Sukses

61 Kata-Kata Ucapan Hari Sumpah Pemuda, Gugah Semangat Membangun Bangsa

Liputan6.com, Jakarta Sumpah pemuda adalah salah satu momen paling bersejarah dalam kehidupan bangsa Indonesia. Pada Hari Sumpah Pemuda, para pemuda dan pemudi yang berbeda latar belakang suku dan daerah memtuskan untuk mengikat janji bersatu dalam Kongres Pemuda II pada 27—28 Oktober 1928 di Batavia. 

Menandai perjuangan para pemuda pada masa itu untuk menyingkirkan segala perbedaan suku dan kedaerahan untuk bersatu di bawah nama bangsa Indonesia. Mereka menyingkirkan segala identitas kedaerahan, menyingkirkan sentimen primordialisme untuk meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sekarang Indonesia telah merdeka usai teks Proklamasi dibacakan pada 17 Agustus 1945. Kita sebagai pemuda, sebagai generasi penerus, dan sebagai agen perubahan, wajib memanfaatkan Hari Sumpah Pemuda untuk bangkit dengan penuh semangat demi membangun bangsa dan negara tercinta ini.

Kontribusi sekecil apa pun itu akan berarti pembangunan bangsa dan negara, serta untuk menghadapi tantangan global. Sebagai pemuda kita juga harus menatap masa depan dengan cara tekun menempa diri dan meningkatkan kompetensi.

Untuk itu, dibutuhkan semangat penggerak dalam bentuk apa pun, meski hanya kata-kata ucapan Hari Sumpah Pemuda, selama itu bisa membangkitkan semangat kita untuk berjuang, tetap saja itu adalah sebuah kontribusi.

Berikut adalah 61 kata-kata ucapan Hari Sumpah Pemuda, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Tuhan hanya akan mengubah nasib sebuah bangsa jika bukan bangsa itu sendiri yang mengubahnya. Bersatulah wahai pemuda pemudi dan ubahlah negara Indonesia menjadi lebih baik.

2. Aku hanya pemuda biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dan dengan cara Indonesia."

3. Busungkan dadamu wahai pemuda, pandanglah ke depan, ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati, dan raihlah sebuah kemerdekaan, Kemerdekaan Indonesia yang sejati.

4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.

5. Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari hati, alam akan saling bahu-membahu untuk mewujudkannya.

6. Bangkitlah pemuda, jangan terlena akan keadaan. Ingat, kita masih dalam masa perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki.

7. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Yang muda yang berkarya.

8. Bersatulah wahai pemuda, Kemajuan bangsa Indonesia ada di genggamanmu.

9. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mulailah dari dirimu sendiri. Mulailah dari hal yang kecil. Mulailah dari sekarang.

10. Tegas, lugas, dan berani, itulah kita pemuda. Negara ini berdiri karena seluruh pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, pemuda kita akan tetap bersatu.

3 dari 7 halaman

11. Tidak banyak yang bisa kami tulis. Untuk Indonesia terutama Sumpah Pemuda, semoga semua semangat itu akan hidup dalam diri kami untuk selama-lamanya.

12. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Kobarkan semangatmu para generasi muda untuk kemajuan Indonesia.

13. Perbedaan yang ada bukanlah penghalang untuk bersatu. Jadikan keberagaman sebagai alasan untuk menyatukan semuanya. Semangat menjalani nilai-nilai Sumpah Pemuda.

14. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Kita sebagai generasi perjuangan para pahlawan wajib menjaga nilai nilai perjuangan mereka.

15. Pada Hari Sumpah Pemuda ini, mari kita ingat kembali bahwa setiap perempuan juga bisa melakukan apa pun yang ia inginkan dan berhak menyuarakan aksi dan aspirasinya.

16. Wahai pemuda, berhenti menyalahkan, berhenti berkeluh kesah, berhenti merengek dan mengemis kepada bangsa lain. Singsingkan lengan bajumu dan cintailah bangsa ini setulus jiwa. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

17. Untuk semua pemuda-pemudi Indonesia, selamat Hari Sumpah Pemuda. Seperti sumpah yang telah diucapkan. Semoga kita semua akan menjalankan sumpah tersebut dengan baik. Bisa menjadi pendorong perubahan untuk negara.

18. Mari terus menjaga sejarah para pendahulu kita sebagai elemen bangsa yang selalu turun tangan dalam menjawab segala permasalahn bangsa kita. Melawan korupsi dan menciptakan sebanyak-banyaknya karya untuk kejayaan bangsa kita.

19. Refleksi Sumpah Pemuda, saatnya berkontribusi nyata mewujudkan Indonesia maju.

20. Tuhan tidak merobah nasibnya sesuatu bangsa sebelum bangsa itu merobah nasibnya (Pidato HUT Proklamasi, 1964 Bung Karno).

4 dari 7 halaman

21. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961).

22. Aku Lebih suka lukisan Samodra yang bergelombangnya memukul, menggebu-gebu, dari pada lukisan sawah yang adem ayem tentrem, Kadyo siniram wayu sewindu lawase. (Bung Karno)

23. Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. (Bung Karno).

24. Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan." (Bung Karno).

25. Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun. (Bung Karno)

26. Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat. (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno).

27. Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain. (Pidato HUT Proklamasi, 1966 Bung Karno)

28. Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan indonesia yang sejati.

29. Barangsiapa ingin mutiara, ia harus berani terjun di lautan yang dalam. (Soekarno)

30. Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki.

5 dari 7 halaman

31. Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan. (Bung Karno).

32. Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya. (Bung Karno).

33. Tuhan hanya akan merubah nasib sebuah bangsa jika bangsa itu hendak merubah nasib bangsanya sendiri. Bersatulah para pemuda dan pemudi indonesia dan ubahlah nasib bangsa kita supaya lebih baik dari sebelumnya.

34. Setiap orang memiliki porsi kegagalannya. Berlomba-lomba untuk menghabiskan porsi itu disaat muda.

35. Jika engkau takut akan kritik, dan ketakutan itu lebih besar dari keinginanmu, maka engkau termasuk orang yang gagal.

36. Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu-membahu mewujudkannya. – Soekarno.

37. Seorang pemuda sejati adalah yang mengatakan "Inilah saya". Dan bukanlah pemuda yang mengatakan "Inilah yang saya punya."

38. Mepersatukan gugusan pulau yang terpecah dan menjadikannya satu kebangsaan dan satu tanah air yaitu tanah air indonesia bukanlah hal yang mudah, hargai dan hormatilah jasa para pahlawan indonesia dan tumbuhkanlah rasa persaudaraan sesama bangsa karena kita semua adalah saudara.

39. Kemajuan suatu bangsa terletak di genggaman para pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda, wahai generasi emas.

40. Sumpah Pemuda bukan sekadar teks sejarah, tetapi seperti kepalan tangan berlumuran darah. Meski merasa sakit, tetap banggalah mengatakan 'saya Indonesia'. Selamat hari Sumpah Pemuda. Semoga semangat juang para pemuda 92 tahun lalu tidak akan pernah lekang oleh waktu.

6 dari 7 halaman

41. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga para pemuda-pemudi Indonesia bisa menjadi penerus bangsa yang kompeten.

42. Jika kita tidak bisa mengubah Indonesia dengan kedudukan, maka ubahlah dengan semangatmu dan buat kepribadian kita menjadi berkarakter. Tentu menjadi bagian yang tidak terpisahkan antara perjuangan dan mempertahankan NKRI.

43. Kita harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

44. Indonesia butuh generasi kuat dan tangguh. Indonesia butuh generasi yang punya tekad memajukan negeri. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

45. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga kita generasi muda menjadi penerus bangsa yang lebih baik.

46. Satu bangsa, satu bahasa, satu tanah air pemuda Indonesia. Jadilah pemuda berani, tangguh, dan berprinsip. Indonesia tercipta karena seluruh pemuda bersatu, tidak tercerai berai.

47. Untuk para pemuda, belajarlah tanpa kenal lelah. Jadilah pemuda yang berkualitas dan selalu junjung tinggi rasa cinta terhadap tanah airmu.

48. Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

49. Kemajuan suatu bangsa ada di genggaman para pemuda, Selamat Hari Sumpah Pemuda."

50. Jangan kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi, dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda.

7 dari 7 halaman

51. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mari kita kobarkan semangat pemuda ke seantero penjuru Indonesia.

52. Pemuda harus menjadi sumber ide kreatif yang berperan penting dalam memajukan Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

53. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Kita sebagai generasi perjuangan para pahlawan wajib menjaga nilai-nilai perjuangan mereka.

54. Wahai pemuda, berhenti menyalahkan, berhenti berkeluh kesah, berhenti merengek dan mengemis kepada bangsa lain. Singsingkan lengan bajumu dan cintailah bangsa ini setulus jiwa. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

55. Untuk semua pemuda-pemudi Indonesia, Selamat Hari Sumpah Pemuda. Seperti sumpah yang telah diucapkan, semoga kita semua akan menjalankan sumpah tersebut dengan baik. Bisa menjadi pendorong perubahan untuk negara.

56. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mari terus menjaga sejarah para pendahulu kita sebagai elemen bangsa yang selalu turun tangan dalam menjawab segala permasalahn bangsa ini.

57. Refleksi Sumpah Pemuda, saatnya berkontribusi nyata mewujudkan Indonesia maju. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

58. Bangkitlah pemuda, jangan terlena akan keadaan. Ingat, kita masih dalam masa perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki.

59. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Pada Hari Sumpah Pemuda ini, mari kita ingat kembali bahwa setiap perempuan juga bisa melakukan apa pun yang ia inginkan dan berhak menyuarakan aksi dan aspirasinya.

60. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Bersatulah wahai pemuda, kemajuan bangsa Indonesia ada di genggamanmu. Melawan korupsi dan menciptakan sebanyak-banyaknya karya untuk kejayaan bangsa.

61. Selamat Hari Sumpah Pemuda, wahai agen perubahan.

Demikian adalah sejumlah kata-kata ucapan Hari Sumpah Pemuda yang diharapkan dapat menggugah semangat para pemuda generasi Millenial dan Generasi Z untuk bangkit dan semangat untuk terus berkontribusi demi membangun dan memajukan bangsa dan negara Indonesia agar dapat terus maju dan bersaing dengan dunia global.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS