Sukses

10 Tempat Wisata Wonosobo Murah Meriah dengan Panorama Menakjubkan 2022

Banyak tempat wisata Wonosobo menawarkan panorama menakjubkan dengan harga tiket masuk yang murah.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Wonosobo menjadi salah satu tujuan berlibur yang banyak dipilih oleh warga Jawa Tengah. Letak geografisnya yang berada di pegunungan juga menjadikan Wonosobo kota yang sejuk dengan panorama yang indah. Tidak hanya wisatawan dari Jawa Tengah, keindahan alam Wonosobo juga menarik wisatawan dari manca negara. 

Banyak tempat wisata Wonosobo menawarkan panorama menakjubkan dengan harga tiket masuk yang murah. Berbagai tempat wisata ini juga dilengkapi dengan spot selfie yang menarik. Akses menuju tempat wisata Wonosobo juga terbilang cukup mudah.  Berbagai tempat wisata yang ada di kabupaten Wonosobo dapat ditempuh dengan waktu yang singkat dari pusat kota. Tersedia juga berbagai petunjuk jalan yang mudah dipahami, sehingga anda tidak perlu khawatir apabila tersesat atau kehilangan arah.

Selain tempat wisata Wonosobo, makanan khas salah satu kabupaten di Jawa tengah ini juga menarik untuk dicoba, seperti buah carica, mie ongklok, dan lain sebagainya. Berikut tempat wisata Wonosobo yang murah meriah dengan panorama yang menakjubkan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/11/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Wonosobo Murah

1. Kawah Sikidang Dieng

Tempat wisata Wonosobo satu menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Wonosobo. Dengan membayar tiket masuk seharga 15.000, wisatawan dapat melihat pemandangan yang berkabut dengan suhu dingin sambil menikmati segelas teh panas untuk menghangatkan tubuh.

Kawasan ini menjadi satu bagian dengan kompleks Candi Arjuna. Wisatawan dapat mencoba merebus telur dengan air kawah yang panas akibat aktivitas vulkanik. Wisatawan juga disarankan menggunakan masker untuk mengurangi bau belerang yang cukup menyengat.

2. Batu Ratapan Angin

Tempat wisata Wonosobo satu ini menjadi tempat wisata yang sangat mudah dijangkau keren medannya yang tidak terlalu terjal. Lokasinya yang berada di ketinggian menyajikan pemandangan pegunungan beserta telaga yang terpampang jelas. Panorama ini menjadi favorit para fotografer. Dengan harga tiket masuk 10.000 rupiah, pengunjung dapat berfoto di berbagai spot yang menakjubkan. 

3. Telaga Warna

Telaga warna menjadi salah satu  tempat wisata di Wonosobo yang wajib dikunjungi karena menyajikan pemandangan yang sangat menakjubkan dan indah. Sesuai namanya, warna ini dapat berubah-ubah menjadi hijau, kuning, dan berwarna warni.

Banyak spekulasi tentang bagaimana warna permukaan air Telaga Warna dapat berubah. Ada yang mengatakan perubahan warna air pada telaga ini terjadi karena pembiasan cahaya matahari. Ada juga yang mengatakan dipengaruhi oleh berbagai tumbuhan atau pepohonan yang berada di sekitar telaga. Pengunjung cukup membayar 15.000 rupiah saja untuk menikmati pemandangan ini sepuasnya.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Wonosobo dengan Panorama Menakjubkan

4. Bukit Seroja

Bukit seroja berlokasi di atas Telaga Warna. Lokasi ini membuat bukit seroja memiliki pemandangan telaga dan pegunungan yang sungguh mempesona. Beberapa tahun belakangan, panorama di Bukit Seroja menarik minat investor untuk berlomba-lomba membuat tempat wisata di sini. Harga tiket masuk Bukit Seroja adalah 10.000 rupiah.

5. Kebun Teh Tambi

Kebun teh yang berada di 1400 mdpl ini menawarkan pemandangan hamparan tanaman teh hijau yang menyejukan. Aksesnya pun cukup mudah dijangkau karena jalan menuju obyek wisata ini sudah beraspal. Panorama Kebun Teh Tambi dapat dinikmati dengan gratis. 

6. Jembatan Merah Putih Dieng

Nama jembatan ini diambil dari nama bendera Indonesia sebagai bentuk  penghormatan pada simbol negara tersebut, Jembatan Merah Putih Dieng berupa jembatan gantung yang menghubungkan satu tebing dengan satu bukit kecil di sebrangnya. 

Dari atas Jembatan Merah Putih Dieng, pengunjung dapat melihat pemandangan telaga warna dan telaga pengilon. Tidak perlu khawatir karena tempat wisata di Wonosobo ini dipastikan aman. Apabila ingin menyebrangi jembatan ini, wisatawan akan dilengkapi safety gear yang memadai. Pengunjung hanya perlu membayar 5.000 rupiahuntuk dapat menyeberangi jembatan ini.

7. Bukit Sikunir

Nama Bukit Sikunir diambil dari salah satu nama salah satu rempah, yaitu kunir. Warna kuning dari pantulan sinar matahari di bukit ini mengingatkan warga sekitar dengan rempah berwarna kuning ini, kemudian masyarakat mulai menyebut bukit ini Bukit Sikunir. 

Kebanyakan wisatawan berkunjung ke Bukit Sikunir untuk mendapatkan foto-foto yang instagramable dan keren. Wisatawan dapat bisa menikmati pemandangan dari Bukit Sikunir dengan membayar 12.000 rupiah.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Wonosobo Murah Meriah

8. Padang Savana Dieng

Salah satu tujuan wisata yang berlokasi di Dieng adalah Padang Savana Dieng yang sempat viral di media sosial. Tempat ini memang menjadi spot foto alam di Dieng yang banyak digemari. Padang savana yang luas dengan rerumputan yang sudah dikelola menjadi spot foto yang indah. Lokasinya tidak jauh dari kawasan Komplek Wisata di Dieng. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah.

9. Gunung Prau 

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas tracking di gunung, Gunung Prau menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan. Jalur tracking Gunung Prau termasuk tidak terlalu sulit, sehingga para pemula dapat melakukan tracking di sini. Gunung Prau terkenal dengan pemandangan sunset dan sunrise nya yang sangat keren dan memukau. Selama perjalanan menuju puncak pun, pendaki akan disuguhi oleh pemandangan yang bagus. Harga tiket masuk ke Gunung prau adalah 15.000 rupiah.

10. Telaga Pengilon

Tempat wisata Wonosobo memang memiliki beberapa telaga yang menawarkan panorama menakjubkan. Salah satunya telaga  pengilon yang sangat populer. Berlokasi di dekat Telaga Warna, Telaga Pengilon menawarkan panorama yang tidak kalah indah dengan airnya yang jernih. Daya tarik lainnya, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk untuk dapat menikmati panorama alam Telaga Pengilon. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.