Sukses

7 Bahaya Pergaulan Bebas, Kenali Penyebab, Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya

Pergaulan bebas dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan fisik dan mental seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Bahaya pergaulan bebas dapat menimbulkan berbagai masalah, baik itu kesehatan fisik maupun juga mental seseorang. Dalam pergaulan bebas, seseorang dapat dengan mudah terpapar penyakit menular seksual (PMS) seperti HIV/AIDS dan sifilis. Pergaulan bebas juga dapat menimbulkan masalah emosional dan psikologis, sehingga orang yang ada dalam lingkup pergaulan bebas mungkin merasa kosong dan tidak bahagia setelah berinteraksi dengan orang lain. 

Bahaya pergaulan bebas juga dapat memengaruhi perkembangan sosial dan emosional seseorang, karena ia mungkin kurang mampu untuk membangun, dan menjaga hubungan yang stabil dan sehat. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk menjaga batasan diri dan berpikir dengan matang sebelum terlibat dalam pergaulan bebas. 

Bahaya pergaulan bebas juga dapat menimbulkan masalah dalam hubungan interpersonal, di mana akan merasa tidak mampu membangun dan menjaga hubungan yang stabil dan sehat. Pergaulan bebas juga dapat menimbulkan masalah dalam keluarga, masyarakat hingga lingkungan kerja.

Berikut ini bahaya pergaulan bebas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/1/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas dapat didefinisikan sebagai interaksi sosial atau hubungan seksual yang tidak terikat oleh komitmen atau perjanjian yang jelas. Dalam pergaulan bebas, seseorang dapat berinteraksi dengan banyak orang tanpa harus memikirkan konsekuensi atau komitmen jangka panjang. Pergaulan bebas sering dikaitkan dengan aktivitas seksual bebas, atau "berkencan tanpa komitmen".

Namun, pergaulan bebas juga dapat diterapkan pada interaksi sosial yang lebih umum, seperti berkencan dengan banyak orang tanpa harus menjalin hubungan yang serius dengan salah satu dari mereka.

Pergaulan bebas juga dapat diterapkan dalam konteks kelompok, seperti klub malam atau acara-acara sosial, di mana seseorang dapat berinteraksi dengan banyak orang tanpa harus menjalin hubungan yang serius dengan salah satu dari mereka. Secara umum, pergaulan bebas diartikan sebagai kondisi di mana seseorang tidak terikat oleh aturan atau batasan dalam berinteraksi dengan orang lain, baik secara sosial maupun seksual.

 

3 dari 6 halaman

Bahaya Pergaulan Bebas

Secara umum, mengatasi pergaulan bebas melibatkan proses yang panjang dan berkesinambungan yang memerlukan komitmen, kesadaran, dan dukungan yang tepat. Hal ini dapat melibatkan mengevaluasi pemikiran dan perasaan, belajar tentang seksualitas dan komitmen, mengatasi masalah emosional, dan membangun relasi yang stabil dan jangka panjang. Berikut ini ada beberapa bahaya pergaulan bebas yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

1. Penyakit Menular Seksual (PMS) 

Bahaya pergaulan bebas dapat meningkatkan risiko terkena PMS seperti HIV/AIDS, sifilis, gonore, dan HPV. Tanpa perlindungan yang tepat seperti kondom, seseorang yang terlibat dalam pergaulan bebas dapat dengan mudah terinfeksi oleh PMS.

2. Kehamilan tidak diinginkan 

Bahaya pergaulan bebas dapat meningkatkan risiko kehamilan yang tidak diinginkan, karena seseorang yang terlibat dalam pergaulan bebas mungkin kurang memperhatikan kontrasepsi atau tidak menggunakannya dengan benar.

3. Aborsi

Pergaulan bebas dapat meningkatkan risiko aborsi, karena seseorang yang terlibat dalam pergaulan bebas mungkin merasa tidak siap untuk menjadi orang tua, atau tidak memiliki dukungan yang cukup untuk mengandung dan melahirkan anak.

4. Masalah emosional

Bahaya pergaulan bebas dapat meningkatkan risiko masalah emosional, seperti depresi, rasa kosong, dan rasa tidak bahagia. Seseorang yang terlibat dalam pergaulan bebas, mungkin merasa kurang memiliki koneksi emosional, dengan orang lain atau merasa tertekan setelah hubungan seksual yang tidak memuaskan.

5. Masalah dalam hubungan

Pergaulan bebas dapat menyebabkan masalah dalam hubungan seperti cemburu, kecurigaan, dan konflik. Seseorang yang terlibat dalam pergaulan bebas, mungkin kurang mampu untuk membangun dan menjaga hubungan yang stabil dan sehat.

6. Masalah dalam keluarga

Pergaulan bebas dapat menyebabkan masalah dalam keluarga, seperti konflik dengan orang tua atau anak-anak yang merasa tidak diakui atau diabaikan.

7. Masalah dalam lingkungan kerja

Seseorang yang terlibat dalam pergaulan bebas, mungkin kurang produktif di tempat kerja karena masalah kesehatan atau masalah emosional yang diakibatkan oleh pergaulan bebas.

Secara keseluruhan, pergaulan bebas dapat menimbulkan berbagai masalah bagi individu dan masyarakat. Namun, penting bagi seseorang untuk memahami bahwa pergaulan bebas juga merupakan pilihan hidup yang diterima dan diakui oleh masyarakat. Namun, penting bagi seseorang untuk memahami risiko yang terkait dengan pergaulan bebas dan berpikir dengan matang sebelum terlibat dalam pergaulan bebas.

 

4 dari 6 halaman

Penyebab Pergaulan Bebas

Secara umum, pergaulan bebas dapat diakibatkan oleh kombinasi beberapa faktor yang berbeda, dan setiap orang mungkin memiliki alasan yang berbeda untuk terlibat dalam pergaulan bebas. Namun, penting bagi seseorang untuk mengendalikan diri, dan berpikir dengan matang sebelum terlibat dalam pergaulan bebas, serta mencari dukungan dari profesional kesehatan dan pendidikan seksual jika merasa kesulitan untuk mengatasi masalah yang terkait dengan pergaulan bebas.

Beberapa penyebab pergaulan bebas yang lebih rinci dapat dijabarkan sebagai berikut:

- Tekanan sosial dari lingkungannya, untuk mengikuti norma sosial yang menganggap pergaulan bebas sebagai hal yang normal dan diterima.

- Tekanan ekonomi dapat memicu seseorang sehingga ia mencari kesenangan sementara, dari pergaulan bebas daripada berusaha mencari hubungan yang stabil dan jangka panjang.

- Seseorang mungkin kesulitan dalam membangun hubungan yang stabil dan jangka panjang, karena keterbatasan dalam komunikasi, sehingga ia terlibat dalam pergaulan bebas.

- Masalah emosional seperti depresi, rasa kosong, atau rasa tidak bahagia yang diakibatkan oleh masalah dalam hubungan sebelumnya, menjadi salah satu faktor penyebab pergaulan bebas. 

- Masalah dalam keluarga seperti konflik dengan orang tua, atau anak-anak yang merasa tidak diakui atau diabaikan. Hal ini dapat menyebabkan seseorang merasa kesepian atau tidak diakui, sehingga ia mencari koneksi emosional melalui pergaulan bebas.

- Kebutuhan untuk mengejar kesenangan dan kenikmatan dari interaksi sosial atau hubungan seksual, tanpa harus memikirkan konsekuensi atau perasaan orang lain. Ini dapat menyebabkan seseorang menjadi terobsesi dengan pergaulan bebas dan mengabaikan aspek lain dalam kehidupannya 

- Seseorang mungkin terlibat dalam pergaulan bebas, karena masalah perkembangan, seperti kurangnya kemampuan untuk membangun relasi yang stabil dan jangka panjang, atau kurangnya pemahaman tentang seksualitas dan komitmen.

 

5 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Pergaulan Bebas

Beberapa ciri yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi pergaulan bebas adalah sebagai berikut:

- Interaksi sosial atau hubungan seksual yang tidak terikat oleh komitmen atau perjanjian yang jelas.

- Berinteraksi dengan banyak orang tanpa harus memikirkan konsekuensi atau komitmen jangka panjang.

- Aktivitas seksual bebas atau "berkencan tanpa komitmen"

- Berkencan dengan banyak orang tanpa harus menjalin hubungan yang serius dengan salah satu dari mereka.

- Interaksi dalam konteks kelompok, seperti klub malam atau acara-acara sosial di mana seseorang dapat berinteraksi, dengan banyak orang tanpa harus menjalin hubungan yang serius dengan salah satu dari mereka.

- Tidak ada batasan atau aturan dalam berinteraksi dengan orang lain, baik secara sosial maupun seksual.

- Kurangnya komitmen dalam membangun relasi yang stabil dan jangka panjang.

- Mencari kesenangan dan kenikmatan dari interaksi sosial, atau hubungan seksual tanpa harus memikirkan konsekuensi atau perasaan orang lain.

 

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pergaulan bebas adalah sebagai berikut:

1. Memahami risiko dan manfaat dari pergaulan bebas

Seseorang harus memahami risiko yang terkait dengan pergaulan bebas, seperti masalah kesehatan seksual dan masalah emosional, serta manfaat dari pergaulan bebas seperti kesenangan sementara.

2. Belajar tentang kontrasepsi dan perlindungan seksual

Seseorang harus mengetahui cara untuk menghindari risiko PMS, dan kehamilan tidak diinginkan dengan menggunakan kontrasepsi dan perlindungan seksual yang tepat.

3. Membuat komitmen untuk mengatasi masalah emosional

Seseorang harus mengatasi masalah emosional, yang mungkin menyebabkan ia terlibat dalam pergaulan bebas, seperti depresi atau rasa kosong, dengan mencari dukungan dari profesional kesehatan mental.

4. Membangun relasi yang stabil dan jangka panjang

Sangat penting bagi Anda untuk berusaha membangun relasi yang stabil dan jangka panjang dengan orang lain, seperti teman atau keluarga, untuk mengurangi rasa kesepian atau tidak diakui.

5. Meningkatkan komunikasi

Seseorang harus meningkatkan komunikasi dengan orang lain, untuk membantu dalam membangun hubungan yang stabil dan jangka panjang.

6. Pendidikan seksual

Seseorang harus mendapat pendidikan seksual yang baik, untuk memahami seksualitas dan komitmen sehingga dapat membuat keputusan yang bijak dalam pergaulan.

7. Terapi

Untuk menghindari bahaya pergaulan bebas, maka Anda perlu mengalami masalah emosional atau masalah dalam hubungan sebelumnya, serta dapat mencari bantuan dari terapis untuk mengatasi masalah tersebut.

8. Dukungan dari keluarga dan teman

Dukungan dari keluarga dan teman sangat penting dalam mengatasi pergaulan bebas, mereka dapat memberikan dukungan emosional dan memberikan saran yang bijak.

9. Mengevaluasi nilai-nilai diri

Seorang harus mengevaluasi nilai-nilai diri, dan berpikir tentang apa yang diinginkan dari relasi dan interaksi sosial, dan membuat keputusan yang sesuai dengan hal itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.