalam dan di luar masjid sebagai cara untuk mengapresiasi keindahan bangunan itu sendiri.

Aula utama masjid ini juga akan membuat Anda terkagum-kagum akan keindahannya. Ada juga empat tingkat balkon yang mengelilingi aula ruang sholat utama masjid Istiqlal. Saat mencari mihrab, ceruk yang menandai titik terdekat masjid tersebut dengan Mekkah. Ada juga beberapa kaligrafi Arab yang mengeja nama Allah dan Muhammad yang menyempurnakan keindahan ruang utama shalat.

Berlari dari aula utama adalah serangkaian arcade yang terhubung ke halaman terbuka. Lihatlah menara yang menjulang tinggi, yang mengumandangkan azan setiap hari. Terletak di luar sudut selatan halaman terdapat air mancur dan kolam. Air mancur memproyeksikan air selama upacara dan hari raya penting Islam.

4 dari 5 halaman

Fungsi Sosial Masjid Istiqlal

Masjid ini jauh dari sekadar tempat untuk beribadah. Masjid Istiqlal juga menjadi tuan rumah bagi sejumlah lembaga yang menyediakan layanan sosial bagi masyarakat miskin Indonesia dan berfungsi sebagai rumah-jauh-dari-rumah bagi jemaah haji yang berkunjung selama musim Ramadhan.

Masjid Istiqlal adalah tujuan populer bagi para peziarah yang memenuhi tradisi yang disebut i'tikaf - semacam berjaga di mana seseorang berdoa, mendengarkan khotbah, dan membaca Alquran. Selama ini, Masjid Istiqlal menyajikan lebih dari 3.500 makanan setiap malam untuk jamaah yang berbuka puasa di masjid. 

1.000 makanan lainnya disajikan sebelum fajar selama sepuluh hari terakhir Ramadhan, puncak dari musim puasa yang membawa jumlah jamaah di Istiqlal ke puncak tahunannya. Para peziarah tidur di lorong saat tidak sholat; jumlahnya membengkak menjadi sekitar 3.000 dalam beberapa hari menjelang Idul Fitri, akhir Ramadhan .

5 dari 5 halaman

Menuju Masjid Istiqlal

Pintu masuk utama Masjid Istiqlal berada di seberang Katedral, di Jalan Katedral. Taksi mudah didapat di Jakarta, dan merupakan cara paling praktis bagi turis untuk bepergian di kota,pilih taksi biru untuk mengantar anda dari hotel ke masjid dan kembali lagi.

Setelah anda masuk, periksa dengan pusat pengunjung tepat di dalam pintu masuk, administrasi akan dengan senang hati menyediakan pemandu wisata untuk mengantar anda melewati gedung. Non-Muslim tidak diizinkan masuk ke dalam ruang sholat utama, tetapi anda akan dibawa ke lantai atas untuk menjelajahi lorong atas dan teras yang mengapit bangunan utama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.