Sukses

PT Tunggal Idaman Abdi, Perusahaan Farmasi yang Fokus pada Produk Kesehatan Reproduksi

PT Tunggal Idaman Abdi merupakan sebuah perusahaan farmasi yang berfokus pada produksi alat kontrasepsi dan produk kesehatan reproduksi.

Liputan6.com, Jakarta PT Tunggal Idaman Abdi merupakan sebuah perusahaan farmasi yang berfokus pada produksi alat kontrasepsi dan produk kesehatan reproduksi dengan berbagai macam jenis. Aktivitas bisnis PT Tunggal Idaman Abdi tidak hanya terbatas pada produksi alat-alat kontrasepsi, melainkan juga mendistribusikannya ke seluruh jaringan distributor.

PT Tunggal Idaman Abdi memiliki visi untuk menjadi perusahaan terkemuka di bidang Kesehatan Reproduksi di Indonesia, sekaligus menjadi produsen kontraseptif injeksi berkelas dunia. Untuk mewujudkan visi tersebut, PT Tunggal Idaman Abdi berkomitmen untuk terus menyediakan obat-obatan perawatan kesehatan reproduksi, dengan penekanan khusus pada kontrasepsi suntik.

Dalam hal memproduksi produk kesehatan reproduksi, PT Tunggal Idaman Abdi telah memiliki banyak pengalaman. Bahkan PT Tunggal Idaman Abdi telah menjual jutaan alat kontrasepsi suntik untuk memenuhi pasar domestik maupun ekspor.

Sekarang, Pt Tunggal Idaman Abdi telah mengekspor hasil produksinya ke lebih dari 50 negara melalui badan otoritas obat-obatan di negara tujuan. Pencapaian ini tentu melibatkan proses dan sejarah yang panjang. Untuk mengenal PT Tunggal Idaman Abdi lebih dalam, berikut adalah profil selengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari laman resmi perusahaan, Kamis (19/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah PT Tunggal Idaman Abdi

PT Tunggal Idaman Abdi didirikan oleh oleh Bapak dan Ibu Zainal Abidin pada tahun 1950. Sebelum menjadi perusahaan farmasi seperti sekarang ini, PT Tunggal Idaman Abdi dulunya merupakan sebuah apotek yang berlokasi di Jalan Salemba Raya no 17, Jakarta.

Kemudian pada 1954, Bapak Zainal Abidin, membuka pabrik farmasi pertamanya, dengan nama PT ABDI di Jalan Percetakan Negara, Jakarta. Kemudian pada 1970,  Ibu Rukmini dan Bapak Zainal Abidin, membuka pabrik pertama mereka, PT Tunggal di jalan Jenderal Ahmad Yani 7, Jakarta, dan memulai periode kerja sama jangka panjang dengan berbagai perusahaan multinasional farmasi sebagai produsen atau pabrik yang ditunjuk.

Lima tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1975, PT Tunggal memulai kerja sama selama 30 tahun dengan Pfizer dalam memproduksi DepoProvera atas nama Pfizer untuk market di Indonesia, di mana Tunggal memproduksi lebih dari 120 juta botol selama periode ini.

Pada tahun 1994, PT Tunggal dan PT Abdi bergabung dan berganti nama menjadi PT Tunggal Idaman Abdi. Pada 2013 PT Tunggal Idaman Abdi meluncurkan jamu, Herbatia, yang terdiri dari ekstrak herbal untuk perawatan pasca dan pra-kelahiran. Kemudian pada 2015, PT Tunggal Idaman Abdi secara resmi mulai mengoperasikan pabrik baru khusus produksi kontrasepsi dan mendaftarkan pengajuan untuk mengikuti Pra-Kualifikasi WHO pada produk kontrasepsi suntik tiga bulanan.

Pada 2017, Pt Tunggal Idaman Abdi membuka cabang domestik ke-45 di Jayapura. Cabang tersebut menandai bahwa PT tunggal Idaman Abdi telah hadir di 31 kota besar secara nasional, melayani lebih dari 46.000 bidan dan semua tempat perawatan kesehatan di seluruh Indonesia.

Pada ulang tahun ke 50, yakni di tahun 2020,PT Tunggal Idaman Abdi telah menggabungkan ekspor produk suntikan bulanan dan tiga bulanan ke lebih dari 50 negara yang tersebar secara geografis di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

3 dari 4 halaman

Produk yang Telah Diakui Secara Global

Sejak 1993, PT Tunggal Idaman Abdi memproduksi produk kontraseptif suntik bulanan di bawah lisensi Concept Foundation USA/Health Concepts International, yang telah memberikan konsultasi teknis serta informasi klinis/pre-klinis.

Sejak saat itu, PT Tunggal Idaman Abdi telah memproduksi lebih dari 130 juta vial dan terus berkembang melalui perluasan ekspor produk ke berbagai negara. Salah satu pencapaian tertinggi PT Tunggal Idaman Abdi adalah produksi obat kontraseptif dengan merek Depo Provera.

Produk tersebut telah diakui oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika selama lebih dari 30 tahun dalam kerja sama toll-manufacturing dengan salah satu perusahaan multinasional dari Amerika Serikat sampai 2005.

Prestasi ini diikuti oleh peluncuran produk sejenis dengan merk Triclofem pada tahun 2006 untuk pasar domestik dan pasar ekspor. Di tahun 2021, Triclofem telah mendapat sertifikasi WHO PQ. Artinya, produk ini telah mendapat pengakuan dari segi kualitas, keamanan dan kemanfaatan dengan standar WHO.

4 dari 4 halaman

Produk PT Tunggal Idaman Abdi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, PT Tunggal Idaman Abdi merupakan perusahaan farmasi yang berfokus pada produksi alat-alat kontrasepsi. Adapun produk alat kontrasepsi yang dihasilkan oleh PT Tunggal Idaman Abdi terbagi atas tiga kategori, yakni Produk Hormon, Produk Non-Hormon, dan Produk Herbal.

Produk Hormon

Produk Hormon merupakan alat kontrasepsi hormonal yang digunakan untuk mencegah kehamilan yang mengandung hormon. Dalam kategori ini, PT Tunggal Idaman Abdi memiliki beberapa jenis produk, mulai dari injeksi dan pil, dengan merek-merek dagang Cyclofem, Cyclogynon, OSKB 1, Postinor 2, Pregnabion, dan Triclofem.

Produk Non-Hormon

Produk Non-Hormon dari PT Tunggal Idaman Abdi pun meliputi  berbagai macam kategori, dari produk anti-hematoma/anti memar, produk-produk yang dibutuhkan saat persalinan, antenatal care seperti anti mual untuk ibu hamil hingga produk vitamin pra-kelahiran dan pasca kelahiran serta vitamin untuk anak. Adapun produk yang termasuk kategori ini antara lain adalah Babycare Ointment, Calcid Pluz, Calcid, Clonitia Cream, Eudyna, Gestiamin Pluz, Magnidicon Suspension, Magnidicon Tablet, Makro B, Metiagin, dan masih banyak lagi.

Produk Herbal

PT Tunggal Idaman Abdi juga memproduksi produk-produk berbasis herbal. Ini karena Indonesia memiliki berbagai macam varian tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk tubuh dan sejak dulu minum jamu adalah bagian dari budaya masyarakat Indonesia . Hal ini menjanjikan perkembangan yang luar biasa dalam bidang pengobatan. Dengan beragam tanaman herbal yang tumbuh di Indonesia, masyarakat umum khususnya wanita bisa merasakan manfaat alam terhadap kesehatan tubuh.

Adapun produk PT Tunggal Idaman Abdi dalam kategori ini antara lain adalah Herbatia Sari Asi, Herbatia Sari Imuno, Herbatia Sari Langsing, Herbatia Sari Oxyfit, Herbatia Sari Putih, dan masih banyak lagi. Selain itu, PT Tunggal Idaman Abdi juga memproduksi sejumlah alat-alat kesehatan seperti popok, cairan pembersih, alat uji kesuburan, alat tes kehamilan, dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.