Sukses

Apa Itu Psikopat, Kenali Ciri-Ciri dan Bedanya dengan Gangguan Kepribadian

Psikopat adalah orang dengan kelainan jiwa, yang menunjukkan perilaku yang menyimpang sehingga mengalami kesulitan dalam pergaulan.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu psikopat? orang dengan gangguan mental yang umum ini, selalu ditandai dengan ciri-ciri kepribadian yang meliputi berkurangnya empati dan penyesalan, kepribadian yang berani, sehingga perilaku yang sulit dihambat. Orang dengan psikopati dapat menipu, memanipulasi, mengeksploitasi, mengancam, mencuri, atau menyakiti orang lain secara fisik. Pada saat yang sama, mereka mungkin tampak ramah dan menyesuaikan diri dengan baik.

Apa itu psikopat? dengan 'Topeng kewarasan' yang dimiliki, bisa membuat orang psikopat sangat sulit untuk diidentifikasi. Adapun setiap ciri-ciri psikopat cukup bervariasi, dari yang ringan hingga yang ekstrim. Psikopat merupakan salah satu gangguan spektrum, seperti gangguan spektrum terkenal lainnya seperti autisme dan kecemasan. 

Dengan memahami apa itu psikopat, maka Anda akan mampu mengidentifikasi ciri-ciri serta gejala-gejala yang diakibatkan. Biasanya hal ini karena perubahan di otak, sehingga orang yang memiliki gangguan mental kemungkinan bisa merusak pemikiran, perasaan, dan perilaku serta dapat menyebabkan masalah parah yang berfungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Orang dengan psikopat juga mungkin tidak menyadari, apa yang menyebabkan perilaku antisosial mereka terus-menerus terjadi. Akibatnya, mereka jarang menerima pengobatan yang efektif. Berikut ini arti dan ciri-ciri psikopat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti Psikopat

Psikopat adalah suatu kondisi yang ditandai dengan tidak adanya empati, serta tumpulnya keadaan afektif lainnya. Ketidakpedulian, detasemen, serta kurangnya empati, akan sangat memungkinkan psikopat menjadi sangat manipulatif. Akan tetapi psikopati merupakan salah satu gangguan yang paling sulit dikenali. Orang yang masuk dalam kategori psikopat bisa terlihat normal, karena sifat antisosial yang dimiliki sering membuat mereka condong (tetapi tidak selalu) pada kriminalitas.

Menurut Merriam-Webster psikopat adalah "seseorang yang memiliki kepribadian egosentris dan antisosial yang ditandai dengan kurangnya penyesalan atas tindakan seseorang, tidak adanya empati terhadap orang lain, dan seringkali kecenderungan kriminal." 

Apa itu psikopat? ganguan ini biasanya akan memicu daya tarik populer dan penderitaan klinis. Psikopat dewasa sebagian besar akan kebal terhadap pengobatan, meskipun ada program untuk merawat remaja yang tidak berperasaan dan tidak emosional dengan harapan mencegah mereka menjadi psikopat. Istilah "psikopat" digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak berperasaan, tidak emosional, dan bejat secara moral. Meskipun bukan diagnosis kesehatan mental resmi, sering digunakan dalam pengaturan klinis dan hukum.

 

 

3 dari 5 halaman

Ciri-ciri Psikopat

1. Pesona & karisma yang dangkal

Psikopat bisa menjadi orang yang sangat menawan, karismatik, dan persuasif, yang umumnya terjadi pada psikopat wanita, yang lebih sosial dan emosional daripada rekan pria mereka. Meskipun mereka tidak memiliki empati sejati, mereka seringkali sangat terampil dalam perilaku prososial yang "berpura-pura" seperti sanjungan, kebaikan, dan simpati palsu. 

2. Kekejaman yang tidak perlu

Setelah pesona dan karisma yang dangkal memudar, seorang psikopat akan sering menunjukkan sisi kejam yang dimiliki. Ini mungkin termasuk gosip, komentar yang menggigit, menyerang orang lain secara agresif, atau tertawa atau dihibur ketika mereka menyakiti atau mempermalukan seseorang. 

3. Kebohongan yang berlebihan

Banyak psikopat rentan terhadap kebohongan patologis, sehingga mereka mungkin membesar-besarkan kebenaran untuk mendapatkan keinginan mereka, meningkatkan ego mereka, atau membuat orang lain berpikir, merasakan atau melakukan apa yang mereka inginkan. Faktanya, penipuan bahkan merupakan gejala ASPD yang terdaftar, dan bahkan dapat muncul sebagai orang yang 'memalsukan' penyesalan, empati, atau perhatian dan kepedulian terhadap orang lain.

4. Memainkan permainan menyalahkan

Psikopat melakukan beberapa tindakan paling kejamn dan keji dalam masyarakat, tetapi mereka jarang bertanggung jawab atas tindakan mereka. Sebaliknya, mereka lebih cenderung menyalahkan orang lain, membuat alasan, dan mencoba membenarkan tindakan mereka, tidak peduli seberapa buruk tindakan mereka. 

5. Memiliki kendali dan dominasi

Banyak psikopat mencari posisi kekuasaan dan otoritas karena mereka menikmati dominasi dan kendali atas orang lain. Menurut beberapa penelitian, psikopat sedikit lebih mungkin untuk mencari dan mengamankan posisi kepemimpinan di dunia korporat, menunjukkan ada kebenaran dalam stereotip CEO psikopat.

