Sukses

Pengertian Akhlak dalam Islam, Pahami Pula Jenis-Jenis dan Contohnya

Pengertian akhlak adalah budi pekerti atau kelakuan.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian akhlak dalam Islam perlu untuk diketahui oleh setiap umat Muslim. Akhlak yang baik akan membawa manfaat bagi diri seseorang. Perilaku akhlak sendiri tertuang dalam Al-Qur’an. Pengertian akhlak erat kaitannya dengan tingkah laku seseorang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, akhlak adalah budi pekerti atau kelakuan. Sedangkan pengertian akhlak menurut istilah adalah kehendak jiwa manusia yang menimbulkan suatu perbuatan dengan mudah karena kebiasaan tanpa memerlukan pertimbangan pikiran terlebih dahulu.

Perbuatan yang termasuk kebiasaan tersebut lekat dengan kehidupan sehari-hari yang dapat mencerminkan akhlak yang dimiliki. Sebab arti akhlak sudah melekat dalam diri seseorang yang mana termasuk sifat dan watak.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian akhlak dalam Islam beserta jenis-jenis dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (30/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Akhlak dalam Islam

Kata akhlak berasal dari kata khuluqun yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat. Sedangkan secara istilah, pengertian akhlak adalah tabiat atau sifat seseorang, yakni keadaan jiwa yang telah terlatih, sehingga dalam jiwa tersebut benar-benar telah melekat sifat-sifat yang melahirkan perbuatan-perbuatan dengan mudah dan spontan tanpa dipikirkan maupun diangan-angan lagi.

Istilah akhlak sebenarnya memiliki banyak makna sebagimana yang dikemukakan oleh beberapa ulama berikut ini:

1. Ibnu Maskawaih, mengatakan bahwa pengertian akhlak merupakan suatu keadaan bagi jiwa yang mendorong untuk melakukan tindakan-tindakan dari keadaan itu tanpa melalui pikiran dan pertimbangan. Keadaan ini terbagi menjadi dua, yakni berasal dari tabiat aslinya dan kebiasaan yang berulang-ulang.

2. Ibrahim Anis, mengungkapkan bahwa akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa, yang dengannya lahir macam-macam perbuatan, baik atau buruk tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan.

3. Abdul Karim Zaidan, mengatakan bahwa akhlak adalah nilai-nilai dan sifat-sifat yang tertanam dalam jiwa, dengan sorotan dan timbangannya seseorang dapat menilai perbuatan baik atau buruk, untuk kemudian memilih melakukan atau meninggalkannya.

4. Ahmad Mubarok, mengemukakan bahwa akhlak adalah keadaan batin seseorang yang menjadi sumber lahirnya perbuatan dimana perbuatan itu lahir dengan mudah tanpa memikirkan untung dan rugi.

Dari beberapa uraian di atas dapat disimpulkan bahwa akhlak adalah sifat yang tertanam dalam diri manusia, sehingga akhlak tersebut akan muncul dengan sendirinya tanpa adanya pemikiran atau pertimbangan terlebih dulu, serta atas kemauan sendiri tanpa adanya paksaan dari orang lain.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Akhlak

Pengertian akhlak adalah tingkah laku yang telah melekat pada seseorang dan akan tercermin dari perilakunya. Dalam agama Islam, jenis-jenis akhlak ada dua yaitu akhlakul mahmudah (akhlak terpuji) dan akhlakul mazmumah (akhlak tercela). Adapun defenisinya sebagai berikut:

1. Akhlakul Mahmudah

Akhlakul mahmudah atau disebut dengan akhlak yang terpuji merupakan salah satu golongan macam-macam akhlak yang harus dimiliki setiap umat muslim. Adapun contoh macam-macam akhlak tersebut diantarannya sikap rela berkorban, jujur, sopan, santun, tawakal, adil, sabar dan lain sebagainya. Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita selalu menjaga akhlakuk karimah dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

2. Akhlakul Mazmumah

Akhlakul mazmumah atau akhlak tercela merupakan salah satu tindakan buruk yang harus dihindari setiap manusia. Hal ini harus dijauhi karena akhlakul mazmumah dapat mendatangkan mudharat bagi diri sendiri maupun orang lain. Contoh dari macam-macam akhlakul mazmumah yaitu sombong, iri, dengki, takabur, aniaya, ghibah dan lain sebagainya. Sebagai orang muslim sudah seharusnya kita menghindari akhlakuk mazmumah atau akhlak tercela.

4 dari 4 halaman

Contoh Akhlak Berdasarkan Jenisnya

1. Contoh akhlak terpuji

Berikut ini terdapat beberapa contoh akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

a. Berbicara sopan dengan orang yang lebih tua.

b. Selalu rendah hati dan tidak sombong.

c. Membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

d. Menjaga lisan untuk selalu berkata yang baik.

e. Menjaga aib orang lain.

f. Memberikan nasihat yang baik pada orang lain, dan masih banyak lagi.

g. Jujur dalam segala perbuatan baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

h. Selalu murah hati kepada tetangga maupun orang terkasih tanpa merasa pamrih atau sekedar pamer.

i. Sabar atas segala sesuatu yang menimpa diri kita.

j. Selalu menerima dan bersyukur apa adanya pemberian dari Allah SWT.

2. Contoh akhlak tercela

Berikut ini terdapat beberapa contoh akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

a. Bersikap takabur, kikir, sombong, dengki.

b. Mengingkari janji yang sudah dibuat.

c. Mencuri barang atau mengambil barang yang bukan haknya.

d. Berbicara kasar atau durhaka pada orang tua.

e. Berprasangka buruk pada orang lain (suudzon), dan lain sebagainya.

f. Iri hati kepada tetangga yang memiliki kebahagiaan yang lebih dari kita.

g. Membicarakan kejelekan orang lain.

h. Membunuh atau menghilangkan nyawa orang lain.

i. Bersekutu selain kepada Allah SWT.

j. Sikap mengganti keyakinan diri dan beralih ke keyakinan yang lain dari agama Islam atau keluar dari agama Islam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.