Sukses

8 Wisata Pulau Pari di Kepulauan Seribu, Wisata Keluarga yang Bikin Liburan Tambah Seru

Pulau Pari merupakan salah satu pulau populer yang berada di Kepulauan Seribu.

Liputan6.com, Jakarta Pulau Pari merupakan salah satu dari enam bagian kelurahan di Kepulauan Seribu Selatan. Seperti namanya, Pulau Pari merupakan pulau yang berada di wilayah laut dangkal dan banyaknya ikan pari yang mengelilingi pulau. Wisata Pulau Pari sering menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga mereka.

Anda bersama keluarga dapat menghabiskan waktu di Pulau Pari dengan berbagai aktivitas air, maupun hanya menikmati nyamannya suasana pulau. Hal ini karena wisata Pulau Pari yang didominasi oleh pantai. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir akan merasa bosan karena setiap tempat wisata di Pulau Pari memiliki pesona yang berbeda. 

Berbagai agen paket wisata Pulau Pari telah tersedia. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, maka Anda dapat menyusun rencana liburan lebih mudah dengan menggunakan agen.

Akan tetapi, hal ini juga tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang ingin mengatur liburan Anda sendiri untuk menjelajahi Pulau Pari. Anda dapat melakukan hal-hal yang mungkin belum atau tidak terencana sebelumnya. Berikut liputan6.com rangkum tentang wisata Pulau Pari dari berbagai sumber, Senin (24/10/22) :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Pantai di Pulau Pari

1. Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan merupakan wisata Pulau Pari terbaik yang paling populer dan digemari banyak orang. Anda yang lelah akan hiruk pikuk ibukota dapat melepaskan penat dengan melarikan diri ke pantai yang satu ini. Hamparan pasir putih bersih di sepanjang pantai akan segera menyambut kedatangan Anda. Perpaduan warna biru, tosca dan hijau pada panorama Pantai Pasir Perawan menjadi alasan utama pantai ini begitu menawan. Pohon bakau di sekitar pantai juga akan menambah suasana asri dari pantai ini. Selain itu, Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga dengan bersantai di saung-saung yang ada di tepi pantai sambil menyantap berbagai hidangan. Lingkungan yang terjaga kebersihannya menjadi alasan lain mengapa pantai ini nyaman untuk dikunjungi.

2. Pantai Pasir Kresek

Wisata Pulau Pari yang pertama adalah Pantai Pasir Kresek. Hamparan pasir putih dan warna air laut yang hijau toska akan segera menyambut kedatangan Anda di pantai ini. Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk melihat banyaknya biota laut di pantai ini, termasuk ikan pari, bintang laut dan penyu. Selanjutnya, Anda dapat menghabiskan waktu dengan orang-orang tercinta sambil makan bersama di sini. Selain itu, terdapat pohon-pohon pinus dan kelapa di sekitar pantai yang akan menyempurnakan suasana.

 

3. Pantai LIPI

Wisata Pulau Pari yang selanjutnya merupakan tempat wisata yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pantai yang satu ini memang digunakan untuk kepentingan penelitian. Akan tetapi, Anda masih dapat mengunjungi Pantai LIPI dan mempelajari berbagai hewan dan tumbuhan laut. Anda juga dapat mengakhiri hari Anda dengan matahari terbenam di pantai ini.

 

3 dari 5 halaman

Wisata Pantai dan Hutan Mangrove di Pulau Pari

 

4. Pantai Bintang

Pantai kedua yang menjadi bagian dari wisata Pulau Pari adalah Pantai Bintang. Tidak hanya Pantai Kresek, sekitar Pantai Bintang juga dipenuhi dengan pohon-pohon pinus yang akan melindungi Anda dari sengatan sinar matahari. Nama Pantai Bintang diberikan karena ditemukannya banyak jenis bintang laut di pantai ini. Selain itu, di Pantai Bintang juga masih terdapat banyak terumbu karang yang siap memanjakan mata Anda. Anda dijamin tidak akan bosan ketika berkunjung ke pantai yang satu ini karena terdapat ruang baca, camping ground dan play ground untuk menyempurnakan liburan Anda bersama keluarga.

5. Pantai Tanjung Rengge

Anda dapat menikmati pantai di Pulau Pari yang masih terbilang baru ini bersama orang-orang terkasih dengan berjalan atau bersepeda di sekitar pantai. Anda dijamin dapat menghilangkan penat di pantai yang masih asri dan bebas polusi ini. Padang ilalang di sepanjang jalan menuju Pantai Tanjung Rengge juga akan menyempurnakan perjalanan Anda.

6. Hutan Mangrove

Hutan mangrove merupakan salah satu tempat wisata edukasi di Pulau Pari. Anda dapat menjelajahi wisata Pulau Pari yang satu ini dengan menggunakan perahu yang telah disediakan. Terdapat berbagai biota laut, termasuk terumbu karang dan ikan yang dapat Anda lihat. Selain mempelajari berbagai biota laut, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan media sosial Anda dengan latar belakang hutan mangrove yang hijau dan asri. 

4 dari 5 halaman

Wisata Pulau Pari

7. Dermaga Bukit Matahari

Bagi Anda pecinta atau pemburu matahari terbenam, maka tempat wisata Pulau Pari yang satu ini menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkannya. Sembari menikmati matahari tenggelam, Anda dapat melihat aktivitas kapal-kapal kecil di dermaga ini. Meskipun lebih menyerupai gundukan pasir daripada bukit hijau pada umumnya, tetapi Anda tidak akan menyesal berkunjung ke sini. Pepohonan hijau di sekitar dermaga akan lebih dari cukup untuk menyempurnakan waktu Anda menikmati indahnya matahari terbenam.

 

8. Menjelajah Pulau Pari

Tidak hanya menikmati pemandangan dan suasana di berbagai tempat wisata Pulau Pari, Anda juga dapat menjelajahi Pulau Pari dengan berbagai aktivitas. Mulai dari aktivitas air, seperti snorkeling, memancing, canoe, banana boat dsb hingga bersepeda. Anda dapat menggunakan sepeda untuk mengelilingi rumah penduduk dan melihat berbagai aktivitas yang mereka lakukan.

5 dari 5 halaman

Cara Menjangkau dan Fasilitas Pulau Pari

Dilansir dari jakarta-tourism.go.id, berikut beberapa transportasi yang bisa Anda gunakan untuk sampai di Pulau Pari :

1. Dermaga Marina, Ancol

Jika Anda melakukan perjalanan ke Pulau Pari dari Dermaga Marina, Ancol, estimasi biaya yang perlu Anda keluarkan berkisar antara Rp100.000 hingga Rp300.000. Anda dapat menggunakan speed boat selama 30 menit dari dermaga ini, mulai dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB

2. Dermaga Kali Adem, Muara Angke

Anda dapat menggunakan kapal dishub dengan biaya mulai dari Rp44.000 per orang dari Dermaga Kali Adem. Anda akan sampai Pulau Pari setelah melakukan perjalanan kapal selama kurang lebih satu setengah jam. Anda dapat menggunakan kapal dishub mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIB setiap harinya.

Selain kapal dishub, Anda juga dapat memanfaatkan kapal tradisional dengan estimasi biaya yang sama. Lama perjalanan menggunakan kapal tradisional juga serupa dengan kapal dishub, yang membedakan adalah waktu operasionalnya, yakni hanya pada hari sabtu dan minggu pukul 08.00 WIB.

Tidak hanya tersedianya transportasi air untuk memudahkan perjalanan menuju Pulau Pari, berbagai fasilitas yang tersedia di Pulau Pari juga akan memudahkan Anda. Jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di Pulau Pari, Anda dapat menyewa berbagai jenis penginapan, seperti losmen, home stay dan cottage.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini