Sukses

8 Cara Mencuci Baju Rajut dengan Benar, Agar Tidak Melar dan Awet

Liputan6.com, Jakarta Cara mencuci baju rajut dengan benar penting untuk diketahui. Baju rajut merupakan pakaian yang dibuat dengan cara merajut benang wol. Baju rajut sangat cocok untuk menghalau udara dingin memasuki kulit karena ukurannya yang tebal.

Ada banyak jenis baju rajut, diantaranya sweater, cardigan, dress, hingga syal rajut. Semua baju rajut membutuhkan perawatan yang benar. Salah satu perawatan tersebut dengan memperhatikan cara mencuci baju rajut dengan benar.

Sebab kesalahan dalam mencuci baju rajut akan membuat baju rajut menjadi cepat rusak dan robek. Bahkan bisa jadi baju rajut kamu akan melar dan benang pada baju akan mencuat keluar, apabila tidak benar mencucinya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mencuci baju rajut dengan benar yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (7/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Mencuci Baju Rajut dengan Benar

1. Rendam baju sebentar

Cara mencuci baju rajut dengan benar yang pertama adalah dengan merendam baju sebentar. Ketika mencuci baju rajut, pastikan kamu merendam baju selama kurang lebih 5 menit saja. Terlalu lama merendam baju rajut justru akan membuat benang menjadi rusak. Selain itu, gunakan air hangat suam-suam kuku untuk merendam pakaian.

2. Cuci dengan tangan

Cara mencuci baju rajut dengan benar yang berikutnya adalah mencucinya dengan tangan. Pastikan baju rajut tidak dicuci dengan mesin cuci. Sebab benang pada baju rajut bisa menyangkut di mesin cuci. Hal ini akan membuat baju rajut mudah robek bahkan benang pada baju rajut akan mencuat keluar. Cucilah baju rajut dengan tangan dan kucek pelan-pelan saja.

3. Hindari pemutih pakaian

Cara mencuci baju rajut dengan benar yang berikutnya adalah menghindari pemutih pakaian. Benang yang digunakan untuk membuat baju rajut akan mudah rusak saat terkena bahan kimia. Untuk itu, hindari mencuci baju rajut dengan pemutih pakaian. Sebaiknya, baju rajut bisa dicuci menggunakan sabun bayi, yang teksturnya lebih aman dan lembut.

4. Jangan digantung

Cara mencuci baju rajut dengan benar yang berikutnya adalah jangan digantung. Ketika menjemur baju rajut, sebaiknya jemur pada bidang datar saja. Usahakan untuk tidak menggantung baju rajut. Hal ini bisa membuat benang pada baju rajut menjadi longgar atau melar dan mudah robek. Begitu pula saat menyimpan baju rajut, sebaiknya dilipat saja.

3 dari 4 halaman

Cara Mencuci Baju Rajut dengan Benar

5. Jangan diperas

Cara mencuci baju rajut dengan benar yang berikutnya adalah jangan diremaas. Bahan rajut hanya perlu direndam dan dikucek sedikit. Tidak perlu memeras apalagi memasukkan bahan rajut ke dalam mesin pengering karena akan merusak bentuknya dan berisiko melepas tautan benangnya. Cara mengeringkan bahan rajut, gunakan dua lembar handuk kering, letakkan pakaian rajut di antara tumpukan handuk, lalu tekan-tekan hingga air terserap ke handuk. Cara ini terbilang lebih aman dan merawat baju rajut kamu tetap awet.

6. Jangan jemur di bawah sinar matahari

Cara mencuci baju rajut dengan benar yang berikutnya adalah jangan jemur langsung di bawah sinar matahari. Sebab benang pada baju rajut akan mudah rusak, untuk itu hindari menjemur baju rajut di bawah sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari akan membuat warna baju menjadi cepat pudar dan terlihat kusut.

7. Setrika dengan suhu rendah

Cara mencuci baju rajut dengan benar yang berikutnya adalah setrika dengan suhu yang rendah. Apabila menyetrika dengan suhu panas, akan membakar benang rajutan dan membuat baju mudah robek. Ada baiknya menyetrika baju rajut dengan setrika uap.

8. Hindari penggunaan parfum

Cara mencuci baju rajut dengan benar yang berikutnya adalah menghindari penggunaan parfum untuk baju rajut. Sebab parfum memiliki kandungan alkohol dan bahan kimia, yang akan membuat baju rajut menjadi tidak awet. Jika terpaksa ingin menggunakan parfum, semprotkan pada jarak 30 cm, supaya tidak langsung terkena baju rajutan.

4 dari 4 halaman

Tips Merawat Baju Rajut

Selain memperhatikan cara mencuci baju rajut dengan benar, kamu juga perlu mengetahui tips merawatnya supaya tetap awet. Berikut langkah-langkahnya:

1. Jangan sering dicuci

Baju dengan bahan rajut jangan sering dicuci, agar tidak mudah melar. Sebab jika kita sering mencuci dan menjemur, maka daya airnya masih di dalam knit tersebut jadi membuat knit semakin melar.

2. Jangan digantung

Setelah mencuci baju rajut atau menggunakannya, saat menyimpannya jangan digantung. Hal ini justru akan membuat baju rajut cepat melar. Sebaiknya untuk menyimpan baju rajut, cukup dengan dilipat.

3. Pilih bahan knit premium

Ketika membeli baju rajut perhatikan juga bahannya. Pilih baju rajut dengan bahan premium, supaya tidak mudah rusak dan sobek saat dicuci dengan tangan. Kamu wajib teliti saat memilih bahan baju rajut yang berkualitas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS