Sukses

6 Cara Memilih Tempat Duduk Kereta Api Ekonomi agar Pemandangan Tidak Mundur

Liputan6.com, Jakarta Kereta api memang moda transportasi umum yang cukup populer. Selain karena harga tiketnya yang relatif lebih murah, sekarang kondisi gerbong kereta api menjadi jauh lebih nyaman. Apalagi sekarang setiap gerbong dilengkapi AC. Hanya saja, posisi tempat duduk di gerbong ekonomi beberapa di antaranya dinilai kurang nyaman. Oleh karena itu, ketika memesan tiket, seseorang memungkinkan untuk memilih tempat duduknya sendiri.

Saat memesan tiket kereta api, khususnya yang kelas ekonomi, kita bisa memilih tempat duduk sendiri yang masih tersedia. Hanya saja, dengan posisi tempat duduk sebagian menghadap ke depan, dan sebagian ke belakang, kita bisa mendapatkan tempat duduk yang menghadap tidak searah dengan laju kereta, sehingga seolah-olah kita berjalan mundur.

Bagi sebagian orang, selama sampai ke tujuan, tidak masalah mau duduk di mana saja. Namun beberapa orang merasa posisi duduk sangat memengaruhi kenyamanan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas cara memilih tempat duduk kereta api ekonomi agar tidak mundur.

Tantu ada beberapa cara memilih tempat duduk kereta api ekonomi agar tidak mundur. Apalagi jika kita memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, kita dapat melihat daftar tempat duduk yang masih tersedia dan melihat posisinya.

Namun hal itu tidak cukup untuk menentukan apakah tempat duduk yang kita pilih akan menghadap searah dengan laju kereta api atau justru mundur. Salah satu cara memilih tempat duduk kereta api ekonomi agar tidak mundur adalah dengan mengetahui ke arah mana kereta api akan melaju. Berikut adalah sejumlah cara untuk memilih tempat duduk kereta ekonomi agar tidak mundur, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Memilih Tempat Duduk Kereta Api Ekonomi

1. Jika Kereta Melaju ke Arah Timur

Cara memilih tempat duduk kereta api agar tidak mundur adalah mengetahui arah laju kereta api. Misalnya kereta api melaju dari barat ke Timur, misalnya Dharmawangsa yang berangkat dari Stasiun Karawang menuju Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Formasi kursi di kereta Dharmawangsa adalah 2 kursi di sebelah kanan, dan 3 kursi di sebelah kiri. Dengan formasi kursi seperti itu, dan kereta berangkat dari barat dan melaju ke arah timur, maka cara memilih tempat duduk kereta ekonomi agar tidak mundur adalah dengan memilih kursi dengan nomor ganjil, 1, 3, 5, dan seterusnya.

2. Jika Kereta Melaju ke Arah Barat

Sebaliknya, jika kereta api melaju ke arah Barat, maka cara memilih tempat duduk kereta ekonomi agar tidak mundur adalah dengan memilih nomor tempat duduk genap.

3 dari 4 halaman

Cara Memilih Tempat Duduk Kereta Api Ekonomi

3. Jika Gerbong Memiliki Formasi Kursi 2-2

Umumnya gerbong kereta ekonomi memiliki formasi kursi dua di sisi kanan, dan 3 di sisi kiri. Namun ada pula gerbong yang memiliki formasi kursi 2-2. Misalnya saja pada gerbong kereta api Jayabaya, formasi kursinya ialah 2 kursi sebelah kiri dan 2 kursi sebelah kanan.

Meski formasi gerbongnya berbeda, cara memilih tempat duduk kereta api ekonomi agar tidak mundur, caranya kurang lebih sama dengan gerbong dengan formasi 2-3. Namun penting untuk diperhatikan untuk mengetahui ke arah mana kereta api melaju, apakah ke arah Barat atau ke Timur.

4. Formasi Kursi Terbalik

Kadang ada kasus-kasus tertentu di mana posisi gerbong bisa terbalik, di mana sisi kiri terdapat tiga tempat duduk, sedangkan di sisi kanan ada dua tempat duduk. Padahal jika mengacu pada denah kursi di aplikasi KAI Access, adalah sebaliknya.

Hal ini cukup sering terjadi. Oleh karena itu, untuk lebih aman, cara memilih tempat duduk kereta ekonomi agar tidak mundur adalah dengan memilih tempat duduk yang berhadapan. Sehingga meskipun kursi yang didapat tidak sesuai (menghadap ke belakang), maka kursi yang 1 nya lagi sesuai yang kita inginkan.

Tentu saja ini tidak bisa dilakukan jika hanya pergi sendiri, dan hanya memesan satu tiket saja. Namun cara ini bisa dilakukan jika dilakukan bersama rombongan.

4 dari 4 halaman

Cara Memilih Tempat Duduk Kereta Api Ekonomi

5. Cara Memilih Kursi yang Berhadapan

Karena salah satu solusi agar bisa mendapatkan tempat duduk yang searah dengan laju kereta adalah dengan memilih kursi yang berhadapan, penting juga untuk mengetahui cara memilih tempat duduk kereta ekonomi yang berhadapan. Adapun tempat duduk kereta ekonomi yang berhadapan antara lain adalah 24 dan 23; 22 dan 21; 20 dan 19; dan seterusnya.

6. Beli Tiket secara Online

Cara memilih tempat duduk kereta api ekonomi agar tidak mundur hanya bisa dilakukan jika Anda memesan tiket secara online. Kalau bisa memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, ketersediaan tempat duduk yang dapat dipilih masih banyak karena belum dipesan oleh calon penumpang lain. Anda bisa memesan tiket secara online melalui Online Travel Agent (OTA) atau aplikasi KAI Access.

Selain dapat memilih tempat duduk, jika beruntung, membeli tiket online melalui OTA atau KAI Access bisa mendapatkan potongan harga.

Demikian adalah sejumlah tips dan cara memilih tempat duduk kereta api ekonomi agar tidak mundur, sehingga perjalanan akan menjadi lebih nyaman.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS