Sukses

14 Cara Supaya Cepat Hamil yang Alami dan Efektif untuk Pasangan Suami Istri

Liputan6.com, Jakarta Memiliki momongan menjadi dambaan bagi sebagian besar pasangan suami istri. Meskipun kehamilan adalah peristiwa alami yang terjadi setelah sel telur bertemu dengan sel sperma, ternyata banyak pasangan yang mencari cara supaya cepat hamil karena ingin segera memiliki momongan.

Bagi sebagian orang memiliki momongan menjadi sebuah pencapaian yang membanggakan meskipun bukan menjadi tolak ukur kebahagiaan. Oleh sebab itu banyak pasangan yang mencari cara supaya cepat hamil. Berikut cara supaya cepat hamil yang sudah Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Senin (14/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Supaya Cepat Hamil

1. Perhatikan Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi berkaitan dengan kesuburan seorang perempuan. Selain itu dengan memperhitungan siklus menstruasi ini pasangan suami istri dapat mengetahui kapan masa subur istri. 

Apabila istri memiliki siklus yang tidak normal ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan. Sebab siklus menstruasi yang tidak normal bisa jadi diakibatkan oleh sistem reproduksi yang bermasalah.

2. Stop Penggunaan Kontrasepsi

Tentu saja jika ingin terjadi kehamilan Anda dan pasangan perlu menghentikan penggunaan alat kontrasepsi. Namun, kehamilan mungkin saja tidak langsung terjadi setelah melepas kontrasepsi. Beberapa jenis alat kontrasepsi memerlukan beberapa waktu agar efeknya dapat menghilang dari tubuh.

3. Mengetahui Kapan Masa Subur

Salah satu cara supaya cepat hamil adalah mencari tahu kapan masa subur istri terjadi. Pada siklus reproduksi ada waktu tertentu di mana seorang wanita berada dalam kondisi paling subur. Pada masa subur ini, kemungkinan terjadinya pembuahan setelah hubungan intim sangat besar. Sehingga peluang terjadinya kehamilan juga besar.

4. Mengenali Tanda-tanda Masa Ovulasi

Selain mengetahui kapan masa subur, Anda dan pasangan juga perlu mengetahui tanda-tanda terjadinya ovulasi. Tanda-tanda ovulasi dapat dilihat melalui kondisi fisik berupa meningkatnya suhu basal tubuh, merasa lebih bergairah, munculnya lendir di mulut rahim, dan rasa nyeri di punggung atau perut bagian bawah.

3 dari 4 halaman

Cara Supaya Cepat Hamil

5. Perhatikan Frekuensi Bercinta

Cara supaya cepat hamil selanjutnya adalah dengan memperhatikan frekuensi bercinta atau berhubungan intim. Untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan lakukan hubungan intim setiap hari atau dua kali sehari pada masa subur. 6. Melakukan Posisi Hubungan Seks yang BeragamLakukan hubungan seks yang dengan posisi yang beragam. Selain menambah keharmonisan dan romantisme bercinta beberapa variasi posisi memungkinkan terjadinya penetrasi yang lebih dalam, seperti posisi misionaris dan doggystyle.

Penetrasi yang dalam membuat jarak antara sperma menuju rahim menjadi semakin dekat. Dengan begitu kemungkinan hamil semakin besar. Meski belum teruji secara ilmiah dan menjamin 100 persen berhasil, cara ini layak untuk dicoba seuntuk mendapatkan momongan.

7. Pastikan Istri Mencapai Orgasme

Orgasme pada perempuan membantu sperma berpindah dari serviks menuju saluran tuba fallopi tempat sel telur berada. Hal ini terjadi karena rahim berkontraksi secara optimal untuk menerima pembuahan sperma.

8. Tetap Berbaring Setelah Mencapai Bercinta

Setelah selesai bercinta, sebaiknya istri tetap berbaring dan terlentang. Posisi ini akan membantu sperma yang sudah masuk ke rahim berenang ke tuba fallopi untuk bertemu dengan sel telur dan melakukan pembuahan.

9. Pola Hidup Sehat

Cara supaya cepat hamil yang tidak boleh dilewatkan adalah menjalani pola hidup sehat. Baik dengan berolahraga maupun menjaga menu makanan. Cara ini terbukti ampuh mendukung sistem reproduksi bekerja secara lebih baik. 

4 dari 4 halaman

Cara Supaya Cepat Hamil

10. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Salah satu faktor yang menjadi kendala terjadinya kehamilan adalah berat badan yang tidak ideal. Badan yang terlalu gemuk dapat memengaruhi sistem reproduksi baik pada laki-laki maupun perempuan.

11. Hindari Stres

Stres yang berlebih juga dapat memengaruhi sistem reproduksi. Selain itu stres cenderung mengurangi gairah bercinta. Melakukan yoga atau rekreasi lain bersama pasangan menjadi salah satu cara menghilangkan stres dan meningkatkan banding antara suami dan istri.

12. Konsumsi Asam Folat

Asam folat adalah Mengkonsumsi banyak asam folat bisa membantu agar cepat hamil. Asam folat dapat memelihara kesehatan dan fungsi indung telur atau ovarium, mendukung proses pembuahan dan pembentukan bakal janin, serta menjaga kesehatan kandungan.

Makanan yang mengandung asam folat seperti susu sayuran juga baik bila dikonsumsi oleh suami. Asam folat dapat membantu meningkatkan kualitas sperma sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan.

13. Jeli Memilih Produk Perawatan Wajah dan Make up

Penggunaan produk perawatan wajah dan make up juga dapat mempengaruhi sistem reproduksi seseorang. Ada baiknya saat memulai program hamil periksa semua produk perawatan wajah dan make up apakah mengandung bahan-bahan yang dapat menurunkan kesuburan. Bahan kimia seperti phthalate yang ada pada produk perawatan wajah dan make up ternyata bisa merusak kesuburan.

14. Perhatikan Penurunan Kesuburan karena Faktor Usia

Seiring bertambah usia, kesuburan akan ikut menurun. Hal ini disebabkan karena perubahan terkait usia pada indung telur yang menyebabkan penurunan kuantitas dan kualitas sel telur dan sel sperma.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS