Sukses

Forward Adalah Posisi Pemain dalam Bola Basket, Ini Tugasnya

Forward adalah salah satu posisi yang ada di dalam permainan bola basket.

Liputan6.com, Jakarta Forward adalah salah satu posisi yang ada di dalam permainan bola basket. Forward merupakan salah satu posisi yang biasanya bertugas untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan. Sesuai dengan maknanya, forward adalah pemain yang bertugas untuk maju dan mencetak angka.

Forward adalah posisi pemain yang dibagi lagi menjadi dua, yaitu Power Forward dan Small Forward. Dalam permainan bola basket, kedua posisi ini memiliki tugas yang berbeda walaupun sama-sama bagian dari forward.

Forward adalah posisi dalam permainan bola basket yang penting dipahami. Selain forward, ada juga Guard, dan Center sebagai posisi dalam permainan bola basket ini. Kamu perlu memilih posisi yang cocok dengan gaya mainmu sebelum bermain basket.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/12/2022) tentang forward.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Posisi Pemain Bola Basket

Sebelum mengenali forward adalah salah satu posisi pemain dalam permainan bola basket, kamu tentunya perlu memahami posisi-posisi lainnya secara singkat terlebih dahulu. posisi pemain bola basket adalah sebagai berikut:

Point Guard

Point Guard biasanya adalah pemain dengan keterampilan dan visi dalam memainkan bola terbaik dalam tim. Peran utama point guard adalah mengatur permainan ofensif dan defensif dan mengatur peluang mencetak angka untuk rekan satu tim.

Shooting Guard

Shooting Guard merupakan penembak jarak jauh dan menengah terbaik dalam sebuah tim basket. Pemain dengan posisi ini berlari terus-menerus untuk mencari tempat bebas dan mencetak tiga angka. Pemain ini juga dapat membantu menyeret pemain bertahan lawan supaya lebih melebar untuk menciptakan ruang di dekat ring basket untuk rekan satu timnya.

Small Forward

Small Forward adalah posisi yang membutuhkan keahlian yang serbaguna. Pemain dengan posisi ini membutuhkan kekuatan dan tinggi serta kecepatan dan kemampuan menggiring bola. Kemampuan menembak jarak menengah dan jarak pendek juga penting.

Power Forward

Power Forward adalah posisi yang agak mirip dengan Small Forward tetapi dengan fokus yang lebih besar pada fisik. Seorang Power Forward biasanya fokus di pusat dekat ring dan merupakan pencetak gol tim yang paling dapat diandalkan.

Center

Biasanya pemain tertinggi dalam tim, center diperlukan untuk menempati ruang terdekat dengan ring di kedua bagian. Di pertahanan, Center ditugaskan untuk mengambil rebound dan memblokir penembak lawan, sedangkan tugas ofensif Center mengharuskannya untuk menyelesaikan gerakan jarak pendek atau melindungi pemain bertahan untuk memungkinkan rekan satu tim melakukan drive ke ring basket.

3 dari 5 halaman

Posisi Forward

Small Forward

Small Forward adalah salah satu posisi pemain bola basket yang kamu pahami. Small forward biasanya diisi oleh pemain yang lebih pendek dari dua penyerang di tim, namun memiliki peran paling serbaguna di antara lima posisi utama.

Seorang yang berposisi Small Forward adalah pemain yang harus memiliki tinggi badan cukup dengan kemampuan bermain di dalam serta kelincahan bermain di luar. Small Forward adalah posisi yang biasanya merupakan penembak terbaik kedua atau ketiga dalam tim.

Kamu bisa berlatih menjadi Small Forward dengan sering-sering latihan mengontrol bola, menembak, mengumpan, membuat ruang, permainan Post-Up, pertahanan, pertahanan Pick & Roll, menggiring bola, dan finishing. Contoh pemain basket terkenal yang berposisi small forward adalah Lebron James, Kevin Durant, Kawhi Leonard, hingga Jayson Tatum.

Power Forward

Power Forward adalah posisi dalam bola basket yang biasanya diisi oleh pemain tertinggi kedua dalam tim dan bermain agak dekat ke ring dibandingkan Small Forward.  Dalam hal atribut fisik dan gaya bermain, PF dilengkapi dengan kecepatan lebih.

Power Forward juga sering menjadi pemain yang serbaguna, yang mampu mencetak poin di tengah permainan dan juga mampu menembak dari midrange. Secara defensif, Power Forward dituntut memiliki kekuatan untuk menjaga pemain yang lebih besar di dekat ring. Contoh pemain berposisi Power Forward adalah Giannis Antetokounmpo, Anthony Davis, Draymond Green, dan Paul Millsap.

4 dari 5 halaman

Posisi Guard

Shooting Guard

Shooting Guard bisa jadi adalah seseorang dengan postur  terpendek di dalam tim. Seorang Shooting Guard adalah penembak luar terbaik dalam tim. Selain mampu menembak dengan baik, seorang shooting guard harus pandai menggiring bola dengan cepat, passing, dan memiliki visi lapangan yang baik.

Shooting Guard juga bertanggung jawab untuk mengarahkan bola dan mengatur jalannya permainan ofensif. Meski ukuran tubuhnya bukan yang terbesar, seorang shooting guard yang baik akan menjadi ancaman bagi lawannya karena dia bisa mencetak gol dari mana saja di lapangan. Contoh pemain berposisi shooting guard adalah James Harden, Devin Booker, Klay Thompson, Donovan Mitchell, dan Bradley Beal.

Point Guard

Point Guard biasanya diisi oleh pemain terpendek tapi memiliki olah bola terbaik di tim. Juga dikenal sebagai 'pelatih di lapangan' atau 'jendral lapangan', seorang Point Guard bertanggung jawab untuk mengarahkan permainan.

Point Guard harus memiliki visi lapangan yang baik untuk menciptakan peluang menembak bagi penerima serta mengarahkan bola di lapangan dan memulai permainan ofensif. Point Guard juga harus memiliki kemampuan tembakan jarak jauh yang baik, meskipun tidak sepenting untuk shooting guard, beberapa point guard mengambil banyak tembakan seperti shooting guard.

Contoh pemain berposisi Point Guard yaitu Stephen Curry, Russell Westbrook, Kyrie Irving, Luka Doncic, dan Chris Paul.

5 dari 5 halaman

Posisi Center

Center biasanya diisi pemain dengan postur paling tinggi dan paling kuat di tim, dan diposisikan di bawah ring. Center juga dituntut untuk mendominasi secara fisik dengan mengandalkan kekuatan fisik dan tubuh atletisnya.

Pada permainan ofensif, sebagian besar center tidak secara konsisten mencetak skor midrange atau di luar lengkungan. Sebaliknya, sebagian besar poin yang mereka cetak berasal dari bola rebound ofensif, serta perannya juga diperlukan untuk memblokir pemain bertahan guna membuka ruang rekan setimnya untuk menuju ke ring lawan.

Dalam bertahan, center bertanggung jawab untuk menjaga lawan agar tidak menembak dengan memblok tembakan dan operan di area vital. Center juga diharapkan untuk mendapatkan bola rebound hasil tembakan lawan yang meleset. Contoh pemain center adalah Shaquille O'Neal, Joel Embiid, DeMarcus Cousins, Nikola Jokic, Bam Adebayo, dan Rudy Gobert.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.