Sukses

Aamiin Ya Rabbal Alamin Tulisan Arab dan Artinya, Ketahui Keutamaan Berdoa

Aamiin Ya Rabbal Alamin merupakan kalimat yang biasanya diucapkan di akhir setiap doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Aamiin Ya Rabbal Alamin merupakan kalimat yang biasanya diucapkan di akhir setiap doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Doa sendiri merupakan salah satu bentuk ibadah. Allah berfirman dalam Surat Ghafir ayat 60, yang artinya:

“Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir: 60)

Apa yang dimaskdu doa dalam ayat tersebut adalah permohonan atau permintaan kepada Allah. Sedangkan orang-orang yang tidak mau atau tidak pernah mengungkapkan permohonan atau permintaannya kepada Allah, tergolong orang-orang yang sombong.

Dalam berdoa, tentu kita berharap bahwa setiap permintaan atau permohonan bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itulah, pada akhir dari setiap doa selalu disebutkan kalimat Aamiin Ya Rabbal Alamin. Ini adalah tulisan Arab dan arti dari Aamiin Ya Rabbal Alamin, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (17/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teks Arab dan Arti Aamiin Ya Rabbal Alamin

Aamiin Ya Rabbal Alamin merupakan sebuah kalimat berisi permohonan Allah SWT, yang biasa diucapkan pada akhir setiap doa yang telah dipanjatkan. Aamiin Ya Rabbal Alamin berarti "Kabulkanlah doa kami wahai Tuhan Semesta Alam."

Aamiin Ya Rabbal Alamin biasanya diucapkan ketika serangkaian doa sudah berakhir. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah atau bahasa Arab, maka tulisan "Aamiin Ya Rabbal Alamin" yang berat adalah sebagai berikut:

آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Kalimat Aamiin Ya Rabbal Alamin diucapkan pada akhir dari serangkaian doa tentunya dengan harapan bahwa doa yang telah diucapkan atau dipanjatkan telah diterima sehingga Allah SWT berkenan untuk mengabulkan.

3 dari 4 halaman

Perintah Berdoa

Setelah mengetahui apa arti Aamiin Ya Rabbal Alamin beserta tulisan Arab-nya, penting bagi kita untuk mengetahui keutamaan doa. Aamiin Ya Rabbal Alamin merupakan kalimat yang biasanya diucapkan setelah serangkaian doa selesai diucapkan atau dipanjatkan dengan harapan bahwa doa dikabulkan oleh Allah SWT.

Sendiri merupakan hal yang penting dalam praktik peribadatan dalam Islam. Bahkan, meski merupakan permintaan dan permohonan kepada Allah SWT, doa juga telah dianggap sebagai ibadah itu sendiri.

Allah berfirman dalam Surat Ghafir ayat 60, yang artinya:

“Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir: 60)

Imam Hafizh Ibnu Hajar menuturkan, seperti dikutip dari Almanhaj, bahwa Syaikh Taqiyuddin Subki berkata: Yang dimaksud doa dalam ayat di atas adalah doa yang bersifat permohonan, dan berdoa lebih khusus daripada beribadah. Artinya, barangsiapa sombong tidak mau beribadah, maka pasti sombong tidak mau berdoa.

Dari Nu'man bin Basyir bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Doa adalah ibadah," kemudian beliau membaca ayat “Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu (QS. Ghafir: 60).“

4 dari 4 halaman

Keutamaan Doa

Aamiin Ya Rabbal Alamin merupakan kalimat yang diucapkan ketika suatu serangkaian doa telah selesai diucapkan. sementara itu, doa sendiri dalam ajaran Islam merupakan hal yang penting. Doa adalah ibadah. Sebagai bagian dari ibadah, doa dapat menghindarkan kita dari sikap sombong. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat dari doa, antara lain sebagai berikut:

1. Mendekatkan Diri kepada Allah

Manfaat berdoa bagi orang beriman adalah mampu membuat hubungan manusia dan penciptaNya menjadi lebih dekat. Sebab ketika berdoa, kita seperti sedang mengungkapkan banyak hal kepada Allah, termasuk tentang kesulitan-kesulitan yang kita hadapi. Semakin sering berdoa, maka semakin sering pula kita berinteraksi dengan Allah.

2. Ketenangan Hati

Tak ada batasan ketika melakukan berdoa, karena Allah memberikan kebebasan kepada hambaNya. Doa yang berhubungan dengan duniawi pun tak masalah. Berdoa ini juga bisa dijadikan sebagai tanda bahwa manusia tidak memiliki apa-apa yang bisa disombongkan. Dengan pemikiran seperti itu, kita bisa menjadi lebih tenang.

3. Terhindar dari Godaan Setan

Berdoa dapat membuat kita terlindung dari godaan setan, sehingga hidupnya menjadi lebih tenang dan damai.

4. Dimudahkan Segala Urusan

Orang yang merasa hidupnya sulit untuk dijalani dan memiliki banyak masalah, bisa disebabkan karena jarang berdoa kepada Allah. Dengan berdoa kita bisa memohon kepada Allah untuk diberikan kelancaran dalam segala urusan.

5. Diangkat Derajatnya

Tidak semua orang derajatnya ditinggikan oleh Allah, sehingga manusia yang beruntung mendapatkan keistimewaan tersebut tentu harus sangat bersyukur. Untuk bisa ditinggikan, cara yang dapat dilakukan yaitu dengan berdoa sesuai apa yang diinginkan.

6. Mendapatkan Petunjuk

Salah jalan dalam mengarungi kehidupan merupakan hal yang yang mungkin saja terjadi. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mendapatkan petunjuk, baik itu dalam bentuk ilmu maupun nasihat agar tidak tersesat. Dengan berdoa, kita bisa meminta kepada Allah untuk senantiasa memberikan pencerahan kepada manusia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.