6. Kenikmatan sakit & penderitaan yang sadis

Sadisme adalah kata yang menggambarkan rasa sakit kenikmatan dari rasa sakit dan penderitaan orang lain. Pada beberapa orang psikopat, rasa sakit orang lain membangkitkan gairah seksual dan pada orang lain, kesenangan itu non-seksual dan lebih berkaitan dengan kegembiraan, kekuatan, atau 'serbuan' pengalaman.

7. Perilaku mencari sensasi

Karena psikopat tidak memiliki beberapa rangkaian emosi normal yang dimiliki kebanyakan orang, dibutuhkan lebih banyak hal untuk menggairahkan mereka, membuat mereka bahagia, atau memberi mereka sensasi. Psikopat secara keseluruhan kurang impulsif daripada sosiopat karena mereka tidak didorong oleh emosi yang kuat, tetapi respons emosional mereka yang tumpul dapat menyebabkan mereka mencari sensasi.

 

4 dari 5 halaman

Ciri-ciri Psikopat

8. Mengabaikan aturan, hukum & norma

Psikopat tidak mengikuti kode etik yang sama seperti kebanyakan orang di masyarakat, itulah sebabnya mereka sering berperilaku tidak bermoral atau bahkan ilegal. Ini mungkin termasuk pelanggaran ringan seperti komentar yang tidak pantas atau kata-kata kotor atau pelanggaran yang lebih serius seperti kejahatan dan kekerasan. 

9. Tidak terpengaruh dan tidak takut akan konsekuensi

Sementara kebanyakan orang yang terlibat dalam perilaku kriminal hidup dalam ketakutan akan tertangkap, psikopat tidak selalu memiliki ketakutan yang sama. Hal ini sebagian dapat dijelaskan oleh fakta bahwa psikopat diyakini memiliki kelainan di area otak yang menghasilkan respons rasa takut yang normal.

10. Sikap terpisah, dingin & tidak berperasaan

Para peneliti percaya bahwa psikopat tidak memiliki rangkaian emosi yang sama dengan orang normal, itulah sebabnya mereka sering menunjukkan sikap dingin, tidak berperasaan, dan apatis. Perbedaan struktur otak mereka diyakini membatasi kemampuan mereka, untuk mengalami rentang emosi manusia yang normal, membuat mereka cenderung tidak mengalami emosi yang kuat.

11. Sejarah masalah perilaku anak

Gangguan kepribadian antisosial dapat didiagnosis hanya setelah usia 18 tahun, tetapi tanda dan gejalanya biasanya dimulai pada masa kanak-kanak atau remaja awal. Sebagian besar psikopat menunjukkan tanda-tanda gangguan perilaku sebelum usia 15 tahun, dan psikopat yang paling parah mungkin dapat melacaknya.

13. Eksploitasi orang lain untuk keuntungan pribadi

Seorang psikopat akan menggunakan, menyalahgunakan, dan mengeksploitasi orang lain, terutama jika itu berarti mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Dalam pengejaran mereka akan kekuasaan, kekayaan, ketenaran, dan sebagainya, tidak ada jarak yang tidak akan mereka tempuh untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. 

14. Perencanaan yang dihitung & strategis

Sementara sosiopat lebih didorong oleh emosi, seorang psikopat lebih berkepala dingin dan diperhitungkan dalam pengambilan keputusan mereka. Beberapa psikopat menyusun rencana terperinci tentang cara menipu, mengeksploitasi, atau memanfaatkan orang yang secara alami murah hati, baik hati, dan percaya. 

5 dari 5 halaman

Perbedaan Psikopat, Sosiopati, dan Gangguan Kepribadian Antisosial

Individu yang memiliki kepribadian antisosial, akan memiliki sejarah dan kombinasi sifat yang berbeda. Sehingga perilaku buruk mereka, dapat bervariasi dalam sifat dan tingkat keparahan. Terminologi yang digunakan untuk menggambarkan orang semacam itu, bisa menjadi sedikit rumit. Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM) tidak menggunakan "psikopat" atau "sosiopat" sebagai istilah diagnostik, oleh sebab itu deskripsi ini paling dekat terwakili dalam DSM oleh kondisi yang disebut gangguan kepribadian antisosial (ASPD).

- Perbedaan antara psikopat dan sosiopat

Istilah "psikopat" dan "sosiopat" memang sering digunakan secara bergantian, tetapi "sosiopat" mengacu pada seseorang dengan kecenderungan antisosial yang dianggap berasal dari faktor sosial atau lingkungan, sedangkan sifat psikopat dianggap lebih bawaan. Adapun penyebab genetik dan non-genetik, kemungkinan besar berperan dalam membentuk seseorang dengan sifat antisosial.

- Perbedaan antara psikopati dan gangguan kepribadian antisosial

Gangguan kepribadian antisosial tumpang tindih dengan psikopati, tetapi kondisinya tidak sama. Seseorang dapat memenuhi kriteria untuk gangguan kepribadian antisosial, yang sebagian besar berfokus pada perilaku antisosial. Tanpa menunjukkan ciri-ciri inti yang terkait dengan psikopati, psikopat diperkirakan hanya terdiri dari sebagian kecil orang dengan gangguan kepribadian antisosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.