Sukses

12 Manfaat Lemon Tea Bagi Kesehatan, Bantu Keluarkan Racun dari Tubuh

Manfaat lemon tea dapat diperoleh dengan mudah karena racikan minuman lemon dan teh ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Lemon tea menjadi salah satu jenis minuman yang menyegarkan, baik disajikan hangat maupun dingin. Selain nikmat, manfaat lemon tea juga baik bagi kesehatan.

Rasa asam dan aroma lemon berpadu dengan rasa pahit dan wangi daun teh menjadi daya tarik tersendiri bagi minuman satu ini. Umumnya, lemon tea dinikmati dengan pemanis gula atau madu, tapi ada beberapa orang yang suka menikmati lemon tea tanpa tambahan pemanis apapun.

Manfaat lemon tea dapat diperoleh dengan mudah karena racikan minuman lemon dan teh ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Tidak ada aturan khusus untuk membuat lemon tea, anda bisa menentukan sendiri kepekatan teh, jumlah air lemon, dan gula yang Anda inginkan.

Berikut manfaat lemon tea bagi kesehatan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lemon Tea Bagi Kesehatan

1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Lemon tea terbukti mampu meningkatkan kinerja sistem imun tubuh. Lemon adalah buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Mengkonsumsi satu buah lemon dapat mencukupi kurang lebih 50% kebutuhan vitamin C harian. Lamon juga mengandung antioksidan berupa flavonoid yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Teh juga memilik kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Perpaduan antara lemon dan teh dapat menangkal radikal bebas dan serangan virus serta bakteri yang dapat merugikan kesehatan.

2. Membantu Proses Detoks

Manfaat lemon tea selanjutnya adalah membantu proses detoks tubuh. Asam sitrat yang ada pada lemon membantu membersihkan organ hati yang bertugas menyaring racun yang masuk kedalam tubuh lalu mengeluarkannya lewat urin.

Teh memiliki sifat diuretik yang dapat mendorong seseorang mengeluarkan urin lebih sering, dengan begitu racun yang tersaring di organ hati dapat lebih cepat dikeluarkan. 

3. Tingkatkan Fungsi Pencernaan

Lemon tea juga dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Berbeda dengan hanya mengkonsumsi teh tanpa lemon yang dapat menghalangi proses penyerapan zat besi. Hal ini disebabkan kandungan tanin dan polifenol pada teh dapat mengacaukan penyerapan zat gizi pada tubuh.

Mencampurkan air perasan lemon ke dalam teh dapat menetralkan kandungan tanin dan polifenol pada teh sehingga tidak menghalangi penyerapan nutisi. Sebaliknya, vitamin dan mineral yang ada pada lemon akan meningkatkan kinerja organ pencernaan.

3. Membantu Proses Pemulihan

Seperti sudah diketahui lemon tea mengandung vitamin C yang baik untuk membantu proses pemulihan, selain itu kandungan antioksidan dari lemon dan teh merupakan perpaduan yang dapat mengembalikan fungsi organ yang rusak saat sakit.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Teh dan lemon merupakan dua hal yang sudah terbukti memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dari keduanya yang dibutuhkan kulit untuk melakukan regenerasi sehingga tampak lebih sehat. Vitamin C pada lemon juga mendorong produksi kolagen yang menjaga kulit tetap elastis dan awet muda.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Teh dan lemon juga terbukti memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Lemon mengandung flavonoid yang membantu melancarkan peredaran darah. Sama halnya dengan teh mengandung katekin yang juga melancarkan peredaran darah. Dengan begitu tekanan darah dapat terkendali di batas normal.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lemon tea juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Minum lemon tea secara rutin dapat menurunkan resiko gangguan jantung koroner. Lemon tea mengandung flavonoid yang mengurangi lipid dan peradangan, serta mencegah pembentukan gumpalan darah di arteri.

3 dari 3 halaman

Manfaat Lemon Tea

7. Meredakan Peradangan Gusi

Perpaduan lemon dan teh menghasilkan kandungan vitamin C dan asam sitrat yang tinggi. Ditambah dengan sifat penghilang rasa sakit dan menenangkan dari teh menjadikan lemon tea efektif untuk mengobati gusi bengkak.

8. Mencegah Kanker

Antioksidan pada lemon dan tehberguna untuk mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker. Antioksidan menghambat pertumbuhan sel kanker pada beberapa jenis kanker, termasuk kanker ovarium, prostat, payudara, dan ginjal.

9. Menurunkan Resiko Diabetes

Manfaat lemon tea selanjutnya adalah membantu mengurangi risiko diabetes. Lemon mengandung senyawa alami yang disebut hesperidin yang dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat mengurangi risiko diabetes. Selain itu, asam sitrat dalam lemon juga memperlambat konversi pati menjadi gula. Hal ini mengurangi lonjakan gula darah dan membantu dalam pengelolaan berat badan.

Selain itu lemon tea juga meningkatkan aktivitas insulin yang bertugas mengatur kadar gula dalam darah. Insulin bekerja mengubah glukosa atau gula menjadi energi. Teh dapat meningkatkan aktivitas insulin. Manfaat baik ini juga ditunjukkan dari teh lemon. 

10. Bantu Penyerapan Zat Besi

Seperti sudah dijelaskan, teh dapat mengganggu penyerapan zat besi. Tapi hal ini nggak berlaku pada lemon tea. Vitamin C yang ada di dalamnya dapat meningkatkan penyerapan zat besi. 

11. Mengatasi Pembengkakan Pasca Operasi

Pembengkakan atau edema akibat operasi merupakan kondisi yang disebabkan adanya suntikan, sel-sel lemak mati, dan juga darah yang terkumpul. Cairan yang menumpuk di antara jaringan tubuh menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Teh lemon menjadi minuman yang kerap direkomendasikan dokter untuk mengurangi kondisi edema. Selain itu teh lemon juga menghilangkan efek racun dari anestesi dan mengurangi rasa sakit selama siklus menstruasi wanita. 

12. Meredakan Stres

Selain baik bagi kesehatan fisik, manfaat lemon tea jug baik bagi kesehatan mental penikmatnya. Lemon tea dapat menghilangkan racun dalam darah sehingga memberi energi pada tubuh. Tidak hanya tubuh yang terasa lebih sehat, pikiran akan lebih segar dari tekanan stres. Stres menjadi penyebab yang menghasilkan racun dalam darah. Hal ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan mental. Selain rasanya, aroma yang dimiliki lemon tea juga membuat pikiran menjadi lebih tenang dan santai. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.