Sukses

PT Wilmar Nabati Indonesia, Sejarah, dan Produk-produknya

PT Wilmar Nabati Indonesia adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bawah pengelolaan Wilmar International Group.

Liputan6.com, Jakarta PT Wilmar Nabati Indonesia dikenal sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang pengolahan minyak sawit.  Tidak heran perusahan ini memiliki sejumlah perkebunan yang tersebar di seluruh Indonesia.

PT Wilmar Nabati Indonesia merupakan perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia. Perkebunan perusahaan ini terdapat di Sumatera, Kalimantan Barat, dan juga di Kalimantan Tengah. Perusahaan ini bahkan mengoperasikan sekitar 160 pabrik dan mempekerjakan sekita 67.000 karyawan di berbagai negara.

PT Wilmar Nabati Indonesia adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bawah pengelolaan Wilmar International Group. Perusahaan ini tidak hanya memiliki perkebunan kelapa sawit, tetap juga pabrik pengolahan sawit dari perkebunannya sendiri dan perkebunan sekitarnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi Wilmar International, Kamis (8/12/2022) tentang PT Wilmar Nabati Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Wilmar Nabati Indonesia

PT Wilmar Nabati Indonesia perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini bergerak dalam bidang perkebunan di bawah naungan pengelolaan Wilmar International Group. PT Wilmar Nabati Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam jasa pengolahan minyak mentah kelapa sawit. Perusahaan ini menjadi salah satu industri pengolahan minyak sawit terbesar di Indonesia.

PT Wilmar Nabati Indonesia memiliki banyak perkebunan yang tersebar di seluruh Indonesia. Perkebunan perusahaan ini terdapat di pulau Sumatera, Kalimantan Barat, dan juga di Kalimantan Tengah. Sebagai perusahan pengelola perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia, perusahaan ini bahkan mengoperasikan sekitar 160 pabrik dan mempekerjakan sekitar 67.000 karyawan di berbagai negara. Produksinya berfokus di Indonesia, Malaysia, China, India, dan Eropa.

Perusahaan ini tidak hanya memiliki perkebunan kelapa sawit, tetap juga pabrik pengolahan sawit dari perkebunannya sendiri dan perkebunan sekitarnya. PT Wilmar Nabati Indonesia merupakan anak perusahaan dari Wilmar International yang terkemuka tidak hanya di Indonesia, namun juga di Asia.

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Wilmar Nabati Indonesia

Wilmar International Limited sebagai induk dari PT Wilmar Nabati Indonesia, didirikan pada tahun 1991 dan berkantor pusat di Singapura. Perusahaan ini merupakan grup agribisnis terkemuka di Asia. Wilmar merupakan salah satu perusahaan terbuka terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar di Singapore Exchange.

Inti dari strategi Wilmar adalah model agribisnis terintegrasi yang mencakup seluruh rantai nilai bisnis komoditas pertanian. Hal ini mulai dari budidaya dan penggilingan minyak kelapa sawit dan tebu, hingga pemrosesan, branding, dan distribusi berbagai produk makanan yang dapat dimakan oleh konsumen, kemasan medium dan curah, hingga pakan ternak dan produk pertanian industri seperti oleokimia dan biodiesel.

Perusahaan ini memiliki lebih dari 500 pabrik manufaktur dan jaringan distribusi yang luas, yang mencakup Cina, India, india, dan sekitar 50 negara dan wilayah lainnya. Melalui skala, integrasi, dan keuntungan logistik dari model bisnisnya, Wilmar mampu mengambil margin di setiap langkah rantai nilai, sehingga menuai sinergi operasional dan efisiensi biaya. Didukung oleh tenaga kerja multinasional sekitar 100.000 orang, Wilmar menerapkan keberlanjutan dalam operasi global, rantai pasokan, dan komunitasnya.

4 dari 4 halaman

Produk Wilmar International

Wilmar International sebagai induk dari perusahaan PT Wilmar Nabati Indonesia bergerak dalam bidang budidaya kelapa sawit, penghancuran biji minyak, penyulingan minyak nabati, penggilingan dan penyulingan gula, pembuatan produk konsumen, lemak khusus, oleokimia, biodiesel dan pupuk, serta penggilingan tepung dan beras.

Produk Wilmar International sebagai induk dari perusahaan PT Wilmar Nabati Indonesia pada food products terdiri dari pengolahan, branding, dan distribusi berbagai produk makanan yang dapat dimakan, termasuk minyak nabati yang diproduksi dari kelapa sawit dan biji minyak, gula, tepung, beras, mie, lemak khusus, makanan ringan, roti, susu, protein kedelai, pati dan pemanis. Produk makanan ini dijual dalam kemasan konsumen dan menengah atau dalam jumlah besar tergantung pada kebutuhan pelanggan. Portofolio global produk konsumen dari PT Wilmar Nabati Indonesia yang beragam mencakup minyak nabati, beras, tepung terigu, mi, saus, bumbu, margarin, gula, cokelat, dan protein nabati.

Sementara itu, produk Wilmar International sebagai induk dari perusahaan PT Wilmar Nabati Indonesia pada feed and industrial products terdiri dari pengolahan, perdagangan, dan distribusi produk, yang meliputi pakan ternak, produk kelapa sawit dan laurat yang tidak dapat dimakan, komoditas pertanian, oleokimia, minyak gas dan biodiesel. Produk Wilmar International sebagai induk dari perusahaan PT Wilmar Nabati Indonesia pada bidang plantation terdiri dari perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia.

Selain itu, Wilmar International sebagai induk PT Wilmar Nabati Indonesia juga memiliki armada kapal curah cair dan kering. Hal ini berguna untuk meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi operasi logistik perusahaan. Armada ini memberikan dukungan sebagian untuk kebutuhan pengiriman total, dan sisanya dipenuhi oleh kapal pihak ketiga yang menyewa. Wilmar International sebagai induk PT Wilmar Nabati Indonesia juga menyediakan fasilitsi research di setiap lokasinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.