Sukses

Profil PT Mowilex Indonesia, Sejarah Berdiri, Kebijakan Perusahaan Dan Produknya

Profil PT Mowilex Indonesia, sejarah berdirinya PT Mowilex Indonesia dan kebijakan produksi PT Mowilex Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT Mowilex Indonesia merupakan salah satu perusahaan cat ternama yang ada di Indonesia. PT Mowilex Indonesia adalah anak perusahaan dari Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd yang telah memproduksi cat dan pelapis premium selama lebih dari 50 tahun di banyak negara termasuk Indonesia.

Terkenal sebagai produsen cat yang netral karbon, PT Mowilex Indonesia juga merupakan perusahaan manufaktur pertama di Indonesia yang menerapkan produksi cat yang berbahan dasar air serta ramah lingkungan. Pencapaian ini sekaligus menjadi bukti dari kompetensi perusahaan yang terus dijaga dan dikembangkan.

PT Mowilex Indonesia juga berusaha menerapkan berbagai kebijakan untuk menjaga keberlanjutannya, mulai dari inisiatif untuk mengurangi emisi karbon dalam proses produksinya, pengurangangan plastik, hingga konservasi laut dan hutan. 

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Mowilex Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari laman mowilex.com pada Senin (2/1/2023). Profil PT Mowilex Indonesia, sejarah berdirinya PT Mowilex Indonesia dan kebijakan produksi PT Mowilex Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Mowilex Indonesia

Profil PT Mowilex Indonesia

PT Mowilex Indonesia merupakan anak perusahaan dari Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd., adalah produsen cat dan pelapis premium yang telah beroperasi selama lebih dari 50 tahun. Produk Mowilex pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970, dalam perjalanannya perusahaan kami berhasil mendapatkan beberapa penghargaan. 

Usaha PT Mowilex Indonesia untuk menjadi pelopor dimulai dari menjadi produsen cat pertama yang memproduksi cat berbahan dasar air yang ramah lingkungan di Indonesia. Kami memiliki sejarah yang panjang untuk melakukan tanggung jawab perusahaan dan berkomitmen untuk melestarikan dan melindungi lingkungan dimanapun kami beroperasi.

Dalam industri cat, PT Mowilex Indonesia berhasil menjadi pelopor untuk:

- Menjadi produsen cat pertama yang memproduksi cat berbahan dasar air.

- Menjadi produsen cat pertama yang menjual cat dalam bentuk volume, bukan berat.

- Menjadi perusahaan manufaktur cat pertama yang bersertifikasi Netral Karbon di Indonesia.

- Menjadi produsen cat pertama yang secara inisiatif menetapkan standar VOC (Volatile Organic Compound) berdasarkan Regulasi Kualitas Udara yang ditetapkan oleh negara bagian California, Amerika Serikat.

 

Visi dan Misi PT Mowilex Indonesia

Berkomitmen terhadap kualitas 

PT Mowilex Indonesia percaya investasi dalam kualitas tidak pernah sia-sia. PT Mowilex Indonesia tidak berkompromi dan berusaha untuk menjadi yang terbaik, PT Mowilex Indonesia terus melakukan pengembangan dengan mengikuti “Good Manufacturing Practices”, hingga menjadi warga negara yang baik di semua komunitas. Semua produk PT Mowilex Indonesia kembangkan sehingga pelanggan dapat mempercantik dan melindungi properti mereka karena PT Mowilex Indonesia tahu bentuk dan fungsi tidak dapat dipisahkan.

KANTOR PUSAT

Jl. Daan Mogot KM 10 No. 18, Jakarta 11710

Telp. +6221 – 5406663

KANTOR CABANG SEMARANG

Kawasan Industri Candi Gatot Subroto Blok 11E no. 8-9,Bambankerep, Ngaliyan, 50211

Telp. +6224-7609198

KANTOR CABANG PANGKAL PINANG

Jl. Air Mawar RT. 003 / 02, Kelurahan Air Mawar, Pangkal Pinang, Bangka

Telp. +62717 – 9100910

KANTOR CABANG YOGYAKARTA

Jl. Magelang KM 7 No. 9, Sendangadi Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285

Telp. +62274 – 4362116

KANTOR CABANG DENPASAR

Jl. Muding Batu Sangian No. 8, Kerobokan Kaja, Kuta Utara, Badung, Bali

Telp. +62361 – 8444360-62

KANTOR CABANG SAMARINDA

JL. Teuku Umar Pergudangan NO 71, Samarinda. Kalimantan Timur 75126.

Telp. +62 811 555 6637

KANTOR CABANG SURABAYA

Komplek Industri & Pergudangan, Permata Gadangan Blok AE 1-2, Sidoarjo

Telp. +6231 – 8550096

KANTOR CABANG MEDAN

Jl.Prof HM.Yamin SH No.41G – Medan

Telp. +6261 – 4147548

KANTOR CABANG MAKASSAR

Jl. P.U. Lantebung No. 40B, Makassar

Telp. +62411 – 5068706

KANTOR PENJUALAN PONTIANAK

Komplek Pergudangan Prima Lestari Jalur 2 , Blok C11-C12, Jl. Trans Kalimantan Desa durian Kec.Sungai Ambawang Kab.Kubu Raya Pontianak

Telp. +628115779909

KANTOR PENJUALAN PURWOKERTO

Jl Sultan Agung no 28 ,Desa Karangrau, RT.03 RW.02 Kec Sokaraja,Kab Banyumas Jateng

Telp. +62281-7779210

KANTOR PENJUALAN PEKANBARU

Jalan Siak II Km.14, Komplek Pergudangan PLC, Unit Kamadjaja Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru 28265

Telp. +6281119013364

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Mowilex Indonesia

PT Mowilex Indonesia mulai memproduksi produk cat pertama di Indonesia pada awal Maret 1970, dan berpusat di Jakarta. Selama periode ini, bahan baku untuk membuat cat tersebut sangat sulit ditemukan di pasar lokal, karena terdapat banyak masalah dalam mengimpor hampir semua bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan cat. 

Kemudian pada tahun 1987, PT Mowilex Indonesia mengambil langkah yang signifikan dengan menjalankan penyesuaian besar atas pengukuran catnya. PT Mowilex Indonesia tidak lagi memakai kilogram dalam mengukur kuantitas catnya, namun mereka mengubahnya menjadi liter. 

Selain itu, PT. Mowilex juga ingin mempromosikan teknik yang benar untuk memberikan hasil pengecatan yang sangat baik untuk semua para pelanggan setia melalui acara khusus dan pameran. Di kota Medan PT. Mowilex bekerjasama dengan perusahaan distributor yang bernama PT. Mega Warna Lestari untuk membantu kelancaran pemasaran produk Mowilex.

Selama tahun 1981 sampai 1991, PT. Mowilex mendapat dukungan penuh dari Berger Paints, sebuah produsen cat terkenal bertaraf internasional di Inggris. Kemitraan ini menghasilkan beberapa terobosan besar dalam hal kualitas, strategi pemasaran, serta barang-barang promosi untuk Mowilex (grafik warna dan desain kemasan misalnya).

PT. mowilex mengembangkan sayapnya pada tahun 2005 dengan membuka cabang di seluruh daerah dan pulau yang terdapat di Indonesia, seperti pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Sumatera. Dan pada masing-masing pulau, terdapat Regional Manager yang akan memimpin dan memantau perkembangan penjualan produk-produk Mowilex, sehingga hasil yang diharapkan dalam penjualan produk ini akan berhasil seperti yang diharapkan.

Untuk membantu proses pemasarannya, PT. Mowilex bekerjasama dengan perusahaan distributor di setiap daerah, karena keterbatasan pada tempat produksi pembuatan cat. Setelah melakukan pengiriman produk dari Jakarta ke masing-masing distributor di setiap daerah, kemudian pihak distributor mengambil alih untuk menawarkan dan memasarkan produk-produk cat tersebut kepada toko-toko cat yang terdapat di daerah tersebut. 

4 dari 5 halaman

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Mowilex

Beroperasi secara bertanggung jawab dan berkelanjutan merupakan hal yang sangat penting bagi Mowilex. PT Mowilex Indonesia percaya tanggung jawab sosial perusahaan menentukan siapa kami sebagai perusahaan. 

PT Mowilex Indonesia memandang tanggung jawab sosial perusahaan (CSR – Corporate Social Responsibility) sebagai salah satu disiplin yang memandu manajemen resiko kami untuk memastikan bahwa kami dengan ketat memenuhi standar tertinggi dalam perilaku etis, keberlanjutan lingkungan, keamanan data dan lebih banyak lagi.

Mowilex dan segenap karyawannya memiliki tradisi dan sejarah yang panjang dalam keterlibatan kepada komunitas dan mendukung secara langsung komunitas-komunitas sekitar.

Antara tahun 2015 hingga sekarang (2022), PT Mowilex Indonesia telah mendonasikan ratusan ribu liter cat ke sekolah, komunitas warga, taman, dan organisasi keagamaan serta rumah yatim piatu. 

Hal ini berarti, karyawan PT Mowilex Indonesia telah mendonasikan ribuan jam untuk membantu dan memperbaiki fasilitas untuk komunitas sekitar. Secara keseluruhan, PT Mowilex Indonesia telah melaksanakan program CSR (tanggung jawab sosial perusahaan) ke 400 komunitas hingga per tahun 2022.

5 dari 5 halaman

Produk Cat dengan VOC

Apa Itu VOC?

VOC atau ‘Volatile Organic Compound’ (senyawa organik yang mudah menguap) adalah suatu karbon dalam bentuk padat atau cair, yang dapat menguap pada suhu ruangan, yaitu antara 20-25 derajat Celcius. Di udara terdapat berbagai macam VOC, ada yang alami dan ada juga yang merupakan buatan manusia. 

VOC alami pada umumnya dikeluarkan oleh pohon dan tanaman atau sumber-sumber biogenik, sementara VOC yang merupakan hasil buatan manusia kebanyakan berupa emisi dari kendaraan, bahan bakar fosil yang tidak terbakar atau telah menguap, dan ‘solvent’. 

Istilah VOC ini digunakan oleh badan-badan pengatur di dunia sebagai suatu tolak ukur untuk meningkatkan kualitas udara. Sesuatu yang dianggap sebagai VOC di satu negara belum tentu dianggap sebagai VOC di negara lainnya.

Standar VOC Apa yang Diikuti oleh Mowilex?

Emisi dari cat dan pelapis dekoratif dan arsitektural pada umumnya hanya kurang dari 1% dari keseluruhan VOC di udara. VOC digunakan sebagai elemen penting yang mengikat molekul-molekul dalam produk cat agar cat tersebut tetap menempel di tembok, solvent atau thinner dalam cat merupakan asal dari emisi VOC.

Indonesia belum mendefinisikan VOC dalam peraturan yang ada sekarang. Oleh sebab itu, belum ada panduan untuk label pada produk cat dan pelapis berdasarkan kadar VOC mereka. Panduan label dari Mowilex berdasarkan pada standar-standar kualitas udara yang diterapkan oleh South Coast Air Quality Management District (Distrik Pengelolaan Kualitas Udara Pantai Selatan, SCAQMD) di California, Amerika Serikat yang membatasi kadar VOC untuk berbagai macam pelapis, efektif dari tanggal 1 Januari 2019. 

Sebagai pemimpin dunia dalam hal standar-standar lingkungan, batas-batas kadar VOC di California adalah lima kali lebih kecil dari yang ditentukan oleh badan EPA (Environmental Protection Agency, Lembaga Perlindungan Lingkungan) di Amerika Serikat dalam hal-hal tertentu. Sebagai perbandingan, batas kadar VOC yang ditentukan oleh SCAQMD untuk cat dan pelapis dekoratif dan arsitektur secara umum adalah 50 g/L (gram/Liter), tetapi dari EPA batas yang ditentukan adalah 250 g/L.

Apakah Mowilex baru memulai untuk mengatur kadar VOC?

Jawaban yang paling sederhana adalah tidak. Pada tahun 1970, Mowilex menjadi produsen cat yang berdasarkan air yang pertama di Indonesia. Sebelumnya, cat-cat pada umumnya yang berdasarkan solvent dulu memiliki kadar VOC sampai 450 g/L, atau bahkan lebih tinggi. Dan bahkan sekarang masih ada cat yang berdasarkan air yang memiliki kadar VOC yang mencapai 250 g/L. 

Dengan perkembangan dalam bahan baku dan formulasi-formulasi yang mutakhir, kebanyakan dari cat Mowilex memiliki kadar VOC yang berada pada atau lebih rendah dari tingkat 50 g/L, yang merupakan batas rendah untuk kadar VOC pada cat-cat dekoratif di California.

Hampir semua dari produk cat kami berdasarkan air, dan bukan berdasarkan solvent. Seluruh cat produksi Mowilex yang berdasarkan latex menggunakan air sebagai pelarut dan tidak mengandung racun (non-toxic). VOC yang dikeluarkan dari produk-produk tersebut tidak mengandung kontaminan udara yang beracun. 

Banyak produsen cat lainnya masih menggunakan etilen glikol (EG) – suatu senyawa yang dinyatakan beracun – sebagai salah satu pelarut dalam cat latex. Seluruh produk-produk cat Mowilex dinyatakan EG Zero™. Kami menggunakan bahan alternatif propilen glikol yang tidak beracun dan biasanya ditemukan dalam makanan, kosmetik dan obat-obatan.

Apakah VOC itu Beracun?

Ada banyak senyawa yang berbeda yang dianggap sebagai VOC dan walaupun ada beberapa yang beracun, kebanyakan tidak beracun. Banyak produsen cat lainnya masih terus menggunakan etilen glikol (EG) – suatu senyawa yang telah dinyatakan beracun – sebagai pelarut dalam produk cat latex.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.