Sukses

18 Obyek Wisata Bandung Murah Meriah, Rekomendasi Liburan Low Budget

Berikut adalah rekomendasi sejumlah obyek wisata Bandung murah meriah yang bisa Anda kunjungi dalam rangkaian liburan low budget Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bandung adalah salah satu tempat yang sangat asyik untuk dijadikan tujuan jalan-jalan. Obyek wisata Bandung juga sangat banyak dan sangat hits. Tidak hanya itu, banyak di antara obyek wisata Bandung yang memiliki suasana yang indah sehingga sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

Sebut satu nama obyek wisata Bandung apa saja, di sana pasti akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Selain itu obyek wisata Bandung menyediakan berbagai macam tempat yang variatif, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, dan sebagainya.

Tentu saja, untuk bisa menghabiskan waktu liburan dengan jalan-jalan di sejumlah obyek wisata Bandung harus menyiapkan anggaran. Ini adalah salah satu alasan yang membuat orang mungkin merasa ragu untuk jalan-jalan ke luar kota. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada banyak obyek wisata Bandung murah meriah yang bisa menjadi pilihan menarik dalam serangkaian rencana liburan low budget.

Tentu saja untuk bisa menghabiskan waktu liburan low budget di Bandung, penting untuk memilih obyek wisata Bandung yang murah meriah, kalau bisa gratis untuk bisa masuk ke sana.

Berikut ini adalah sejumlah obyek wisata Bandung murah meriah, yang bisa Anda kunjungi dalam rencana liburan low budget Anda, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Alun-Alun Kota Bandung

Obyek wisata Bandung murah meriah yang pertama adalah Alun-Alun Kota Bandung. Tidak hanya murah meriah, Alun-Alun Kota Bandung bisa masuk dalam daftar obyek wisata Bandung untuk liburan low budget, karena untuk bisa nongkrong di tempat ini, kamu tidak akan dikenakan tarif masuk.

Obyek wisata ini selalu ramai dipenuhi oleh wisatawan. Fasilitas yang mendukung membuat Alun-Alun Bandung banyak menarik wisatawan dan bisa betah berlama-lama di sini. Di sekitar Alun-Alun Bandung terdapat banyak pedagang kaki lima yang menyajikan jajanan yang murah meriah.

2. Masjid Raya Bandung

Bagi kamu yang beragama Islam, kamu bisa melaksanakan ibadah sholat di masjid megah yang sangat ikonik di Bandung. Selain beribadah, Anda juga bisa beristirahat sejenak di tempat ini sambil menikmati pemandangan luar masjid yang segar.

3. Kampung Korea Bandung

Obyek wisata Bandung murah meriah lainnya adalah Kampung Korea Bandung. Popularitas dunia hiburan Korea Selatan membuat banyak hal dari negeri tersebut mulai bermunculan di tengah masyarakat kita, khususnya di kota Bandung. Ketika berkunjung ke Bandung, Anda dapat merasakan nuansa khas Korea dengan mengunjungi Kampung Korea Bandung. Letaknya yang tak jauh dari stasiun membuat obyek wisata Bandung ini sangat mudah diakses.

Obyek wisata Bandung ini selalu hits dan populer, serta pengunjungnya akan meningkat begitu akhir pekan tiba. Tak hanya bisa merasakan suasana Korea, Anda juga bisa menikmati aneka kuliner lezat yang tersedia di foodcourt. Dan tentu saja, daya tarik utama dari tempat ini adalah desainnya yang unik.

3 dari 7 halaman

4. Gedung Sate Bandung

Obyek wisata Bandung yang berikutnya yakni Gedung Sate Bandung. Gedung Sate memang menjadi salah satu landmark Kota Bandung yang terkenal dan selalu hits. Anda dapat menuju ke sana sambil menyusuri jalan di sekitar stasiun Bandung. Selain sebagai kantor Gubernur, Anda juga dapat melihat budaya dan kesenian yang ada di depan bangunan.

Apabila merasa lapar, Anda bisa menemukan sejumlah pedagang di sekitar wilayah Gedung Sate yang menawarkan kuliner untuk mengisi perut. Anda juga bisa membeli beberapa souvenir sebagai oleh-oleh dengan harga yang cukup bersahabat.

5. Jalan Braga Bandung

Obyek wisata Bandung yang lainnya yaitu Jalan Braga Bandung. Sesampainya di stasiun Bandung, cobalah berkunjung ke Jalan Braga Bandung untuk melihat kemegahan bangunan peninggalan Belanda. Jalan Braga ini juga terkenal dan selalu populer bagi wisatawan. Bangunan yang ada di sana sudah sering dijadikan sebagai tempat terbaik untuk menghasilkan foto yang bagus.

6. Jalan Asia Afrika

Obyek wisata di kota Bandung murah meriah berikutnya adalah Jalan Asia Afrika. Jalan Asia Afrika ini masih memiliki suasana tempo dulu. Jalan Asia Afrika termasuk jalan bersejarah di mana terdapat Gedung Merdeka yang digunakan sebagai tempat Konferensi Asia–Afrika pada 18 April-24 April 1955. Di sepanjang jalan ini terdapat bangunan-bangunan lama yang masih dipertahankan arsitekturnya.

4 dari 7 halaman

7. Museum Konferensi Asia Afrika

Setelah jalan-jalan di Jalan Asia Afrika, tentu tak lengkap jika tidak mampir ke Museum Konferensi Asia Afrika. Museum Konferensi Asia Afrika menjadi salah satu obyek wisata Bandung berikutnya yang bisa dikunjungi. Destinasi wisata akan memberikan gambaran yang jelas tentang sejarah di Museum Konferensi Asia Afrika ini.

8. Taman Vanda Bandung

Obyek wisata Bandung murah meriah lainnya adalah Taman Vanda Bandung. Jika Anda mencari tempat untuk menyegarkan pikiran, maka Taman Vanda Bandung bisa menjadi solusi pilihan yang tepat. Tempat wisata ini buka 24 jam penuh, sehingga Anda bisa mengunjunginya kapan saja.

Pengunjung di tempat ini akan semakin ramai ketika langit mulai gelap. Bukan tanpa alasan, di tempat ini Anda dapat menyaksikan air mancur yang berhiaskan lampu berwarna-warni sehingga menghasilkan pemandangan cantik di malam hari.

9. Chinatown Bandung

Obyek wisata Bandung murah meriah lainnya yakni Chinatown Bandung. Obyek wisata Bandung ini terletak di dekat Jalan Cibadak dan sekitar 1,1 km dari Stasiun Bandung. Chinatown merupakan salah satu Pecinan di Bandung. Ketika berkunjung ke sini, anda bisa menikmati suasana yang mirip dengan kampung Pecinan di China.

5 dari 7 halaman

10. Centrum Million Balls

Selanjutnya, obyek wisata Bandung yang bisa Anda kunjungi dalam rangkaian liburan low budget adalah Centrum Million Balls. Obyek wisata Bandung ini merupakan kolam bola terbesar se-Indonesia, yang terletak sekitar 1,9 kilometer dari Stasiun Kota Bandung. Tak hanya anak-anak, namun ada pula kolam bola khusus orang dewasa, serta 20 spot Instagramable yang cocok untuk berburu foto selfie.

Spot foto tersebut berada di lantai dua, dan mengelilingi area kolam, antara lain yaitu yellow bubble shower, disco darling, story of my life, strawberry cheesecake, dan ice cream bar. Untuk masuk ke Centrum Million Balls tidak dikenakan biaya alias gratis. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 10.00-20.00 WIB setiap harinya.

11. Kartika Sari

Tidak lengkap rasanya apabila berkunjung ke kota orang tidak membawa buah tangan untuk orang di rumah. Di dekat stasiun Bandung, Anda bisa mampir ke Kartika Sari. Toko kue ini menawarkan berbagai macam produk kue yang cukup lengkap dengan harga yang bersahabat, cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Lokasinya dari stasiun Bandung hanya berjarak sekitar 0,3 km saja.

12. Bukit Bintang

Bukit Bintang termasuk obyek wisata Bandung yang menyuguhkan susasan malam romantis dari ketinggian Bandung. Lokasinya sangat cocok dikunjungi bersama dengan orang-orang tersayang.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan kota Bandung di malam hari dengan hembusan angin sejuk ditemani jagung bakar dan minuman hangat. Di sini wisatawan dapat menyaksikan gemerlap lampu kota Bandung dari ketinggian bak hamparan bintang yang indah.

6 dari 7 halaman

13. Air Terjun Malela

Air Terjun Malela atau lebih dikenal dengan sebutan Curug Malela memiliki ketinggian yang mencapai 60 – 70 meter dengan 5 jalur air terjun yang menawan. Terkenal dengan pemandangannya yang menawan, obyek wisata Bandung ini biasa dikunjungi untuk menenangkan pikiran. Selain itu terdapat banyak fasilitas lain seperti shelter, jembatan, camping ground, amphitheater, galeri kerajinan, foodcourt, track motor dan taman.

14. Curug Ngebul

Curug Ngebul adalah salah satu obyek wisata Bandung yang memiliki pemandangan indah mirip dengan beberapa air terjun di Kuningan Jawa Barat. Obyek wisata Bandung ini memiliki satu air terjun yang tertampung dalam sebuah kolam, yang menyebar ke air terjun terkecil di sekitarnya.

Curug Ngebul menjadi salah satu obyek wisata Bandung Barat yang paling populer untuk akses yang paling sulit didapat. Meski begitu, pemandangan di sana layak dinikmati bahkan dari cara tersulit untuk didapatkan. Untuk masuk ke area curug ini, pengunjung dikenakan tarif yang murah, yakni 10 ribu rupiah saja.

15. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut menjadi salah satu obyek wisata Bandung yang layak untuk dijelajahi. Sanghyang Heuleut adalah jenis sungai yang mirip dengan versi danau karena airnya mengalir lebih lambat dari sungai biasa.

Sanghyang Heuleut memiliki air hijau paling megah yang dikelilingi oleh tebing batu letusan gunung Purba Sunda. Hal itu membuat batu tersebut memiliki warna yang indah yang cocok untuk diabadikan dalam foto. Untuk masuk ke obyek wisata Bandung ini, cukup merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah.

7 dari 7 halaman

16. Grafika Cikole

Grafika Cikole menjadi salah satu obyek wisata Bandung Barat yang paling populer. Grafika Cikole terletak di sekitar jalan Tangkuban Perahu, Bandung Barat. Tempat ini memiliki pemandangan indah yang berada tepat di bawah gunung Tangkuban Perahu.

Banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan seperti camping, ATV, off-road, flying fox, wall climbing, jalan-jalan di sekitar perkebunan teh dekat Bandung, paintball, jungle track, memetik strawberry, memberi makan rusa jawa, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke area obyek wisata ini, pengunjung cukup membeli tiket yang harganya hanya 15 ribu rupiah.

17. Paris Van Java

Paris Van Java Mall adalah mall paling terkenal di Bandung yang terletak di Jalan Setiabudi. Mal berkonsep modern ini membentang di atas tanah seluas 5.000 meter dan merupakan rumah bagi hampir 200 merek internasional. Mal ini juga memiliki area jalan terbuka yang sangat menyenangkan untuk jalan-jalan sore sambil melihat-lihat toko.

18. Wisata Kuliner Jalan Lengkong Kecil

Jika anda tetap ingin mengunjungi kawasan wisata di pusat kota Bandung, maka tak ada salahnya menjajal wisata kuliner malam di Jalan Lengkong Kecil, Kota Bandung.

Di sini tersedia aneka makanan, minuman, serta jajanan bisa anda jumpai. Harganya pun relatif bersahabat dengan kantong. Selain makan sampai kenyang, anda juga bisa menikmati ramahnya suasana dan udara di Kota Bandung.

Demikian sejumlah rekomendasi obyek wisata Bandung murah meriah yang bisa menjadi pilihan menarik untuk rencana liburan low budget Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.