Sukses

PT Aneka Gas Industri Tbk, Produsen Gas Industri yang Kini Menjadi PT Samator Indo Gas Tbk

PT Aneka Gas Industri melayani kebutuhan gas industri untuk berbagai sektor, termasuk Manufaktur, Kesehatan, Consumer Goods, Infrastruktur, dan sektor industri lainnya.

Liputan6.com, Jakarta PT Aneka Gas Industri Tbk merupakan produsen gas untuk industri yang cukup terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini telah merintis bisnisnya sejak 1916, hingga kini memiliki jaringan yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Pengalaman yang dimiliki membuat PT Aneka Gas Industri menjadi perusahaan pemasok gas yang handal di Indonesia.

PT Aneka Gas Industri melayani kebutuhan gas industri untuk berbagai sektor, termasuk Manufaktur, Kesehatan, Consumer Goods, Infrastruktur, dan sektor industri lainnya. Perusahaan ini telah menjadi mitra yang menyuplai kebutuhan gas untuk produksi berbagai perusahaan.

PT Aneka Gas Industri Tbk sudah menjalankan usahanya sejak jaman Kolonial Belanda. Kegiatan bisnis yang masih berjalan menjadi bukti profesionalitas perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Berikut ulasan Liputan6.com tentang bisnis PT Aneka Gas Industri yang dilansir dari laman resmi perusahaan, Rabu (28/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan PT Aneka Gas Industri

Cikal bakal bisnis PT Aneka Gas Industri atau AGII berawal dari NV WA Hoek Machine en Zuurstof yang berdiri pada 1916. NV WA Hoek Machine en Zuurstof merupakan perusahaan Belanda memulai usahanya sebagai produsen oksigen yang berlokasi di Jakarta. Perusahaan ini kemudian juga membangun pabriknya di Bandung dan Surabaya untuk memenuhi meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas jangkauan pasar.

Pada 1924, NV Javasche Koelzoor membangun pabrik CO2 di Surabaya. Kemudian NV WA Hoek Machine en Zuurstof dan NV Javasche Koelzoor dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia menjadi PN Zatas dan PN Asam Arang pada 1958. Kedua perusahaan ini kemudian bergabung dan menjadi PT Aneka Gas Industri (Persero) pada 1971. Perusahaan ini berada di bawah Departemen Perindustrian.

Status PT Aneka Gas Industri (Persero) berubah menjadi Penanaman Modal Asing (PMA) pada 1998 karena saham yang mulanya dipegang pemerintah dijual kepada perusahaan asing. Sebanyak 40 persen saham dijual kepada Messer Griesheim Gmbh Jerman dan 10 persen saham lainnya dijual kepada PT Tira Austenite.

Keluarga Harsono membeli seluruh saham PT Tira Austenite di PT Aneka Gas Industri pada 2004. Dengan begitu Keluarga Harsono menguasai 100 persen saham PT Aneka Gas Industri. Status perusahaan menjadi Penanaman Dalam Negeri (PMDN). Selama periode ini, perusahaan melakukan ekspansi yang cukup pesat dan jumlah pabrik meningkat dari 11 pabrik di tahun 2003 menjadi 41 pabrik di tahun 2015.

AGII melakukan penawaran umum perdana saham PT Aneka Gas Industri Tbk dan mencatatkannya di Bursa Efek Indonesia pada 2016. Perusahaan kemudian memulai pembangunan beberapa stasiun pengisian yang dioperasikan oleh anak perusahaan. AGII juga mengakuisisi aset tambahan di tahun yang sama untuk mengimbangi pertumbuhan bisnis.

AGII melakukan penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan I Aneka Gas Industri dan penawaran umum berkelanjutan sukuk ijarah berkelanjutan I Aneka Gas Industri (Tahap I, Tahap II dan Tahap III) pada 2019. AGII juga telah mengoperasikan 44 pabrik dan 104 filling stations yang tersebar di 26 provinsi di Indonesia pada tahun yang sama.

 

3 dari 4 halaman

Pencapaian PT Aneka Gas Industri

Pada 2020 AGII mendapat penghargaan Resilience in Pandemic dari Bisnis Indonesia sebagai Emiten Terbaik dalam kategori Industri Plastik, Kemasan, dan Kimia. AGII juga menerima penghargaan dari Marketeers of the Year Award sebagai Industry Marketing Special Mention untuk Direktur Utama.

Founder Samator Group dan Komisaris Utama Perseroan yang menjabat pada 2006-2021, Arief Harsono, menerima penghargaan dari Marketeers dalam acara Markplus Conference 2022. Arief Harsono masuk dalam nominasi penghargaan “Immortal Marketing Award 2021” karena dinilai telah menjadi inspirasi bagi pegiat marketing serta merupakan sosok pemimpin yang patut dicontoh.

AGII merealisasikan rencana transaksi pembelian aset tetap untuk 2 unit bisnis milik PT Samator yang berlokasi di Cikande, Provinsi Banten dan di Gresik, Provinsi Jawa Timur. Dengan begitu kini, AGII mengoperasikan 54 pabrik dan 106 stasiun pengisian yang tersebar di 28 provinsi di Indonesia. Saat ini PT Aneka Gas Industri juga dalam proses perubahan nama menjadi PT Samator Indo Gas Tbk.

4 dari 4 halaman

Kegiatan Bisnis PT Aneka Gas Industri

PT Aneka Gas Industri Tbk memiliki jaringan terbesar dan terluas di Indonesia yang mengoperasikan 54 pabrik dan lebih dari 106 filling stations yang tersebar di 28 provinsi di Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, AGII telah membuktikan kemampuannya dalam memberikan berbagai produk dan layanan gas bagi industri, sehingga mendapatkan reputasi yang layak sebagai salah satu pemasok gas industri terpercaya di Indonesia.Bisnis utama  PT Aneka Gas Industri adalah memproduksi, memasarkan, dan menjual berbagai macam gas untuk industri dan produk-produk terkait di Indonesia. Produk gas yang dijual adalah gas dalam bentuk gas cair maupun gas padat. 

AGII juga menjalankan kegiatan usaha jasa terkait dengan produk gas yang dihasilkan. Contohnya seperti memperdagangkan produk gas dari produsen lain kepada pelanggan Perseroan, yaitu antara lain Specialty Gas, Rare Gas, dan lain sebagainya. Perusahaan juga menyediakan jasa layanan konstruksi dan instalasi infrastruktur gas maupun peralatan, teknologi, dan produk pendukung terkait lainnya. 

AGII melayani kebutuhan gas industri untuk berbagai sektor, termasuk Manufaktur, Kesehatan, Consumer Goods, Infrastruktur, dan banyak lainnya. AGII merupakan mitra lama yang terpercaya yang senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggannya dan turut serta tumbuh bersama mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.