Sukses

Eksplorasi Adalah Penjelajahan, Ini Pengertiannya dalam Konteks Pertambangan dan Psikologi

Eksplorasi adalah sesuatu yang mengacu pada tindakan untuk mencari atau melakukan penjelajahan dengan tujuan menemukan sesuatu.

Liputan6.com, Jakarta Eksplorasi adalah penjelajahan atau pencarian. Eksplorasi adalah sesuatu yang mengacu pada tindakan untuk mencari atau melakukan penjelajahan dengan tujuan menemukan sesuatu. Misalnya, eksplorasi antariksa (penjelajahan angkasa), eksplorasi minyak bumi, gas alam, batubara, mineral, gua, air, ataupun informasi.

Eksplorasi tidak hanya terbatas pada tindakan penjelajahan atau pencarian terkait tempat atau sumber daya alam. Eksplorasi adalah suatu tindakan atau aktivitas terkait penjelajahan atau pencarian terkait aktivitas mental, seperti berpikir. Misalnya, tindakan pencarian akan pengetahuan yang tidak umum atau pencarian akan pengertian metafisika-spiritual, misalnya tentang kesadaran (consciousness), cyberspace atau noosphere.

Dalam konteks riset ilmiah, eksplorasi adalah salah satu dari tiga bentuk tujuan riset, sedangkan tujuan lainnya ialah penggambaran (deskripsi) dan penjelasan (eksplanasi). Dalam hal ini, eksplorasi adalah usaha untuk membentuk pengertian umum dan awal terhadap suatu fenomena.

Dengan kata lain, eksplorasi adalah suatu istilah yang cakupannya cukup luas. Namun secara umum, eksplorasi adalah istilah yang mengacu pada penjelajahan baik secara fisik atau mental untuk menemukan sesuatu. Berikut adalah berbagai contoh eksplorasi dalam berbagai bidang seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Eksplorasi Tambang

Eksplorasi tambang adalah kegiatan untuk mempelajari suatu wilayah yang diharapkan memiliki potensi dalam menghasilkan sumber daya alam (SDA) tertentu. Dengan kaitannya dengan tambang, eksplorasi adalah tindakan atau aktivitas untuk mencari sumber tambang, baik itu minyak bumi, emas, batu bara, dan sebagainya.

Eksplorasi tambang biasanya dilakukan dengan berbagai tahapan, mulai dari tahap kajian sampai dengan proses tindak lanjut. Setidaknya ada empat tahap yang perlu dilalui dalam proses eksplorasi tambang, yakni tahap rancangan eksplorasi, tahap eksplorasi tinjau, tahap eksplorasi rinci, tahap evaluasi.

1. Tahap Rancangan Eksplorasi

Tahap rancangan eksplorasi adalah proses yang dilakukan dengan tinjauan pustaka geologi regional, citra landsat, dan interpretasi foto udara. Pada tahap ini juga melibatkan pembahasan mengenai model eksplorasi untuk menentukan strategi dan metode eksplorasi yang dilakukan secara tidak langsung.

2. Tahap Eksplorasi Tinjau

Tahap eksplorasi tinjau adalah tahap yang dilakukan dalam tiga langkah, yakni regional (regional appraisal), peninjauan daerah (area reconnaissance), dan pemilihan sasaran (target selection).

Regional appraisal dilakukan dengan cara melakukan penilaian berdasarkan data dan studi pustaka. Area reconnaissance dilakukan dengan survei ke area tambang yang dituju. Pemilihan sasaran biasanya dilakukan dengan sejumlah metode geologi.

3. Tahap Eksplorasi Rinci

Tahap ini dilakukan dengan penyelidikan dengan mengambil sampel batuan dari hasil pengeboran dan pembuatan terowongan eksplorasi. Hal itu dilakukan untuk mengambil keputusan apakah suatu wilayah dapat ditambang atau tidak.

4. Evaluasi

Ini merupakan tahap terakhir sebelum kegiatan tambang dilakukan. Hasil evaluasi ini akan dijadikan bahan untuk merancang kegiatan penunjang selama pertambangan berlangsung seperti membuat jala, membangun kantor dan mess pekerja, serta membuat pelabuhan dan metalurgi.

3 dari 4 halaman

Eksplorasi Antariksa

Penjelajahan antariksa atau eksplorasi antariksa adalah tindakan atau aktivitas untuk menjelajahi benda di luar Bumi dan biasanya menyangkut teknologi, ilmu pengetahuan, dan politik yang berhubungan dengan luar angkasa.

Menurut Britannica, eksplorasi antariksa adalah penyelidikan yang dilakukan dengan pesawat ruang angkasa berawak dan tidak berawak, untuk menjelajahi ruang di luar atmosfer Bumi untuk memperoleh informasi dan mendapatkan pengetahuan mengenai kosmos.

Gagasan tentang eksplorasi antariksa telah ada dalam benak manusia jauh sebelum adanya teknologi pesawat ruang angkasa. gagasan tersebut banyak diungkapkan dalam berbagai karya fiksi. Sejumlah karya fiksi bahkan memberikan penggambaran bagaimana hal tersebut dapat dilakukan.

Pada abad 20, dengan pengembangan propulsi teknologi yang cukup, material yang kuat dan ringan dan terobosan teknologi dan sains lainnya, ide misi luar-bumi tidak lagi hanya sekadar impian tetapi suatu kenyataan.

4 dari 4 halaman

Eksplorasi Spiritual

Seperti dikutip dari Serenity Vista, eksplorasi spiritual adalah upaya untuk menemukan diri sendiri. Sumber tersebut juga menyebutkan bahwa eksplorasi spiritual adalah aspek penting dan integral dari penyembuhan holistik dari alkoholisme dan bentuk ketergantungan dan kecanduan lainnya. Dalam kaitannya dengan spiritual, eksplorasi adalah tindakan untuk menjelajahi konsep, pikiran, perasaan, dan keyakinan, termasuk bagaimana seseorang memahami Tuhan.

Dalam bidang ilmu psikologi, juga dikenal dengan istilah eksplorasi diri. Eksplorasi diri mengacu pada metode atau cara membantu klien dalam mengungkapkan masalah low spiritual self esteem yang dialaminya. Konselor meminta klien mengidentifikasi pikiran-pikiran, perasaan, dan perilaku tidak rasional yang menyebabkan klien mengalami low spiritual self-esteem.

Dalam sebuah modul yang diterbitkan Universitas Kristen Satya Wacana, disebutkan bahwa eksplorasi diri merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pada tingkat kesadaran diri. ini dilakukan dengan pendidikan yang dapat meningkatkan kemampuan untuk menciptakan ide, karya, membuat keputusan, dan kemampuan untuk mengatasi masalah, dalam rangka meningkatkan intelegensi diri.

Dalam eksplorasi diri, seseorang akan diajak untuk mengenali dirinya sendiri dengan menjawab sejumlah pertanyaan dalam daftar terkait masalah-masalah yang dihadapinya terkait kebiasaan, pola berpikir, perasaan, perilaku, pilihan, dan pengalaman yang mungkin menjadi sumber low self esteem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.