Sukses

7 Penyebab Tumbuh Uban di Usia Muda, Lengkap Cara Pencegahannya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab tumbuh uban di usia muda penting untuk diketahui. Mengingat uban atau rambut putih yang tumbuh dalam jumlah banyak pada rambut anak muda akan mengganggu penampilan dan menurunkan rasa kepercayaan diri.

Penyebab tumbuh uban di usia muda dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik genetik hingga pola hidup yang kurang sehat. Dikutip laman Healthline, uban muncul karena kehilangan melanosit atau sel pigmen di folikel rambut. 

Biasanya uban pada rambut dapat muncul ketika seseorang menginjak usia 40 tahun ke atas. Namun, ada beberapa kasus, uban atau rambut putih dapat muncul di usia muda. Dengan mengetahui penyebab tumbuh uban di usia muda dapat membantu mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai penyebab tumbuh uban di usia muda yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penyebab Tumbuh Uban di Usia Muda

1. Genetik

Penyebab tumbuh uban di usia muda yang pertama adalah faktor genetik. Hal ini bisa terjadi bagi sebagian orang, bisa jadi faktor ini bisa karena keturunan dari orang tua atau kakek. Faktor genetik tidak dapat dirubah, namun kamu bisa mengatasi rambut beruban di usia muda dengan mewarnai rambut.

2. Merokok

Merokok dapat mempercepat perubahan warna dan membuat rambut jadi lebih cepat beruban. Hal itu diungkapkan dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2013 dan dipublikasikan di Indian Dermatology Online Journal. 

Dalam studi itu, ada 207 peserta dan perokok yang merokok 1-70 batang per tahun, berusia 18-65 tahun. Setelah melewati beberapa rangkaian proses studi diketahui paling banyak uban muncul pada usia 31 tahun dan seperempatnya beruban di usia 25 tahun. 

3. Stres

Stres ternyata juga dapat menyebabkan rambutmu lebih cepat mengalami perubahan warna. Itu terjadi karena ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh. Alhasil, jaringan dan protein dalam tubuh rusak. Pakar Kesehatan dari Arizona, Kasey Nichols menjelaskan bahwa peningkatan orang beruban, 10 persennya adalah mereka yang berusia 30 tahunan.

4. Kurang Vitamin

Selain kurang antioksidan, tubuhmu ternyata kraung asam lemak Omega-3, vitamin B12, dan vitamin B6. Selain itu, faktor lain yang berkontribusi terhadap munculnya uban lebih cepat karena rambut kurang protein, tembaga, dan zink. 

Kamu bisa mengatasi pertumbuhan uban pada rambut di usia dini dengan rutin membersihkan rambut dengan shampo dan kondisioner yang terbaik vitamin E, Pro-V, dan antioksidan di dalamnya dapat membantu menjaga hitam alami rambut dan merawat rambut dari kerusakan UV. 

3 dari 4 halaman

Penyebab Tumbuh Uban di Usia Muda

5. Penyakit Autoimun

Mengutip dari Healthline, penyakit autoimun dapat menyebabkan seseorang mengalami pertumbuhan uban di rambutnya dalam usia dini. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Dalam kasus alopecia dan vitiligo, sistem kekebalan tubuh dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

6. Gangguan Tiroid

Dikutip dari Healthline, penyebab tumbuh uban di usia muda yang berikutnya karena gangguan tiroid. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher kamu. Ini membantu mengontrol banyak fungsi tubuh seperti metabolisme. Kesehatan tiroid kamu juga dapat mempengaruhi warna rambut kamu, hal ini terjadi karena tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin.

7. Hormon

Selain faktor genetik, uban di usia mudah juga bisa disebabkan karena perbuahan hormon. Rambut bisa berkurang teksturnya, kerapatannya, dan warnanya seiring waktu berjalan karena adanya perubahan hormon. Proses ini umumnya mulai terjadi saat mencapai usia 30 tahun. Mulai pada usia tersebut, akan terlihat perbedaan yang cukup kentara pada warna rambut.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda

Pertumbuhan rambut beruban di usia muda dapat dicegah dengan mengubah pola hidup sehat. Namun, apabila penyebab tumbuh uban di usia muda adalah faktor genetik, maka tidak bisa dicegah dengan cara apapun.

Ada beberapa cara mencegah terjadinya pertumbuhan rambut beruban di usia muda, yakni:

1. Menjalani terapi dan konsumsi vitamin

Apabila masalah tiroid menjadi salah satu penyebab uban tumbuh di usia muda, kamu bisa menjalani terapi hormon untuk meningkatkan pigmentasi (warna) rambut. Selain itu, kamu perlu menambah vitamin B12 untuk memperbaiki kekurangan vitamin ini dalam tubuh. Kedua cara ini juga dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut dan mengembalikan warna alami Anda.

2. Berhenti merokok

Apabila penyebab munculnya uban di rambutnya pada usia muda adalah kebiasaan merokok. Maka, berhentilah merokok supaya folikel rambut tidak rusak. Selain itu, kamu juga dapat menjaga kesehatan tubuh karena merokok dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan menyebabkan penuaan dini.

3. Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat dan seimbang serta mengambil tindakan proaktif lainnya merupakan salah satu cara mencegah pertumbuhan uban di usia muda. Kamu bisa mengonsumsi sayur dan buah setiap hari untuk membantu mempertahankan pigmentasi yang ada di dalam tubuh.

4. Kelola stres

Cara mencegah pertumbuhan uban di usia muda selanjutnya yakni mengelola stres. Cara mengelola stres yakni dengan muangkan waktu untuk diri sendiri, bersantai, pergi untuk spa, film, belanja, mendengarkan musik, mengunjungi restoran favorit kamu, bertemu teman dan lainnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS