Sukses

Replace adalah Mengganti atau Mengembalikan, Ini Proses Morfologi dan Contoh Kalimat

Replace adalah kata yang merujuk pada tindakan untuk menggantikan sesuatu dengan sesuatu yang lain atau yang baru.

Liputan6.com, Jakarta Replace adalah kata dari bahasa Inggris yang artinya mengganti. Replace adalah kata yang cukup sering digunakan belakangan ini terutama dalam bahasa pergaulan.

Replace adalah kata yang merujuk pada tindakan untuk menggantikan sesuatu dengan sesuatu yang lain atau yang baru. Selain memiliki makna mengganti, dapat dipahami pula bahwa replace adalah tindakan untuk mengembalikan ke tempat atau posisi sebelumnya.

Replace adalah kata yang dapat digunakan untuk merujuk pada tindakan untuk menggantikan apa saja, termasuk posisi seseorang dalam hidup seseorang atau di suatu jabatan. Misalnya saja ketika kamu terpilih dalam pemilihan presiden, maka kamu akan menggantikan presiden sebelumnya.

Dalam konteks mengganti presiden karena ada calon lain yang memenangkan pemilu juga dapat menggunakan kata replace. Untuk lebih memahami apa itu replace, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (9/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Morfologi Kata Replace

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, replace adalah mengganti atau menggantikan. Perlu diketahui bahwa replace adalah kata turunan yang terbentuk dari kata dasar "place" dan prefiks "re-". Sementara itu, dalam bahasa Inggris, place tidak hanya dipahami sebagai kata benda yang mengacu pada tempat atau ruang. Lebih dari itu, place kadang juga digunakan sebagai kata kerja.

Dikutip dari Merriam-Webster, sebagai kata kerja, place adalah tindakan untuk memasukkan ke dalam atau seolah-olah di tempat tertentu atau posisi; untuk menempatkan dalam keadaan tertentu; untuk mengarahkan ke tempat yang diinginkan; mendistribusikan secara tertib.

Selain yang telah disebutkan, masih banyak lagi makna dari place sebagai kata kerja. Intinya, place adalah tindakan untuk memindahkan, memasukkan, menempatkan sesuatu agar berada di posisi yang diinginkan.

Kata place kemudian mengalami proses morfologi, di mana ada penambahan afiks, dalam hal ini adalah prefiks "re-". Dikutip dari English Language Centres, prefiks adalah imbuhan ditempatkan di awal kata untuk mengubah artinya. Dari sumber yang sama juga disebutkan bahwa "re-" adalah awalan yang artinya lagi, kembali atau menandakan perulangan.

Dari penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa kata "replace" merupakan kata turunan yang terbentuk dari proses morfologi {re-} + {place} = replace. Dengan kata lain dapat dipahami bahwa secara harfiah replace adalah menempatkan kembali, menempatkan ulang, atau menempatkan lagi.

3 dari 4 halaman

Arti Replace Berdasar Kamus

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berdasarkan proses morfologinya, secara harfiah replace adalah menempatkan kembali, menempatkan ulang, atau menempatkan lagi. Sementara itu, menurut Merriam-Webster, replace adalah tindakan untuk mengembalikan ke tempat atau posisi sebelumnya; untuk mengambil tempat terutama sebagai pengganti atau penerus; untuk menempatkan sesuatu yang baru di tempat.

Sementara itu menurut Cambridge Dictionary, replace adalah tindakan untuk mengembalikan sesuatu ke tempatnya sebelumnya; untuk mengambil tempat sesuatu atau menempatkan di tempat sesuatu atau orang lain; untuk mengembalikan sesuatu ke tempat semula; untuk menggantikan sesuatu atau orang lain.

Dari sejumlah makna replace berdasarkan kamus, dapat dipahami bahwa intinya, replace adalah mengganti atau menggantikan. Selain makna tersebut, replace adalah tindakan untuk menempatkan atau meletakkan sesuatu di posisinya semula, atau mengembalikan.

4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat dengan Menggunakan Kata Replace

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat dipahami bahwa replace adalah tindakan mengganti atau menggantikan. Namun untuk lebih memahami apa itu replace, sangat penting untuk melihat sejumlah contoh kalimat yang menggunakan kata replace di dalamnya. Adapun beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata replace adalah sebagai berikut:

(1) Machines can't replace people in this work. (Mesin tidak dapat menggantikan manusia dalam pekerjaan ini.)

(2) Many of the workers have been replaced by machines. (Banyak pekerja telah digantikan oleh mesin.)

(3) These guidelines effectively replaced the official procedure. (Pedoman ini secara efektif menggantikan prosedur resmi.)

(4) Williams has temporarily replaced Reed on the first team. (Williams untuk sementara menggantikan Reed di tim utama.)

(5) She replaced Jane Stott as Managing Director. (Dia menggantikan Jane Stott sebagai Managing Director.)

(6) She has been nominated to replace Justice O'Connor on the Supreme Court. (Dia telah dinominasikan untuk menggantikan Justice O'Connor di Mahkamah Agung.)

(7) We're thinking of replacing our phone system. (Kami berpikir untuk mengganti sistem telepon kami.)

(8) You'll be expected to replace any broken glasses. (Anda diharapkan untuk mengganti kacamata yang rusak.)

(9) The club does not have the finances resources to replace the damaged equipment. (Klub tidak memiliki sumber keuangan untuk mengganti peralatan yang rusak.)

(10) He carefully replaced the vase on the shelf. (Dia dengan hati-hati mengembalikan vas di rak.)

(11) She replaced the dress in the wardrobe. (Dia mengembalikan gaun di lemari.)

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa replace memiliki sejumlah arti. Replace adalah mengganti sesuatu dengan sesuatu yang lain, misalnya karena rusak sehingga perlu diganti yang baru. Replace adalah menggantikan baik sesuatu atau seseorang, misalnya saja seseorang yang menempati jabatan tertentu untuk menggantikan orang lain yang telah pensiun. Replace adalah meletakkan sesuatu pada tempatnya sebelumnya, atau mengembalikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.