Sukses

12 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Hati-hati Tertipu

cara membedakan madu asli dan palsu dengan melakukan beberapa tes sederhana dirumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membedakan madu asli dan palsu dapat dilakukan dengan melakukan beberapa tes sederhana. Madu dikenal karena manfaat kesehatannya yang baik untuk tubuh, penuh nutrisi dan antioksidan. Manfaat madu membantu membantu tubuh dengan menjaga dan meningkatkan berbagai proses penting dalam tubuh. 

Sayangnya saat ini banyak beredar madu palsu dipasaran, sehingga penting untuk memahami cara membedakan madu asli dan palsu sebelum membelinya, agar anda tidak tertipu dengan produk palsu yang beredar dengan bebas dipasaran.

Untuk menikmati manfaat yang diperoleh dari madu, penting untuk mengetahui kemurniannya. Tanpa pengetahuan ini, anda mungkin membeli produk berkualitas buruk, yang sangat berbeda dengan apa yang dihasilkan lebah. Banyak perusahaan telah mengambil keuntungan dari menjual madu palsu yang tidak membawa manfaat yang sama, menjadikannya lebih penting daripada sebelumnya untuk mengetahui cara membedakan madu asli dan palsu.

Berikut ini, Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2022) tentang cara membedakan madu asli dan palsu dengan melakukan beberapa tes sederhana dirumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Sebelum mengetahui cara membedakan madu asli dan palsu, penting untuk mengetahui perbedaan dari madu asli dan palsu. Madu asli adalah madu murni yang seharusnya berasal langsung dari lebah, bukan dari pabrik. Sering disebut madu 'organik' atau 'alami', madu murni dibuat oleh lebah, madu organik dibuat oleh lebah yang diberi makan oleh bunga yang ditanam secara organik.

Sedangkan madu palsu adalah madu yang dibuat manusia, dan hampir tidak mungkin untuk membedakan dari madu asli saat dikemas. Namun ada banyak cara untuk mengenali madu palsu. Berikut ini cara membedakan madu asli dan palsu:

1. Keadaan lengket

Cara membedakan madu asli dan palsu yang pertama adalah dengan mengukur kelengketan madu. Madu asli tidak lengket jika digosok dengan jari, namun madu palsu lengket karena pemanis yang ditambahkan dalam pembuatannya. Perbedaan ini mudah untuk diuji dan sangat terlihat.

2. Tekstur

Madu asli memiliki tekstur yang cukup kental, membutuhkan waktu untuk bergerak, sedangkan madu palsu sangat cair dan cepat tumpah, bergerak dan berpindah. Cara terbaik untuk mengujinya adalah dengan melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berpindah dari satu sisi toples madu ke sisi lainnya, atau dengan meletakkannya di jari Anda dan melihat apakah itu langsung mengalir.

3 dari 4 halaman

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

3. Aroma

Madu asli memiliki aroma yang ringan dan sering kali beraroma bunga. Bau ini bisa berubah dengan pemanasan dan pendinginan, namun madu palsu seringkali tidak berbau sama sekali, atau bisa memiliki aroma asam. Mengetahui perbedaannya dapat membutuhkan sedikit latihan, kecuali jika anda memiliki madu asli dan palsu untuk dibandingkan dalam pengujian.

4. Pemanasan

Saat dipanaskan, madu asli akan cepat menjadi lebih kental, tidak menghasilkan busa. Namun, madu palsu akan menghasilkan gelembung dan tidak akan pernah menjadi karamel. Perbedaan mencolok ini dengan cepat membantu memisahkan madu palsu dari madu asli.

5. Tes roti

Oleskan madu pada sepotong roti. Madu asli akan mengeras dalam waktu sekitar 60 detik. Madu palsu tidak akan pernah mengeras, malah membuat roti menjadi lembab karena menambah kelembaban. Ini adalah tes sederhana lainnya untuk menentukan apakah madu yang Anda gunakan murni.

6. Melarutkan

Madu asli tidak larut dalam air, melainkan mengendap di dasar air dalam bentuk gumpalan. Jika diaduk, madu asli bisa encer dalam waktu lama. Madu palsu langsung larut dalam air, membuatnya cepat terlihat bahwa itu tidak murni.

7. Tes batang korek api

Cara membedakan madu asli dan palsu yang berikutnya adalah dengan melakukan tes batang korek api. Celupkan batang korek api ke dalam madu. Jika madu asli, jika akan mudah menyala setelah direndam, namun madu palsu akan menghentikan pencahayaan korek api karena kadar airnya.

4 dari 4 halaman

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

8. Kotoran

Madu asli seringkali mengandung kotoran kecil, dengan sedikit serbuk sari atau partikel yang berubah warna. Madu palsu tidak akan memiliki kotoran, menjadi benar-benar jernih dan teksturnya halus dan konsisten.

9. Roh termetilasi

Anda dapat menguji apakah madu asli atau palsu dengan menggabungkannya dengan minuman beralkohol. Saat mencampur madu asli dengan alkohol yang dimetilasi, madu akan tetap mengendap di dasar wadah apa pun. Madu palsu tidak akan melakukan ini, melainkan larut dalam spiritus dan membuat larutan tampak seperti susu.

10. Rasa

Cara membedakan madu asli dan palsu yang selanjutnya adalah dengan melakukan tes rasa. Rasa madu asli dan murni hanya bertahan selama beberapa menit. Madu palsu akan memiliki rasa yang bertahan lebih lama karena gula membuat rasa tetap bertahan di mulut.

11. Daya serap

Madu asli tidak ternoda. Misalnya, jika tetesan diletakkan di atas kertas isap, tetesan itu akan tetap berada di atas dan tidak akan terserap. Jika dituangkan ke bahan kain putih, madu asli juga tidak akan ternoda. Madu palsu, bagaimanapun, diserap ke dalam kertas blotting, juga menodai jika dijatuhkan ke kain putih.

12. Tes kuning telur

Jika anda menuangkan madu asli ke dalam wadah berisi kuning telur, kuning telur akan terlihat seperti matang saat Anda mengaduk adonan. Dengan madu palsu, tidak akan ada perubahan pada kuning telur saat proses ini dilakukan, tetap sama.

 

Demikian cara membedakan madu asli dan palsu yang akan dengan cepat membantu anda mengetahui apakah madu yang anda miliki asli atau palsu. Anda bahkan dapat melakukan kombinasi dari semua metode ini untuk memastikan anda benar-benar mendapatkan madu yang asli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.