Sukses

6 Cara Main Catur dengan Mudah, Pahami Aturan dan Strategi Permainan

Cara main catur yang bisa Anda lakukaan sebagai pemula, yaitu dengan mengetahui aturan dan strategi permainan.

Liputan6.com, Jakarta Catur adalah salah satu permainan kuno yang berasal dari India, di mana papan caturnya memiliki bentuk bujur sangkar yang dibagi menjadi delapan baris, atau peringkat. Hingga saat ini, permainan catur telah masuk dalam cabang olahraga yang sering dikompetisikan, dengan jumlah pemain hanya dua orang. Cara main catur perlu strategi yang mumpuni, dengan tujuan mengalahkan pihak lawan. 

Cara main catur cukup mudah dilakukan oleh pemula, namun jangan menyepelekan permainan ini. Anda dituntut untuk selalu berkonsentrasi, serta berpikir cepat untuk melangkah. Selain mengatur taktik, maka pastikan semua bidak catur dijalankan sesuai dengan perannya. 

Dalam permainan logika ini, terdapat beberapa aturan yang harus disepakati bersama ketika menjalankan bidak catur. Setiap bidak tentu memiliki karakter yang berbeda saat dimainkan, salah satunya raja yang memiliki peranan paling penting dalam permainan. Bidak catur raja bisa Anda gerakkan naik, turun, menyamping, ataupun bahkan diagonal sekalipun untuk mengalahkan pihak lawan.

Berikut ini cara main catur yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/11/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Main Catur

1. Siapkan strategi permainan

Cara main catur yang mudah dilakukan oleh pemain pemula, adalah mempelajari strategi permainan catur. Ketika Anda bermain catur maka sangat penting memiliki kemampuan untuk menyusun serangan. Hal ini tentu saja didukung oleh taktik yang mumpuni, dengan tujuan untuk mengalahkan musuh juga bisa menghadapi serangan secara baik. 

2. Mempelajari aturan permainan 

Cara main catur bagi pemula selain strategi yang dipejari, maka sangat penting bagi Anda untuk tahu tentang aturan dalam permainan. Sebagai pemula ketika melangkah lebih jauh di atas papan catur, maka ada beberapa peraturan bermain catur berdasarkan FIDE (Federation Internationale des Echecs). Salah satunya adalah sebagai pemain, harus bersikap sportif dengan cara tidak boleh menggangu konsentrasi lawan ketika sedang berpikir. 

3. Mengatur papan catur

Cara main catur selain memahami aturan, maka Anda harus bisa mengatur papan catur dengan benar. Mengutip dari laman Chess.com, posisi papan catur yang benar adalah ketika kedua belah pihak memiliki kolom berwarna putih di sudut kanan bawah di sisi mereka. Setelah itu, ketika Anda mengatur buah catur pada baris pertama, bisa meletakkan benteng di kedua ujung sisinya lalu taruhlah kuda di sisi kedua benteng diikuti dengan peluncur. Pastikan ratu ditempatkan di kolom yang sesuai dengan warnanya, dan susunlah pion dibaris yang kedua.

 

3 dari 5 halaman

Cara Main Catur

4. Mempelajari cara gerak bidak catur 

Cara main catur selanjutnya bisa Anda lakukan, dengan mempelajari cara gerak dari bidak catur. Secara umum, bidak tidak bisa digerakkan melewati bidak catur lainnya, kecuali kuda yang bisa melompati bidak. Sebagai pemain, Anda tidak bisa meletakkan atau menggerakkan bidak catur kepetak yang sudah berisi bidak milik Anda yang lain. Hanya bisa menggerakkan bidak catur ke petak yang berisikan bidak catur yang dimilik oleh lawan. 

5. Siapa yang melangkah lebih dulu

Cara main catur berikutnya, adalah dapat menentukan siapa yang melangkah terlebih dahulu untuk memulai pertandingan. Bagi pemain yang mendapatkan bidak warna putih, yang membuat langkah pertama untuk memulai pertandingan. Untuk menentukan pihak yang memainkan bidak dengan warna putih, melempar koin ataupun menebak warna bidak catur yang disembunyikan.

6. Mengetahui akhir dari pertandingan 

Cara main catur selanjutnya setelah menentukan pemain mana yang berhak memulai permainan, maka Anda harus bisa mengetahui akhir dari permainan. Biasanya permainan catur akan berakhir jika salah satu dari pemain ada dalam kondisi skakmat, remis, menyerah, atau bahkan kalah berpacu dengan waktu. 

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Bidak Catur

Setelah mengetahui beberapa cara main catur dengan mudah, maka sebagai pemain Anda perlu mengenali jenis-jenis bidak catur. Terdapat beberapa jenis bidak catur diantaranya:

- Raja

Raja adalah salah satu jenis bidak catur, yang memiliki peranan paling penting dalam permainan. Ketika Anda kalah dalam mengatur strategi, dan raja tertangkap maka permainan akan selesai. Untuk mengarahkan, raja bisa digerakkan naik, turun, menyamping, ataupun bahkan diagonal sekalipun. Namun untuk petak yang terkena "skak" atau petak yang posisinya bisa diserang oleh bidak lawan, maka seorang raja tak bisa melintasi area tersebut. 

- Ratu

Selain raja, maka ratu  merupakan bidak catur yang secara bebas digerakkan ke segala arah. Ratu bisa digerakkan sejauh mungkin selama tidak melewati bidak catur miliknya sendiri. Namun tak bisa digerakkan melompati bidak lawan, dan ratu harus memakan lawan yang ada di jalur yang dilewati. 

- Peluncur

Setiap sisi dari papan catur tentu memiliki dua buah peluncur, dengan petak yang memiliki warna berbeda. Peluncur bisa digerakkan sejauh mungkin, hanya bisa secara diagonal di petak-petak yang berwarna sama. Seperti contoh, peluncur yang berada di petak putih, bisa digerakan ke petak yang berwarna sama begitu juga sebaliknya. 

- Kuda

Kuda merupakan salah satu bidak catur yang memiliki gerakan cukup unik, di mana gerakan yang dilakukan membentuk huruf "L", hingga membentuk sudut 90 derajat. Berbeda dengan bidak yang lain, kuda adalah satu-satunya bidak dalam catur yang bisa digerakkan agar melompati bidak catur yang lainnya.

- Benteng

Benteng adalah bidak catur yang setiap pemain, tentu memiliki dua buah bidak yang akan tempatkan di kedua ujung baris pertama. Untuk pergerakannya, bidak ini bisa digerakkan maju, mundur, ataupun menyamping, akan tetapi tidak bisa melompati bidak catur lainnya.

- Pion

Selanjutnya adalah pion dengan bidak yang memiliki jumlah terbanyak, namun perannya paling lemah dalam catur. Hanya bisa digerakan ke depan, di mana dua petak ke depan hanya pada saat ia digerakkan untuk pertama kalinya. Pion hanya bisa menangkap lawan dengan gerakan diagonal, namun tidak untuk menangkap lawan yang berada tepat di depannya.

5 dari 5 halaman

Strategi Permainan Catur

Setelah cara main catur dan jenis-jenis bidak catur, maka dalam permainan catur Anda perlu beberapa strategi penting, untuk mengalahkan pihak lawan. Berikut 3 strategi mudah yang bisa Anda lakukan, ketika bermain catur. 

- Kuasai pusat papan

Strategi permainan catur, bisa dilakukan dengan menguasai pusat papan, di mana Anda sebagai pemain bisa meposisikan bidak-bidak di papan permainan. Mengendalikan pusat permainan akan sangat membantu Anda, untuk menggerakkan bidak-bidak catur secara lebih leluasa. Hal ini dilakukan dengan tujuan menyulitkan lawan saat membuat gerakan. 

- Lindungi raja

Strategi selanjutnya, Anda bisa melindungi bidak raja saat ingin emenangkan pertandingan. Pastikan agar raja berada di posisi aman, dan terhindar dari serangan lawan. Ketika posisi raja menjadi terancam, maka kemungkinan besar Anda kalah dalam melakukan permainan.

- Gunakan semua bidak 

Selain melindungi raja, strategi selanjutnya gunakan semua bidak catur dengan memaksimalkan semua potensi yang dimiliki. Susunlah rencana yang matang, sebelum mengorbankan bidak catur milik Anda, kecuali untuk kepentingan strategis. Setiap bidak catur memiliki perana dan fungsi masing-masing, yang tentu bisa Anda gunakan untuk mengalahkan pihak lawan. 

Berikut ini adalah nilai dari setiap bidak catur:

- Pion bernilai 1

- Kuda bernilai 3

- Gajah bernilai 3

- Benteng bernilai 5

- Menteri bernilai 9

- Raja sangat berharga

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.