Sukses

PT Wijaya Karya adalah Perusahaan di Bidang Konstruksi, Simak Sejarahnya

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi dan berdiri sejak tahun 1960-an. PT Wijaya Karya atau disingkat WIKA, menjadi persero pada tahun 1972.

Perusahaan di bidang konstruksi ini hasil nasionalisasi dengan perusahaan asal Belanda. PT Wijaya Karya adalah bagian dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Ada enam bidang kegiatan usaha PT Wijaya Karya. Mulai dari konstruksi sipil, konstruksi bangunan gedung, mekanikal elektrikal, industri beton pra cetak, real estate, industri lain, dan kegiatan investasi.

Visi PT Wijaya Karya tahun 2030 adalah menjadi pemimpin dalam investasi berkelanjutan dan EPC (Engineering Procurement Construction) untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil lengkap PT Wijaya Karya, Jumat (2/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

PT Wijaya Karya adalah Perusahaan di Bidang Konstruksi

PT Wijaya Karya adalah perusahaan yang bergerak di bidang kontruksi bangunan milik negara atau BUMN. Persero miliki negara ini memiliki enam bidang kegiatan usaha. Dinas Sosial Bojonegoro menjelaskan enam bidang kegiatan usaha itu meliputi:

1. Kontruksi Sipil

2. Konstruksi Bangunan Gedung

3. Mekanikal Elektrikal

4. Industri Beton Pra cetak

5. Real Estate

6. Industri Lainnya dan Investasi

Sejarah mencatat PT Wijaya Karya adalah perusahaan di bidan kontruksi yang sudah berdiri sejak tahun 1960-an. PT Wijaya Karya adalah perusahaan hasil kerja sama atau nasionalisasi perusahaan asal Belanda bernama Naamloze Vennotschap Technische Handel Maatschappij en Bouwbedijf Vis en Co atau NV Vis en Co.

Nasionalisasi perusahaan PT Wijaya Karya dengan perusahaan asal Belanda ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 1960 dan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) Nomor 5.

PT Wijaya Karya adalah perusahaan konstruksi yang awalnya menjadi pemborong pemasangan jaringan listrik tegangan rendah, menengah, dan tinggi. Sepuluh tahun kemudian, PT Wijaya Karya mulai menjadi perusahaan kontraktor sipil dan bangunan perumahan. Berselang dua tahun kemudian, perusahaan ini resmi berubah menjadi persero.

Ini daftar anak perusahaan yang dinaungi secara langsung oleh PT Wijaya Karya masih melansir dari sumber yang sama:

1. Anak perusahaan PT Wijaya Karya adalah PT Wika Beton Tbk.

2. Anak perusahaan PT Wijaya Karya adalah PT Wika Industri & Konstruksi.

3. Anak perusahaan PT Wijaya Karya adalah PT Wika Bitumen.

4. Anak perusahaan PT Wijaya Karya adalah PT Wika Gedung.

5. Anak perusahaan PT Wijaya Karya adalah PT Wika Rekayasa Konstruksi.

6. Anak perusahaan PT Wijaya Karya adalah PT Wika Realty.

3 dari 4 halaman

Visi dan Misi PT Wijaya Karya

Apa visi dan misi dari PT Wijaya Karya?

Melansir dari situs website resminya WIKA, visi 2030 dari PT Wijaya Karya adalah menjadi pemimpin dalam investasi berkelanjutan dan EPC untuk kualitas hidup yang lebih baik. Kemudian, misi 2030 dari PT Wijaya Karya sebagai berikut:

1. Misi 2030 dari PT Wijaya Karya adalah memberikan layanan dan produk EPC terintegrasi & berkelanjutan berdasarkan prinsip kualitas, keselamatan, kesehatan & lingkungan yang unggul.

2. Misi 2030 dari PT Wijaya Karya adalah memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan melalui portofolio investasi yang cerdas.

3. Misi 2030 dari PT Wijaya Karya adalah menyediakan pengembangan kawasan terpadu untuk kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat.

4. Misi 2030 dari PT Wijaya Karya adalah menyediakan layanan kolaboratif di luar harapan pemangku kepentingan.

5. Misi 2030 dari PT Wijaya Karya adalah membangun jejak di seluruh dunia melalui teknologi inovatif dan canggih.

6. Misi 2030 dari PT Wijaya Karya adalah menerapkan budaya pembelajaran & inovasi untuk mengintensifkan kompetensi global.

7. Misi 2030 dari PT Wijaya Karya adalah meningkatkan nilai lokal atas praktik kepemimpinan untuk membangun kesejahteraan holistik.

Sementara itu, nilai yang dipegang dari PT Wijaya Karya adalah sebagai berikut:

1. Amanah (Terpercaya)

Pegang amanah yang diberikan

2. Kompeten (Kompeten)

Terus belajar dan kembangkan kemampuan

3. Harmonis (Harmonis)

Saling peduli dan menghargai perbedaan

4. Setia (Setia)

Berbakti dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara

5. Adaptif (Adaptif)

Terus berinovasi dan semangat dalam berkendara atau menghadapi perubahan

6. Kolaboratif (Kolaborasi)

Membangun kerjasama yang sinergis

Nilai-nilai yang menjadi prinsip dari PT Wijaya Karya adalah dalam rangka mewujdukan peran BUMN sebagai mesin pertumbuhan ekonomi, pemercepat kesejahteraan sosial, penyedia lapangan kerja, dan penyedia talenta, diperlukan transformasi.

4 dari 4 halaman

Strategi yang Diterapkan PT Wijaya Karya dan Penjelasannya

PT Wijaya Karya adalah perusahaan di bidang konstruksi yang memiliki strategi pasar selektif. Ada pasar dalam negeri dan pasar luar negeri. Melansir dari situs website resminya WIKA, ini strategi yang diterapkan PT Wijaya Karya:

Strategi Pemasaran PT Wijaya Karya

Strategi untuk pasar domestik PT Wijaya Karya adalah memilih proyek-proyek yang berasal dari Pemerintah dengan anggaran yang disesuaikan dan perusahaan swasta yang menawarkan keuntungan lebih baik. Sedangkan untuk pasar luar negeri PT Wijaya Karya, berfokus pada pasar yang sudah ada.

Strategi Keuangan PT Wijaya Karya

Strategi keuangan PT Wijaya Karya difokuskan pada optimalisasi tingkat likuiditas. Strategi ini dapat dicapai melalui Strategi Keuangan Terpusat dan Kebijakan Proyek Pembiayaan Sendiri. Strategi tersebut diharapkan mampu menjaga tingkat likuiditas perusahaan.

Sementara itu, Operational Excellence mengacu pada tiga strategi, sebagai berikut:

1. Pengadaan Terpusat

Pengadaan Terpusat adalah cara substansial untuk mengurangi biaya terutama mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi dan efisiensi pada biaya persediaan.

2. Program Efisiensi

Program Efisiensi dilakukan melalui upaya continuous improvement di setiap proses bisnis, baik untuk biaya barang maupun biaya operasional.

3. Mitigasi Risiko

Mitigasi risiko dilakukan sebagai bagian dari manajemen risiko yang bertujuan untuk meniadakan atau mengurangi tingkat risiko yang dihadapi perusahaan.

Strategi Investasi PT Wijaya Karya

Strategi investasi yang diterapkan adalah melakukan investasi nilai tambah dan keunggulan kompetitif. Strategi nilai tambah dilakukan dengan mengambil keputusan investasi yang tepat dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan terutama dalam hal pengembalian investasi.

Strategi keunggulan kompetitif adalah strategi pemilihan investasi untuk meningkatkan kemampuan sinergi perusahaan untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaingnya.

Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia PT Wijaya Karya

Strategi Pengembangan Human Capital dimulai dari struktur organisasi, utamanya disesuaikan dengan road map pengembangan perusahaan dan pengembangan kompetensi untuk mendukung pertumbuhan Perusahaan. Penerapan prinsip “more for more” dalam menerapkan kebijakan pensiun.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS