Sukses

PT AKR Corporindo Tbk, Perusahaan Logistik Minyak dan Kimia Terkemuka di Indonesia

PT AKR Corporindo Tbk menawarkan solusi rantai pasokan yang inovatif dan efisien, di tengah tingginya biaya logistik di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT AKR Corporindo Tbk menjadi salah satu perusahaan logistik yang menawarkan solusi rantai pasokan yang inovatif dan efisien. Kegiatan usaha yang dilakukan oleh PT AKR Corporindo Tbk mendukung pengembangan industri di Indonesia dan sedang dalam tahap pengembangan kawasan industri terpadu dan pelabuhan di Jawa Timur.

Keberadaan perusahaan PT AKR Corporindo Tbk sangat penting bagi ketersediaan rantai pasokan barang, dalam hal ini minyak dan kimia. Seperti yang sudah kita sama-sama tahu, ketersediaan bahan bakar minyak dapat memengaruhi berbagai sektor.

Berikut ulasan Liputan6.com tentang perjalanan bisnis PT AKR Corporindo Tbk yang dilansir dari laman resmi perusahaan, Selasa (27/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisnis PT AKR Corporindo Tbk

PT AKR Corporindo Tbk atau dikenal juga dengan nama AKR merupakan perusahaan logistik dan rantai pasokan yang bergerak di bidang perdagangan dan distribusi bahan bakar minyak dan kimia dasar. Perusahaan ini memiliki jaringan sarana transportasi, pelabuhan, dan penyimpanan curah cair dan kering yang luas.

PT AKR Corporindo Tbk menawarkan solusi rantai pasokan yang inovatif dan efisien, di tengah tingginya biaya logistik di Indonesia. AKR mendukung pengembangan industri di Indonesia dan sedang dalam tahap pengembangan kawasan industri terpadu dan pelabuhan di Jawa Timur. Kawasan ini akan menyediakan logistik, energi, dan solusi infrastruktur untuk investasi industri di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Perjalanan PT AKR Corporindo Tbk

PT AKR Corporindo Tbk memulai bisnisnya di Surabaya sebagai perusahaan  perdagangan bahan kimia dasar. AKR kemudian berkembang menjadi salah satu distributor swasta terkemuka untuk bahan kimia dasar, bahan bakar minyak (BBM), logistik, dan solusi rantai pasokan di Indonesia. 

Soegiarto Adikoesoemo, seorang wiraswasta dan pengusaha dari Surabaya, merintis bisnis ini pada tahun 1960-an dan membentuk PT Aneka Kimia Raya pada 28 November 1977. AKR kemudian memindahkan kantor pusatnya ke Jakarta pada tahun 1985.

Pada tahun 1994, AKR membuka babak baru dalam pengembangan bisnisnya dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Dana yang diperoleh kemudian digunakan untuk mengembangkan infrastruktur perusahaan serta membangun terminal-terminal penyimpanan baru dan aset lainnya di pulau Jawa dan Sumatra.

Pada awal 2000-an, AKR mengembangkan area bisnisnya untuk distribusi produk bahan bakar minyak (BBM) dengan memperluas infrastruktur yang ada. Seiring dengan berkembangnya portofolio bisnis AKR, nama PT Aneka Kimia Raya Tbk diubah menjadi PT AKR Corporindo Tbk yang dinilai lebih mencerminkan ruang lingkup bisnis yang lebih besar.

Pada tahun 2005, AKR menjadi perusahaan nasional pertama yang beroperasi di bisnis BBM non subsidi. Pengalaman dan juga infrastruktur yang dimiliki dalam mendistribusikan BBM non subsidi membuat AKR memperoleh kepercayaan dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) untuk mendistribusikan BBM bersubsidi sejak tahun 2010. 

AKR kemudian memperluas jaringannya dan kini telah memiliki tangki penyimpanan dan terminal di 15 pelabuhan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. AKR juga memiliki armada logistik yang lengkap meliputi kapal dan truk pengiriman BBM dan kimia dasar, serta telah melayani lebih dari 2.000 perusahaan dan industri di seluruh Indonesia.

Saat ini, AKR dikenal sebagai penyedia layanan logistik, rantai pasokan, dan infrastruktur terkemuka di Indonesia. Dengan memanfaatkan jaringan logistik yang luas, perusahaan telah bertransformasi menjadi salah satu distributor swasta BBM dan bahan kimia dasar terkemuka di Indonesia. 

Pada tahun 2017, Perseroan kembali mendapat kepercayaan dan tugas dari BPH migas untuk mendistribusikan BBM bersubsidi untuk kendaraan bermotor dan nelayan. Saat ini, AKR telah mengoperasikan lebih dari 130 SPBU bermerek AKR yang menjual diesel dan bensin berkualitas tinggi untuk kendaraan bermotor dan nelayan di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

4 dari 4 halaman

Perkembangan Bisnis PT AKR Corporindo Tbk

AKR melanjutkan investasi ke fasilitas pelabuhan dan infrastruktur lainnya di Indonesia untuk mengembangkan jasa perdagangan, distribusi dan bisnis logistik. Pada tahun 2011, AKR bersama dengan mitra usahanya, Royal Vopak, mendirikan terminal independen penyimpanan BBM terbesar bernama PT Jakarta Tank Terminal (JTT) di Pelabuhan Tanjung Priok. JTT kini merupakan penyedia jasa penyimpanan yang modern dan efisien untuk perusahaan minyak Internasional maupun perusahaan Indonesia. 

AKR tidak hanya berinvestasi pada infrastruktur logistik, tetapi juga pada teknologi penyediaan rantai pasokan yang efisien dan pengendalian operasional di seluruh Indonesia. AKR telah memperkenalkan sistem teknologi inovatif yang mampu memonitor dan mengendalikan pergerakan kargo, persediaan, serta distribusi BBM industri dan bersubsidi. 

Dengan sistem IT ini, data pengiriman ke pelanggan industri dan data pengisian bahan bakar kendaraan di SPBU dapat dipantau dan dilaporkan secara tepat waktu. Solusi teknologi inovatif ini tidak hanya dapat memberikan efisiensi bagi pelanggan, tetapi juga membantu BPH Migas mengawasi dan mengontrol distribusi BBM agar tidak disalahgunakan.

AKR memasok bahan kimia dasar dari produsen kelas dunia seperti Asahimas kimia (bagian dari Asahi Glass, Jepang), Solvay Eropa, dan Amerika Serikat, dan melayani berbagai industri di sektor rayon, tekstil, consumer goods, alumina, kimia, dan industri sabun-detergen.

AKR juga memasok produk olahan BBM dari pemasok minyak global untuk industri pertambangan dan perkebunan, pembangkit listrik, industri, komersial, serta sektor ritel melalui SPBUnya. Beberapa anak usaha AKR seperti PT AKR Sea Transport Indonesia, beroperasi pada bidang logistik laut untuk distribusi bahan bakar, sedangkan PT AKR Transportasi Indonesia mengoperasikan lebih dari 300 armada truk.

Perseroan juga mengembangkan kawasan industri dan pelabuhan terintegrasi bernama Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur sejak tahun 2013. Proyek ini dikembangkan melalui entitas anak Perseroan, PT Usaha Era Pratama Nusantara, yang bekerja sama dengan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, entitas anak dari PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III). 

JIIPE memiliki konsep kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan laut dalam yang akan menghasilkan nilai tambah signifikan bagi Perseroan. Pada pertengahan tahun 2021, JIIPE juga telah mendapatkan status sebagai Kawasan Ekonomi Khusus untuk sektor Teknologi dan Manufaktur. Dengan menyandang nama KEK JIIPE Gresik, kawasan ini menjadi salah satu proyek strategis nasional yang ditujukan untuk mengurangi biaya logistik, mendorong daya saing industri nasional, dan menarik investasi.

Sejak tahun 2017, Perseroan juga semakin mengembangkan bisnis BBM ritel dan avtur dengan menjalin kerja sama dengan BP Global. Dari sisi ritel, kedua belah pihak melakukan joint venture untuk membentuk perusahaan bernama PT Aneka Petroindo Raya, yang beroperasi di bawah nama “BP AKR Fuels Retail”.

Joint venture ini ditujukan untuk mengembangkan dan menawarkan pelayanan yang berbeda kepada konsumen dengan memanfaatkan kemampuan serta keahlian BP dan AKR di pasar ritel yang sedang berkembang di Indonesia. Dari sisi avtur, perusahaan patungan PT Dirgantara Petroindo Raya akan beroperasi di bawah nama Air BP-AKR Aviation dan diluncurkan untuk mengembangkan bisnis bahan bakar penerbangan di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.