Sukses

6 Bahaya Mencium Bayi Sembarangan, Ketahui Gejala dan Cara Mencegahnya

Bahaya mencium bayi sembarangan, menimbulkan penyakit herpes.

Liputan6.com, Jakarta Bayi yang menggemaskan dengan kaki mungil, senyum manis, pipi tembam, membuat hampir semua orang tertarik kepada mereka. Maka untuk mengekspresikan rasa sayang, banyak dari kita yang memilih untuk menciumnya. Perlu diketahui bahwa ada beberapa dampak dan juga bahaya mencium bayi sembarangan, di mana akan memicu penyakit seperti herpes, batuk dan masih banyak lagi. 

Melansir dari laman Healthline, Dr. Timothy Niels mengemukakan bahwa orang tua harus menggunakan akal sehat ketika berhadapan dengan bayi yang baru lahir. Alangkah baiknya bagi orang tua, untuk menghindari membawa bayi ke ruang ramai yang penuh dengan orang, dan menghindari terlalu banyak pengunjung selama bulan pertama bayi lahir. Hal ini karena bahaya mencium bayi sembarangan bisa memicu respiratory syncytial virus. 

Tak hanya itu saja, orang yang menunjukkan tanda-tanda penyakit seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, atau ruam tidak boleh melakukan kontak dekat dengan bayi baru lahir. Hal ini karena bahaya mencium bayi sembarangan membuat bayi terserang virus dan mengalami susah napas. 

Berikut ini bahaya mencium bayi sembarangan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahaya Mencium Bayi Sembarangan

Terdapat beberapa bahaya mencium bayi sembarangan, yang perlu Anda pahami sebagai orang tua. 

1. HSV-1 atau luka dingin

Virus Herpes Simplex tipe 1, akan menyebabkan luka dingin pada orang dewasa dan juga dapat menginfeksi bayi. Herpes membentuk lepuh berisi cairan, yang gatal dan nyeri yang muncul di sekitar mulut dan bibir. Seringkali ketika orang dewasa yang menderita luka dingin, secara tidak sengaja mencium bayi yang baru lahir, ada kemungkinan besar untuk menularkan bayi tersebut. Mungkin diperlukan waktu 24 hingga 48 jam sebelum lepuh muncul dan terkadang, tidak ada gejala hingga 12 hari.

Berikut adalah beberapa gejala luka dingin pada bayi baru lahir:

- Kebiasaan makan yang buruk.

- Demam yang awalnya ringan (100,4° F).

- Kejang.

- Kelesuan .

2. Batuk rejan

Penyakit ini juga dikenal sebagai pertusis, dan merupakan infeksi pernapasan yang menular. Penyakit ini adalah penyakit yang ditularkan melalui udara, serta dengan mudah menginfeksi jika Anda menghabiskan cukup banyak waktu dengan orang yang terinfeksi. Mencium bayi di wajah ketika memiliki riwayat atau gejala pertusis, dapat menginfeksi bayi karena droplet dengan mudah masuk ke mulut, hidung, atau mata bayi.

Beberapa gejala awal meliputi:

- Pilek.

- Batuk ringan.

- Demam ringan.

- Apnea.

- Jeda pernapasan.

3. Penyakit ciuman

Mononukleosis atau yang lebih dikenal sebagai penyakit ciuman, menyebabkan sakit tenggorokan dan demam. Penyakit ini dapat  menyebar ketika individu yang terkena mencium bayi di bibir. Media penularannya adalah air liur yang terinfeksi, dan sebaiknya hindari mencium bayi di mana pun di wajah. Gejala mono mungkin tidak muncul hingga dua bulan setelah terinfeksi.

Beberapa gejala meliputi:

- Sakit tenggorokan.

- Demam.

- Kelelahan.

- Pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

- Muntah.

3 dari 5 halaman

Bahaya Mencium Bayi Sembarangan

4. RSV

Respiratory syncytial virus (RSV) adalah virus lain yang menyebabkan kesulitan bernapas. Penyakit ini menyebar ketika bayi menyentuh permukaan, yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, mulut, atau hidungnya. Penyakit ini juga menular, dan dapat menginfeksi bayi jika mereka menghirup tetesan dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mencium bayi jika Anda terinfeksi. 

Gejala yang terjadi meliputi RSV:

- Pilek dan demam.

- Batuk dan mengi.

- Apnea (jeda singkat dalam bernapas).

- Pelebaran lubang hidung.

- Penurunan nafsu makan.

5. Rongga

Gigi bayi sangat kecil dan lembut, dan perawatan mulut sangat penting. Saat mencium bayi di mulut atau bibir, bakteri penyebab gigi berlubang dapat dengan mudah berpindah dari mulut Anda ke bayi. Hal ini bukan berarti seorang ibu tidak boleh mencium bayinya di bibir, maka pastikan saja Anda sering mengunjungi dokter gigi dan menjaga kebersihan mulut yang baik. 

6. Alergi makanan

Orang tua mungkin tidak tahu makanan apa yang menyebabkan alergi pada bayi mereka yang baru lahir. Dan kita tidak pernah tahu, apa yang dimakan seseorang sebelum mereka mencium bayinya. Bayi mungkin tidak mengonsumsi makanan yang dapat membuat mereka alergi secara langsung, Namun mereka berisiko terpapar alergen. Misalnya, saudara kandung dengan selai kacang di wajahnya mungkin mencium bayi yang baru lahir, yang dapat menyebabkan alergi.

 

4 dari 5 halaman

Cara Melindungi Bayi dari RSV dan Penyakit Lain

Memahami risiko mencium bayi adalah salah satu langkah, untuk melindungi anak Anda dari penyakit berbahaya. Namun, ada langkah-langkah lain yang harus diambil, untuk memastikan anak Anda terlindung lebih lanjut dari kerusakan yang dapat dicegah. Mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi anak Anda agar tidak sakit karena kasih sayang seseorang dapat membantu menyelamatkan hidup mereka.

- Menjaga kebersihan dengan baik

Jika Anda selaku orang tua selalu menjaga kebersihan, maka akan membantu melindungi semua orang dari bakteri dan penyakit berbahaya. Dari kebersihan rutin hingga kebersihan mulut, sangat penting untuk menjaga diri sendiri dan juga bayi Anda. Karena bahaya mencium bayi sembarangan, bisa menimbulkan berbagai risiko.

- Menghindari penyakit

Salah satu cara mudah untuk melindungi anak Anda dari infeksi dan penyakit, adalah dengan menyadari orang-orang di sekitar Anda dan anak Anda. Hal ini karena beberapa bulan pertama, kehidupan anak Anda masuk pada tahap yang paling rentan. Sebab itu, pertimbangkan untuk menghindari siapa pun dan apa pun yang mungkin dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi anak Anda.

- Mendidik orang lain

Ketika individu menyadari risiko dan bahaya seputar ciuman bayi, maka akan jauh lebih mudah untuk melindungi anak Anda. Meskipun Anda mungkin menganggap praktik pencegahan sebagai akal sehat, orang lain mungkin tidak. Oleh karena itu, mendidik orang lain adalah cara yang bagus untuk membantu mereka menjadi lebih sadar akan risiko dan bahaya berciuman dan/atau menunjukkan kasih sayang kepada bayi. 

 

5 dari 5 halaman

Gejala Umum dan Cara Mencegahnya

1. Gejala Umum

Saat mengambil tindakan pencegahan, maka ada beberapa hal yang diperlukan, hal terbaik yang dapat dilakukan orang tua adalah mewaspadai salah satu atau semua gejala ini.

- Demam pada bulan pertama.

- Sakit tenggorokan.

- Lepuh.

- Kesulitan bernafas.

- Muntah.

- Diare.

- Penurunan berat badan.

- Ruam.

- Pengurangan buang air kecil.

- Tidur siang yang panjang.

- Kejang.

- Menangis tanpa henti.

- Perilaku mudah tersinggung.

2. Cara mencegahnya 

Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan sederhana, namun perlu dilakukan oleh orang tua untuk menjaga bayi mereka aman dari infeksi dan penyakit.

a. Selalu patuhi jadwal vaksinasi dengan ketat, dan jangan melewatkan atau melupakan vaksinasi apa pun.

b. Selalu cuci tangan saat menggendong bayi, dan untuk anak-anak dan remaja disarankan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh bayi karena bakteri usus bayi masih berkembang.

c. Orang yang memiliki gangguan pernapasan atau penyakit menular, harus menjaga jarak aman dari bayi.

d. Beri tahu pengunjung tentang tindakan pencegahan yang harus diambil untuk menjaga bayi tetap aman.

e. Mandikan bayi Anda secara teratur, dan jaga kebersihan area pribadi dan mulut bayi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.