Sukses

4 Cara Cek Shutter Count Canon, Bisa Pakai PC atau Ponsel

Cara cek shutter count penting untuk diketahui bagi kamu yang mau membeli atau menjual kamera digital bekas.

Liputan6.com, Jakarta Cara cek shutter count Canon dan kamera merek lain bisa dibilang cukup mudah. Cara cek shutter count penting untuk diketahui bagi kamu yang mau membeli atau menjual kamera digital bekas. Sebab, selain kondisi kamera, jumlah shutter count merupakan salah satu aspek yang dapat memengaruhi harga kamera bekas.

Dari jumlah shutter count, kita dapat mengetahui usia kamera dan seberapa sering kamera DSLR telah digunakan. Shutter count adalah angka yang menunjukkan berapa kali tombol shutter pada kamera DSLR ditekan. Angka ini penting karena kamera digital memiliki batas di mana tombol tersebut bisa berfungsi optimal.

Semakin banyak jumlah shutter count, maka semakin tua pula usia kamera digital. Dengan kata lain, fungsi dari tombol shutter di kamera tersebut sudah semakin menurun. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli kamera, terutama kamera bekas, penting untuk mengetahui cara cek shutter count canon dan kamera digital merek lain.

Cara cek shutter count Canon sebenarnya cukup mudah. Namun kamu perlu menginstal aplikasi terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara cek shutter count Canon dan kamera merek lain? Berikut penjelasannya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (19/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Expected Shutter Life

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setipak kamera memiliki batas maksimum shutter count, yang menjadi perkiraan bahwa kamera tersebut akan terus berfungsi optimal. Bahkan, meski kamera digital diproduksi oleh merek yang sama, batas maksimal shutter count bisa berbeda-beda. Batas maksimal ini disebut Expected Shutter Life.

Berikut adalah Expected Shutter Life dari beberapa seri kamera DSLR merek Canon:

a. Canon EOS R5 - 500,000

b. Canon EOS R6 - 300,000

c. Canon EOS R - 200,000

d. Canon EOS RP - 150,000

e. Canon EOS 5D Mark III - 150,000

f. Canon EOS 1D Mark IV - 300,000

g. Canon EOS 80D - 100,000

Angka-angka tersebut menunjukkan seberapa banyak tombol shutter dapat ditekan hingga fungsinya mulai menurun. Adapun cara cek shutter count Canon adalah sebagai berikut.

3 dari 5 halaman

Manfaat Mengetahui Shutter Count

Bagi seorang fotografer atau seseorang yang menyukai dunia fotografi, wajib mengetahui cara cek shutter Canon atau kamera digital merek lain, karena hal tersebut memiliki banyak kegunaan yang sangat penting.

Dengan mengetahui jumlah shutter count kamera DSLR, kamu bisa mengetahui seberapa sering menggunakan kamera untuk mengambil gambar atau memotret foto. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui usia dari kamera yang kamu miliki, sehingga sangat bermanfaat untuk melihat kondisi kamera tersebut.

Ketika kamu ingin membeli kamera bekas atau baru, jangan lupa melihat shutter count untuk memperkirakan umur kamera, sehingga kamu bisa mempertimbangkannya dengan baik.

4 dari 5 halaman

Cara Cek Shutter Count Canon

Ada sejumlah cara cek shutter count Canon. Kamu bisal melakukannya dengan bantuan perangkat komputer maupun dengan ponsel.

Cara cek shutter count canon di camerashuttercount.com

Shutter count beberapa kamera Canon dapat dilihat dengan menggunakan camerashuttercount.com, berikut langkah-langkahnya:

a. yang pertama ambil satu gambar dengan kamera tersebut.

b. Lalu unggah foto terakhir hasil jepretan dengan foto tersebut ke website.

c. Berdasarkan gambar yang diunggah, website tersebut akan menunjukkan berapa jumlah shutter count.

Cara cek Shutter count Canon dengan  EOS info

Cara cek shutter count Canon juga bisa dilakukan secara offline. Namun kamu harus menginstal aplikasi EOS info di perangkat komputer. Setelah terinstal, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Hubungkan kamera DSLR anda ke laptop/komputer

b. buka aplikasi yang telah diunduh

c. lalu klik success pada windows

d. klik ok, maka kita akan mendapatkan hasilnya.

 

5 dari 5 halaman

Cara cek Shutter count Canon dengan EXIF Viewer Online

EXIF Viewer Online adalah sebuah website yang memiliki fitur untuk memeriksa shutter count sebuah kamera digital. Website ini memiliki cara kerja yang sama seperti camerashuttercount.com, langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Ambil satu gambar.

b. Kunjungi website exif terlebih dahulu di exifdata.com. Akan lebih bagus jika kamu menggunakan Google Chrome.

c. Klik Choose File, lalu pilih foto yang terakhir diambil.

d. Klik View Image Data, jangan lupa klik

e. Checklist Box Recaptcha

f. Tunggu proses unggah foto terlebih dahulu. Semakin besar ukuran datanya, proses unggah akan berjalan cukup lama.

g. Cek jumlah shutter count.

Cara Cek Shutter Count Canon dengan Ponsel

Kamu juga bisa memeriksa shutter count kamera Canon dengan menggunakan ponsel. Caranya adalah dengan menginstal Photo EXIF Editor. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dengan ukuran hanya sekitar 8 MB saja. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengecek data EXIF secara cepat.

Secara umum, caranya sama. Yang pertama adalah mengambil foto dengan kamera Canon yang ingin kamu periksa shutter count-nya. Kemudian pindahkan foto tersebut ke ponsel. Buka aplikasi Photo EXIF Editor, lalu upload foto tersebut di aplikasi, dan ikuti petunjuk selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.