Sukses

130 Kata-Kata Mutiara Pendek Tentang Kehidupan Sehari-hari, Bikin Semangat

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan setiap orang memiliki cerita yang berbeda. Ini termasuk tantangan dan pernak-pernik di dalamnya. Kata-kata mutiara pendek tentang kehidupan sehari-hari bisa menggambarkannya.

Sajak-sajak kebijaksanaan dirangkai dengan indah, santai, dan mudah dimengerti dalam kata-kata mutiara pendek tentang kehidupan sehari-hari yang akan diulas kali ini. Tentu saja, bikin semangat hidup membara lagi.

Kata-kata mutiara pendek tentang kehidupan sehari-hari mengajarkan banyak hal hebat yang digambarkan dengan sederhana. Ini tentang bagaimana seharusnya seseorang menjalani kehidupan agar terus bermakna bagi dirinya sendiri.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam kumpulan kata-kata mutiara pendek tentang kehidupan sehari-hari, Senin (28/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Pendek Tentang Kehidupan Sehari-hari

1. Ingat, hari ini adalah hari esok yang kamu khawatirkan kemarin.

2. Jika kamu terlihat seperti foto paspormu, kamu mungkin perlu liburan.

3. Kegagalan itu seperti pupuk; pasti bau, tapi itu membuat segalanya tumbuh lebih cepat di masa depan.

4. Selalu ikuti kata hatimu. Tapi ingat, bawalah otakmu juga.

5. Seiring bertambahnya usia, tiga hal terjadi. Yang pertama adalah ingatanmu pergi, dan kamu tidak dapat mengingat dua lainnya.

6. Hidup itu seperti sebuah acara televisi yang sangat panjang tanpa remote control.

7. Sekali terjatuh, bangunlah, dua kali, tetaplah tegar, jika jatuh lagi juga, makanya kalau jalan pakai mata.

8. Jodoh emang gak kemana tapi saingan di mana mana.

9. Lebih baik ditertawakan karena belum menikah daripada tak bisa tertawa setelah menikah.

10. Pepatah bijak berkata tidak akan pernah ada kata terlambat untuk belajar. Berarti belajar mencintai pacar orang juga masih bisa.

11. Jika kamu merasa kesepian, matikan lampu dan tontonlah film horor. Maka kamu tidak akan merasakan kesepian lagi.

12. Matamu itu kayak lampu merah, membuatku berhenti setiap kali melihatnya.

13. Kalo naik motor sama kamu pasti ditilang polisi deh. Soalnya kita selalu bertiga, aku, kamu, dan cinta.

14. Kangenku ke kamu itu kayak bus Sumber Kencono. Makin malam, makin ugal-ugalan.

15. Orang sering mengatakan bahwa motivasi tidak bertahan lama. Yah, sama juga seperti mandi. Itu sebabnya kita memerlukannya setiap hari.

16. Kamu mungkin bisa menunda, tapi waktu tidak akan menunggu.

17. Aku selalu ingin menjadi seseorang, tetapi sekarang aku menyadari bahwa aku seharusnya lebih spesifik.

18. Yang kamu butuhkan dalam hidup ini adalah ketidaktahuan dan kepercayaan diri, dan kesuksesan itu pasti.

19. Aku mencoba melamun, tapi pikiranku terus mengembara.

20. Jangan membenci masa lalumu, karena ia berada di belakang dan engkau sudah melaluinya.

21. Jika kamu terlalu berpikiran terbuka; otakmu akan jatuh.

22. Peluang tidak mengetuk, itu muncul dengan sendirinya ketika kamu mendobrak pintu.

23. Hati memiliki nalarnya sendiri, sedangkan nalar tak memiliki hati.

24. Jadilah seperti nanas. Berdiri tegak, mengenakan mahkota, dan manis di dalamnya.

25. Aku tidak suka kekerasan. Tapi tidak masalah kalau aku dipukul dengan keberuntungan.

26. Otakku seperti Segitiga Bermuda. Informasi masuk dan kemudian mereka tak bisa ditemukan lagi.

27. Uang memang tak menjamin kebahagiaan seseorang. Tapi kalau tak punya uang, kebahagiaanmu lebih tak terjamin lagi.

28. Saat hidup menutup pintu untukmu, buka lagi saja. Itu hanya pintu, itulah cara kerjanya.

29. Kita belajar dari pengalaman bahwa manusia tidak pernah belajar apa pun dari pengalaman.

30. Pembenci hanyalah pengagum yang bingung karena mereka tidak tahu alasan mengapa semua orang mencintaimu.

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Pendek Tentang Kehidupan Sehari-hari

1. Kesempatan emas yang kamu cari ada di dalam dirimu. - Orison Sweet Marden

2. Mimpi adalah ilustrasi dari buku yang ditulis jiwamu tentangmu. - Marsha Norman

3. Hidup bukan tentang menemukan dirimu sendiri. Hidup adalah tentang menciptakan diri sendiri. - George Bernard Shaw

4. Tindakan adalah kunci dasar untuk semua kesuksesan. - Pablo Picasso

5. Segala yang dapat kamu bayangkan adalah nyata. - Pablo Picasso

6. Bermimpilah besar dan berani gagal.

7. Jangan takut berjalan lambat, takutlah jika hanya berdiri diam.

8. Tak peduli bagaimana kerasnya kehidupanmu di masa lalu, kamu selalu bisa memulainya lagi. – Buddha

9. Hidup itu seperti mengendarai sebuah sepeda. Untuk menjaga keseimbangan, kamu harus terus bergerak. - Albert Einstein

10. Kata bahagia akan kehilangan artinya kalau tidak diseimbangkan dengan kesedihan. - Carl Jung

11. Jika kamu kehilangan seseorang, tapi menemukan dirimu yang sebenarnya, kamu menang. - Paulo Coelho

12. Berubah memang berat pada awalnya, kacau di tengah-tengahnya, dan sangat indah pada akhirnya. - Robin Sharma

13. Jika pikiran berpikir dengan sikap percaya, seseorang dapat melakukan hal-hal menakjubkan. - Norman Vincent Peale

14. Kamu tidak pernah terlalu tua untuk menetapkan tujuan lain atau untuk memimpikan impian baru. - C. S. Lewis

15. Masa depan adalah milik mereka yang percaya pada keindahan impian mereka. - Eleanor Roosevelt

16. Kau tidak akan pernah bisa merencanakan masa depan di masa lalu. - Edmund Burke

17. Jika kapalmu tidak kunjung datang, berenanglah. - Jonathan Winters

18. Ada banyak cara untuk maju, tetapi hanya satu cara untuk diam.

19. Jangan menyesali masa lalu, belajarlah darinya.

20. Tidak ada yang bisa membuatmu merasa rendah diri tanpa seizinmu. - Eleanor Roosevelt

21. Aku tidak takut badai, karena aku belajar berlayar dengan kapalku. - Louisa May Alcott

22. Kebanyakan rintangan mencair ketika kita memutuskan untuk berjalan dengan berani melewati mereka. - Orison Swett Marden

23. Cara terbaik untuk mempersiapkan kehidupan adalah mulai hidup. - Elbert Hubbard

24. Jika kita semua melakukan hal-hal yang mampu kita lakukan, kita akan benar-benar mengejutkan diri kita sendiri. - Thomas Edison

25. Belajar dari hari kemarin, hidup untuk hari ini, berharap untuk besok.

26. Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu. - Ali bin Abi Thalib

27. Cinta adalah perbuatan. Kata kata dan tulisan indah adalah omong kosong. - Tere Liye

28. Sebelum menjadi kupu kupu yang indah, betapa banyak waktu yang harus dilaluinya dalam kepompong. - Aiman Bagea

29. Nasib memang diserahkan kepada manusia untuk digarap, tetapi takdir harus ditandatangani di atas materai dan tidak boleh digugat kalau nanti terjadi apa apa, baik atau buruk. - Sapardi Djoko Damono

30. Sebab hidup terlalu singkat untuk membiarkan orang lain menentukan apa yang membuat kita bahagia. - Ernest Prakasa

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Pendek Tentang Kehidupan Sehari-hari

1. Jangan terpesona dengan kehidupanmu di dunia sehingga meninggalkan kehidupan akhirat. (Imam Syafi’i)

2. Sebelum menendang, perlu engkau sadari bahwa engkau akan berdiri dengan satu kaki saja. (Achmad Mustofa Bisri)

3. Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu. (Ali bin Abi Thalib)

4. Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu. (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

5. Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain. (Jalaludin Rumi)

6. Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati. (Ali bin Husein)

7. Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam. (Abu Hamid Al Ghazali)

8. Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik. (Ali bin Abi Thalib)

9. Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu. (Ali bin Abi Thalib)

10. Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu. (Imam An Nawawi)

11. Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu. (Imam Asy Syafi’i)

12. Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang. (Ali bin Abi Thalib)

13. Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan. (Amr ibn Abdullah)

14. Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. (QS Al Insyirah 5)

15. Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita. (QS At Taubah 40)

16. Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. QS Az-Zalzalah: 7

17. Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula. (QS An Nuur 26)

18. Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS Al-Baqarah 216)

19. Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih. (HR. Bukhari)

20. Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan. (HR. Ibnu Majah)

21. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan. – (Q.S Yunus: 56)

22. Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui. (Q.S al-Ankabut 64)

23. Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan. (QS. Asy-Syuura: 43)

24. Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran. (HR. Ahmad)

25. Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih. – QS. Ibrahim: 7

26. Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. – Nabi Muhammad SAW

27. Sebelum menendang, perlu engkau sadari bahwa engkau akan berdiri dengan satu kaki saja. – Achmad Mustofa Bisri.

28. Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu. (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

29. Sebelum menendang, perlu engkau sadari bahwa engkau akan berdiri dengan satu kaki saja. -Achmad Mustofa Bisri

30. Lebih baik kehilangan sesuatu demi Tuhan. Daripada kehilangan Tuhan demi sesuatu. -Mufti Menk

31. Dia yang menciptakan mata nyamuk adalah Dzat yang menciptakan matahari. -Berdiuzzaman Said Nursi

32. Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang kamu benci. -Imam Ghazali

33. Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup. -Aa Gym

34. Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian taqdir dari Allah dengan senang hati. -Ali bin Husein

35. Dosaku sangat membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar. -Imam Syafii

36. Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya: hidup di tepi jalan dan dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah. -Abu Bakar Sibli

37. Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan. (Salim A. Fillah)

38. Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan. (Buya Hamka)

39. Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu. (Imam An Nawawi)

40. Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu. (Imam Asy Syafi’i)

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Pendek Tentang Kehidupan Sehari-hari

1. Sering kali, kita tidak pernah menyadari bahwa hal-hal sederhana pun mampu membuat kita bahagia.

2. Mulailah harimu dengan penuh keyakinan dan pemikiran yang positif.

3. Hidup memang keras. Jadi, kamu harus lebih kuat dan lebih keras agar dapat menaklukkannya.

4. Saat satu pintu tertutup, pintu yang lainnya akan terbuka. Tapi, terkadang, kita terlalu lama terpaku di depan pintu tertutup itu sehingga kita tidak melihat kalau pintu lainnya sudah dibukakan untuk kita. - Alexander Graham Bell

5. Lebih indah hidup sederhana, tapi apa adanya daripada hidup mewah dengan utang di mana-mana.

6. Jangan takut berjalan lambat, takutlah jika hanya berdiri diam.

7. Berhentilah mencari seseorang yang sempurna. Carilah ia yang mencintaimu apa adanya dan membuatmu merasa sempurna.

8. Jangan pernah memandang rendah dirimu sendiri. Bagi dunia kamu mungkin hanya seseorang, tapi bagi seseorang kamu mungkin dunianya.

9. Jangan awali hari dengan penyesalan hari kemarin karena akan mengganggu hebatnya hari ini dan akan merusak indahnya hari esok.

10. Bergembira tatkala mendapatkan buah durian segar yang jatuh dari pohonnya adalah sesuatu yang lumrah. Namun, bergembira tatkala mendapatkan buah durian busuk dari tetangga adalah hal yang luar biasa.

11. Dia yang mengeluh adalah dia yang tak pernah bisa bersyukur, padahal tanpa ia sadari, karunia dari Tuhan telah ia nikmati setiap hari.

12. Berhentilah mengkhawatirkan masa depan, syukurilah hari ini, dan hiduplah dengan sebaik-baiknya. - Mario Teguh

13. Kesalahan terbesar yang dibuat manusia dalam kehidupannya adalah terus-menerus merasa takut bahwa mereka akan melakukan kesalahan.

14. Hanya ada dua cara menjalani kehidupan kita. Pertama adalah seolah tidak ada keajaiban. Kedua adalah seolah segala sesuatu adalah keajaiban.

15. Hidup itu bukan soal menemukan diri sendiri, hidup itu membentuk diri kita sendiri.

16. Kehidupan adalah 10 persen apa yang terjadi pada kita dan 90 persen adalah bagaimana kita meresponsnya.

17. Uang memang tak menjamin kebahagian seseorang. Tapi, kalau tak punya uang, kebahagiaanmu lebih tak terjamin lagi.

18. Hidup yang baik adalah hidup yang diinspirasi oleh cinta dan dipandu oleh ilmu pengetahuan.

19. Keindahan hidup tidak ditentukan oleh seberapa bahagianya dirimu, tapi oleh seberapa bahagianya orang lain karena kehidupanmu.

20. Nilai utama dari suatu kehidupan bukanlah apa yang didapat, tapi apa yang dilakukan.

21. Kerjakan apa yang menurutmu bermanfaat bagi masa depanmu dan tinggalkan segala hal yang merugikan bagimu.

22. Hidup itu pilihan, maka pilihlah sahabat yang dapat membawamu ke dalam kebaikan.

23. Kadang tanpa disadari kita mengeluh, menggerutu, dan mencaci keadaan yang sedang kita alami. Teramat sering kita menghakimi diri sendiri. Padahal, sikap tersebutlah yang ternyata menambah beban menjadi makin berat saja.

24. Belajarlah menjadi teman terbaik bagi diri sendiri, jangan sampai kamu menjadi musuh terburuk dirimu sendiri.

25. Terkadang hidup memakai hukum rimba, yang terkuat dialah yang menang dan berkuasa. Padahal, kenyataannya, yang terkuat adalah dia yang mampu mengalahkan dirinya sendiri.

26. Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya.

27. Hidup terlalu singkat jika hanya menyesal. Hidup hanya sekali, namun jika digunakan dengan baik, sekali saja cukup.

28. Jangan tangisi kesalahan, tapi tersenyumlah karena setiap kesalahan mengajarkanmu agar berupaya lebih baik lagi.

29. Bahagia itu sederhana; mensyukuri, mencintai dan menjaga apa yang kita miliki.

30. Anda harus bersyukur atas perjalanan hidup. Anda hanya membuat perjalanan ini sekali dalam waktu hidup Anda.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS