Sukses

32 Tempat Wisata di Bogor Kekinian, Menarik dan Instagramable

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Bogor memang tidak ada habisnya. Terkenal dengan cuacanya yang sejuk dan berangin, Bogor memiliki banyak destinasi wisata menarik yang mungkin belum diketahui kebanyakan wisatawan. Tempat wisata di Bogor menyajikan beragam destinasi wisata yang tidak hanya menarik, namun juga instagramable.

Tempat wisata di Bogor juga merupakan tempat yang cocok untuk berlibur bersama dengan teman dan keluarga. Terdapat banyak tdesrinasi yang telah dirancang dengan kreatif untuk dapat memberikan pengalaman yang berkesan untuk setiap pengunjungnya. Tak heran banyak orang yang akhirnya menjadikan Bogor menjadi destinasi liburan favorit.

Untuk menuju ke tempat wisata di Bogor juga terbilang sangat mudah. Para wisatawan bisa mengaksesnya dengan menggunakan berbagai macam pilihan transportasi, dari kendaraan umum seperti kereta api ataupun kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Untuk referensi bagi anda yang akan berlibur ke Bogor, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2022) rekomendasi tempat wisata di bogor yang menarik dan Instagramable.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bogor

1. Kota Bunga Estate

Tempat wisata di Bogor yang pertama adalah Kota Bunga Estate di Puncak, ada banyak tipe villa yang bisa disewa disini. Dari rumah Inggris kuno hingga pondok bergaya Jepang. Villa estate ini terletak di Cipanas, Puncak. Lokasi ini juga menyediakan fasilitas untuk menjamin kenyamanan anda. Ada kolam renang, lapangan tenis, taman hiburan mini, kebun binatang mini, peternakan menunggang kuda, dan banyak fasilitas lainnya.

2. Villa Rumah Putih

Villa Rumah Putih adalah penginapan bagus lainnya yang tersedia di Cijeruk, Bogor. Terletak di lereng bukit Gunung Salak, Villa Rumah Putih memberikan suasana yang nyaman, dengan berbagai fasilitas seperti area outbond, area pertemuan dalam ruangan, kegiatan arung jeram dan paintball. Disini juga terdapat area barbekyu dan peralatan untuk acara yang bisa anda sewa selama menginap disini.

3. Highland Park Resort

Highland Park Resort merupakan pilihan tepat jika anda mencari petualangan yang berbeda dengan resort lain di Bogor. Dengan konsep tenda Mongolia, resort ini menawarkan tempat yang tidak hanya cocok untuk berpetualang, tapi juga nyaman. Fasilitas yang disediakan juga cukup nyaman, dengan tempat tidur yang nyaman, sofa, toilet, dan juga AC.

4. Kebun Raya Cibodas

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Jepang hanya untuk melihat bunga sakura. Kebun Raya Cibodas Bogor dipenuhi puluhan pohon sakura yang indah. Karena iklimnya yang dingin, anda akan dapat melihat bunga sakura berwarna merah muda dan putih di ladang hijau Taman Sakura, yang merupakan bagian dari Kebun Raya. Bunga berumur pendek ini biasanya mekar pada bulan Januari dan Februari, dengan masa hidup yang pendek kurang dari seminggu. 

5. Little Venice Puncak

Little Venice adalah sebuah danau buatan yang didesain semirip mungkin dengan arsitektur dan struktur alam di Venesia, Italia. Di sini, anda dapat mencoba berbagai wahana yang tersedia, mulai dari sepeda kecil untuk anak-anak hingga gondola yang dapat anda dayung sendiri. Wahana menarik lainnya yang wajib kamu coba adalah Mississippi Boat Ride dengan suasana bertema barat.

6. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki taman bunga yang sangat romantis. Kebun raya ini memiliki beberapa taman yang terinspirasi dari berbagai tempat di dunia, seperti Prancis, Mediterania, Jepang dan keindahan lokal, Taman Bali. Namun, daya tarik utama dari tempat ini adalah Labirin Rahasia. Taman ini terinspirasi oleh konsep Taman Labirin dan Tembok Troy yang ada berabad-abad yang lalu.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bogor

7. Deer Farm 

Didirikan pada tahun 1993, peternakan rusa seluas 5 hektar ini akan memberi anda pengalaman yang tidak akan terlupakan. Terletak di desa Buana Jaya, terdapat berbagai jenis rusa di sini, dari Rusa Cheetal, Rusa Bawean dan Rusa Jawa. Disini pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan dan bermain dengan rusa, serta mengambil beberapa gambar. Staf akan menawarkan ubi jalar untuk dibeli, jadi anda bisa memberi makan rusa. 

8. Gunung Batu Jonggol

Di ketinggian sekitar 875 meter di atas permukaan laut, Gunung Batu Jonggol menawarkan pengalaman mendaki yang cukup ringan untuk pemula. Meskipun perjalanannya tidak terlalu menantang, pemandangan dari atas sangat memukau. Dengan keindahan kawasan Jonggol dan Gunung Gede Pangrango di kejauhan, anda dapat berfoto dengan latar belakang yang memukau.

9. Gunung Munara Rumpin

Pada ketinggian 1.119 meter di atas permukaan laut, anda membutuhkan waktu hampir sehari untuk mencapai puncak Munara Rumpin. Banyak pendaki gunung akan berkemah dan memanjakan diri mereka dengan matahari terbit yang menakjubkan di puncak. Jika Anda tidak membawa cukup perbekalan untuk membuat anda tetap berenergi, jangan khawatir. Dalam perjalanan anda, anda akan menemukan kios yang menjual minuman, makanan, dan barang-barang lainnya.

10. Lake Quarry

Tempat wisata di Bogor yang selanjutnya adalah Lake Quarry. Perpaduan langit biru, lanskap hijau yang tinggi, dan air yang jernih dan bersih terisi penuh setelah hujan akan mendorong anda untuk mengambil lebih dari selusin selfie di sini. Pastikan untuk memperhatikan langkah anda di tebing tinggi, karena keindahan alam ini belum dilengkapi dengan infrastruktur yang layak untuk hiking.

11. Pondok Rasamala

Jika anda menyukai alam tetapi tidak ingin melepaskan kenyamanan kehidupan modern, Pondok Rasamala menyediakan keseimbangan yang tepat. Bersantai di tengah hutan pinus, minus peralatan camping karena tempat ini menyiapkan segala perlengkapan, makanan, bahkan toilet. Di perkemahan ini, anda akan mendengarkan aliran air dari air terjun terdekat, belajar membuat api unggun dan tertidur karena suara jangkrik di malam hari.

12. Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Terletak di Gunung Ciseeng yang jarang dijelajahi, Pemandian Air Panas Gunung Peyek menawarkan ketenangan dengan obat jiwa dan raga. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, air hangat pasti akan menghilangkan stres anda sementara formasi kolam yang unik akan membuat anda kagum pada hadiah alam.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bogor

13. Cimory Riverside

Cimory Riverside tidak hanya menyajikan makanan lezat, tetapi juga pemandangan indah saat anda menikmati makanan anda. Dengan cuaca yang sejuk, pemandangan sungai dan makanan yang enak, ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan hang out  serta dengan harga yang sangat terjangkau juga.

14. Death by Chocolate

Jika anda menyukai makanan manis dan menyukai segala sesuatu tentang coklat, maka Death by Chocolate adalah tempat yang tepat untuk anda. Dengan suasana misterius, restoran yang terletak di Taman Kencana Bogor ini menawarkan berbagai suguhan di menunya. Ada jajanan ringan dengan cokelat sebagai sajian andalan, hingga Frittatas dan Spaghetti jika anda ingin sesuatu yang lebih berat.

15. Pasar Terapung Ah Poong

Pastikan untuk mengunjungi Pasar Terapung Ah Poong. Pujasera yang secara mengejutkan terletak di atas sungai, yang sangat unik dan bahkan menawarkan berbagai kegiatan untuk anak-anak.  Terdiri dari dua gunung yang menjulang tinggi, Gunung Salak dan Gunung Halimun, taman nasional ini telah lama menjadi tujuan liburan akhir pekan favorit semua orang.

 

16. The hidden Curug Ciampea

Terletak di Taman Nasional Halimun, saat anda berjalan melewati hutan pinus, anda akan menemukan jalan setapak menuju banyak air terjun, dan yang pertama adalah Curug Ciampea. Pada kedalaman kurang dari satu meter, berenanglah dengan cepat dan nikmati ketenangan air terjun tersembunyi ini.

17. Green Lagoon

Tempat wisata di Bogor yang terletak di taman nasional Halimun yang selanjutnya adalah Green Lagoon. Turun dari Curug Ciampea, anda akan disambut oleh Green Lagoon ini. Dengan kedalaman dua meter, green lagoon sama memesonanya dengan Ciampea, anda dapat bersantai dengan nyaman disini sambil menikmati keindahan alam sekitar.

18. Taman Safari Indonesia, Cisarua

Taman Safari Indonesia bisa dibilang salah satu objek wisata favorit di Bogor dan taman hiburan alam terpopuler di Indonesia.  Dibangun pada tahun 1980, Taman Safari Indonesia pertama di Cisarua, dibangun di atas perkebunan teh seluas 50 hektar. Saat ini, Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor, telah berkembang menjadi 168 hektar dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendidikan dan rekreasi.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bogor

19. The Jungle Waterpark

The Jungle Waterpark adalah tempat yang indah untuk dikunjungi keluarga, teman, dan bahkan pasangan. Ada banyak pengalaman seru yang menanti, dengan berbagai olahraga air dan aktivitas yang tersedia. Ada Kiddy Pool, tempat anak-anak dapat bermain, dan mereka pasti akan bersenang-senang dengan pistol air, seluncuran spiral dan banyak lagi. Ada juga kolam air panas 40 derajat yang menjadi favorit pengunjung, bersama dengan Leisure Pool di mana orang dapat berendam dan makan di tengah kolam.

20. Curug Leuwi Lieuk

Tempat wisata di Bogor yang berikutnya adalah Curug Leuwi Lieuk. Dikelilingi oleh tanaman hijau hutan yang rimbun di tengah tebing berbatu adalah surga kecil ini. Airnya tidak hanya sejuk dan segar, tetapi sangat jernih sehingga selfie di bawah air adalah suatu keharusan!

21. Curug Leuwi Hejo

Tempat wisata di Bogor memang terkenal dengan air terjunnya, salah satu yang sedang populer di kalangan wisatawan adalah Curug Leuwi Hejo. Beberapa orang mengagumi kemiripan air terjun ini dengan Green Canyon Bogor yang terkenal, hanya dengan pengalaman yang jauh lebih murah dan otentik.

22. Curug Negri

Air terjun yang selanjutnya adalah curug negri. Air terjun bertingkat yang spektakuler ini adalah tempat yang sempurna untuk berenang sambil berswafoto. Arus dari puncak tebing tidak terlalu cepat, sehingga anda mendapatkan pemandangan yang megah dari semua sudut. Anda dapat mengambil banyak foto dengan latar belakang yang menakjubkan.

23. Curug Bidadari Cikoneng

Ada banyak sekali air terjun di Bogor, dan salah satu air terjun yang paling terkenal dari semuanya adalah Curug Bidadari Cikoneng atau Air Terjun Nymph Cikoneng. Nama Cikoneng berasal dari Cai yang berarti air dalam bahasa Sunda, dan Koneng berasal dari Bojong Koneng yang merupakan desa tempat air terjun tersebut berada. Di bawah air terjun, ada kolam besar dengan air jernih yang sangat cocok untuk berenang. 

24. Rumah Kampung Budaya Sindangbarang

Kurang lebih 5 km dari kota Bogor, desa budaya Sindangbarang merupakan desa tertua di Bogor. Di desa budaya ini, banyak hal yang bisa dieksplor dan dinikmati,seperti 8 jenis kesenian Sunda yang telah direvitalisasi dan dilestarikan oleh penduduknya. Ada juga Bukit Bertingkat yang merupakan situs purbakala peninggalan Kerajaan Pajajaran.  

25. Canopy Trail

Menawarkan perspektif yang mengesankan dari hutan hujan besar ini, Canopy Trail adalah jalan setapak setinggi 130 meter di puncak pohon, dimulai di hutan dan berakhir di Air Terjun Ciwalen. Saat anda berjalan-jalan di antara panorama hijau surgawi, anda akan benar-benar disegarkan oleh angin sejuk dari udara segar. Pastikan anda berhenti untuk selfie.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bogor

26. Alun-Alun Surya Kencana

Alun-Alun Surya Kencana adalah sabana dengan luas lebih dari 50 hektar, terletak di ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut. Suhu dan lokasi yang sejuk adalah iklim yang sempurna bagi Edelweiss yang sulit ditangkap, bunga keabadian, untuk berkembang. Cukup mendaki untuk sampai ke sini dan menikmati keindahan kebun bunga edelweiss.

27. Gunung Gede

Tempat wisata di Bogor yang selanjutnya adalah Gunung Gede. Tujuan utama bagi sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional adalah puncak Gunung Gede Pangrango. Cukup dengan mendaki selama sekitar 2 jam dan anda akan disuguhi pemandangan luas dan paling memuaskan dari seluruh taman nasional.

28. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Tidak hanya objek wisata lainnya, anda juga bisa mengunjungi Pura Parahyangan Agung Jagatkartta adalah pura Hindu, tempat umat Hindu pergi untuk berdoa dan beribadah. Sebelum memasuki area utama pura, terdapat dua pura yaitu Pura Melanting dan Pura Pasar Agung, yang dibangun khusus untuk pemujaan, di mana sesaji akan disucikan sebelum dipersembahkan kepada para Dewa di Pura Jagatkarta.

29. Raja Factory Outlet

Jika anda secara khusus mencari factory outlet, anda hanya perlu menuju Jalan Pajajaran di Bogor Utara dan anda akan menemukan banyak factory outlet yang berbeda. Sama seperti factory outlet lainnya, Raja Factory Outlet menawarkan barang-barang branded dengan harga yang murah. FO ini juga memberikan diskon musiman yang besar, biasanya selama Ramadhan dan sekitar Natal. 

30. Taman Matahari Puncak

Sebagai taman rekreasi dan pendidikan, Taman Matahari menyediakan petualangan arung jeram bagi para pencari sensasi adrenalin. Arung jeram di Sungai Ciliwung di Taman Matahari adalah alternatif yang lebih nyaman, terutama jika Anda berkendara dari Jakarta. Ada dua jenis arung jeram, yaitu 600m dan 3km. Melakukan petualangan arung jeram di sini cukup mudah, dan untungnya cocok untuk pemula. 

31. Perkebunan Teh Gunung Mas

Perkebunan Teh Gunung Mas adalah tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi, disini anda dapat melihat tanaman hijau dan pegunungan yang menenangkan. Aktivitas lain yang tersedia adalah tea walk dimana anda akan ditemani oleh pemandu. Selain acara-acara menarik ini, anda juga dapat mengikuti tur keliling pabrik teh, dan bahkan bermalam di penginapan.

32. Bukit Paralayang 

Jika anda mencari olahraga yang lebih ekstrim di Bogor, maka anda harus mencoba Paralayang di Bukit Paralayang Bogor. Sensasi terbang 1.3km di atas permukaan laut pasti akan menjadi salah satu pengalaman tak terlupakan seumur hidup anda. Akan ada instruktur profesional yang paralayang dengan anda selama 15 menit pengalaman, jika anda khawatir tentang paralayang sendirian.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS