Sukses

Disebut Bersejarah, Potret Salat Jumat Pertama Kali di Piala Dunia Ini Viral

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan akbar Piala Dunia 2022 telah dibuka sejak Minggu (20/11/2022). Bertempat di Stadion Al Bayt, Qatar, pertandingan sepak bola empat tahun sekali itu sukses mencuri perhatian masyarakat di penjuru dunia. Apalagi, event ini menjadi pertama kalinya Piala Dunia diselenggarakan di negara Islam.

Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, ratusan penggemar sepak bola, termasuk pemain dan ofisial yang terlibat dalam penyelenggaraan Piala Dunia, terlihat melakukan salat Jumat di Stadion Ahmed bin Ali dan Stadion Al-Thamma. Piala Dunia 2022 di Qatar merupakan edisi pertama di mana negara tuan rumah adalah negara Islam.

Sederet foto dan video yang merekam momen tersebut dibagikan orang-orang di media sosial. Antara lain, laman Twitter @Hassan_alsai dan @nasirmagan. Sesaat setelah dibagikan, unggahanya dengan cepat mencuri perhatian dunia. Banyak warganet yang menggambarkannya sebagai peristiwa bersejarah.

“Di luar stadion Al thumama di Qatar hari ini untuk sholat Jum'at berjamaah. Islam memang indah. Saya punya banyak alasan untuk bangga karena saya seorang Muslim,” tulis pemilik laman Twitter @nasirmagan dalam bahasa Inggris, seperti dikutip Liputan6.com pada Senin (28/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jamaah khidmat dengarkan khotbah

Melalui video dan foto yang beredar di media sosial, umat Islam terlihat berkumpul di lapangan di luar stadion sambil menunggu masuknya waktu salat Jumat. Peziarah juga memenuhi lapangan di dekat stadion.

Dilansir dari The Siasat Daily, di tempat berbeda, khotbah Jumat disampaikan dalam bahasa Inggris di depan Stadion Ahmed Bin Ali, yang menjadi lokasi pertandingan antara Iran dan Wales. Diantara isi yang terkandung dalam khotbah Jumat tersebut adalah menghormati orang tua, mensejahterakan wanita dan menjaga hak-hak pekerja.

"Saya datang ke negara Muslim untuk menghadiri Sholat Jumat. Ini membuat saya sangat senang selama pertandingan ini," ujar seorang fans asal Maroko, dilansir Liputan6.com dari The Siasat Daily, Senin (28/11).

3 dari 3 halaman

Disebut peristiwa bersejarah

Qatar membuat sejarah dengan menjadi negara muslim pertama yang diberikan hak untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola terbesar di dunia.

Bahkan, Qatar juga mencuri perhatian saat memperkenalkan beberapa aturan yang dianggap melanggar tradisi Piala Dunia, termasuk larangan penjualan minuman beralkohol di sekitar stadion.

Potret umat Islam menjalankan ibadah salat Jumat di stadion itu pun mendapat atensi dari warganet. Mereka menyebut pemandangan itu sangat indah dilihat. Tak sedikit pula yang merespons momen tersebut dengan kata pujian untuk Allah SWT sekaligus doa memohon keberkahan dari-Nya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS