Sukses

15 Manfaat Sari Kedelai untuk Kesehatan, Baik untuk Jantung dan Pencernaan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sari kedelai bagi kesehatan sangat beragam, diantaranya adalah untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Sari kedelai adalah pengganti susu yang terkenal, tetapi bukan hanya sebagai bahan pengganti. Susu kedelai bisa menjadi tambahan yang berharga untuk diet anda.

Manfaat sari kedelai didapat dari kandungannya yang kaya akan nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin B, Kalium, Kalsium, Retinol, folat dan Kolin. Minuman sehat dan beraroma ini pertama kali muncul sebagai produk limbah dalam proses pembuatan tahu.

Saat ini, susu kedelai dapat ditemukan di seluruh negeri sebagai pengganti susu bebas laktosa dengan manfaat kesehatan yang dimilikinya. Beberapa manfaat kedelai sudah diketahui oleh banyak orang, namun terdapat beberapa manfaat sari kedelai yang belum diketahui.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022) tentang manfaat sari kedelai bagi kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Sari Kedelai untuk Kesehatan

1 Kesehatan Otak

Manfaat sari kedelai yang pertama adalah menjaga kesehatan otak. Sari kedelai kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan lemak “sehat” yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh anda sendiri. Asam lemak omega-3 dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Susu kedelai masih dipelajari untuk efeknya pada penyakit ini, tetapi kedelai secara umum adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 non-hewani terbaik.

2. Menjaga kesehatan jantung

Sari kedelai juga dapat membantu mendukung sistem kardiovaskular anda. Sari kedelai adalah sumber potasium yang sangat baik, baik yang telah diperkaya atau belum. Kalium sangat terkait dengan menjaga tekanan darah rendah dan denyut nadi teratur. Selanjutnya, sari kedelai telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol, terutama pada orang yang memiliki kolesterol tinggi.

3. Menjaga kesehatan tulang

Pengeroposan tulang sangat umum terjadi pada wanita yang mengalami menopause, karena kurangnya estrogen. Sebuah tinjauan 2011 menemukan bahwa kepadatan mineral tulang meningkat ketika wanita mengonsumsi 39 gram kedelai dan 8 miligram isoflavon setiap hari. Kalsium dibutuhkan untuk struktur dan fungsi kesehatan tulang dan gigi.

4. Mengurangi gejala menopause

Manfaat sari kedelai juga dapat membantu mengatasi efek samping menopause, seperti hot flashes. Sebuah studi tahun 2021 menemukan bahwa ketika wanita pascamenopause makan 1/2 cangkir kedelai matang setiap hari selama 12 minggu, total hot flashes dan hot flashes sedang hingga parah menurun. Pada akhir masa studi, beberapa wanita melaporkan tidak ada hot flashes.

5. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Anda mungkin berpikir meningkatkan asupan vitamin C akan membantu sistem kekebalan Anda, tetapi jangan lupakan mineral seng. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan seng terkait dengan penyakit berkepanjangan dan kurangnya respon imun. Dengan konsumsi susu kedelai anda akan mendapatkan 2 miligram seng atau sekitar 18 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dewasa dan 22 persen untuk wanita dewasa.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sari Kedelai untuk Kesehatan

6. Mengurangi risiko kanker tertentu

Manfaat sari kedelai yang selanjutnya adalah membantu mengurangi risiko jenis kanker tertentu. Studi menunjukkan bahwa wanita Asia yang makan banyak makanan berbasis kedelai secara teratur memiliki risiko sekitar 30 persen lebih rendah terkena kanker payudara. Konsumsi sari kedelai juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker pencernaan seperti kanker perut.

7. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Penelitian telah menemukan hubungan antara isoflavon yang terkandung dalam sari kedelai dan penurunan risiko diabetes. Satu ulasan tahun 2017 mencatat bahwa wanita pasca menopause dengan sindrom metabolic peningkatan kadar gula darah, kadar insulin sensitivitas insulin setelah mengonsumsi suplemen isoflavon setiap hari.

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Kulit Anda terkena dampak setiap hari dari bakteri dan radiasi UV, tetapi makan lebih banyak konsumsi susu kedelai dapat membantu mengurangi kerusakan. Sebuah tinjauan tahun 2015 mencatat bahwa manfaat kedelai dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan produksi kolagen, dan melindungi dari radiasi UV.

9. Membantu penurunan berat badan

Menambahkan protein berbasis kedelai seperti seperti sari kedelai dapat membantu anda menurunkan berat badan dan membangun otot. Menurut ulasan tahun 2020, manfaat kedelai mengandung asam amino rantai cabang, yang membantu mengatur berat badan, membangun otot dan mencegah hilangnya otot, serta meningkatkan kinerja atletik.

10. Meningkatkan kesehatan ginjal

Ginjal membantu menyaring darah Anda dan membuang limbah dari tubuh. Dan tanpa ginjal yang sehat, anda berisiko mengalami banyak masalah kesehatan. Satu tinjauan tahun 2014 menemukan bahwa asupan protein kedelai mengurangi kadar kreatinin, fosfor, dan trigliserida serum pada orang dengan penyakit ginjal kronis. Menurunkan kadar ini dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sari Kedelai untuk Kesehatan

11. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa memasukkan makanan kedelai dalam diet Anda mungkin dapat menurunkan kolesterol LDL (jahat) anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrients edisi 2016 menemukan bahwa mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari menghasilkan penurunan kadar LDL 4 persen hingga 6 persen, pengurangan trigliserida sekitar 5 persen, dan peningkatan kolesterol baik (HDL) sebesar sekitar 1 persen sampai sekitar 3 persen.

12. Mencegah anemia

Manfaat sari kedelai yang berikutnya adalah dapat membantu anda menangkal anemia defisiensi besi karena kedelai adalah sumber zat besi non-heme yang baik. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa remaja perempuan dengan anemia mengalami penurunan yang signifikan dalam tingkat anemia dan kekurangan zat besi setelah mereka minum 100 mililiter sari kedelai setiap hari selama 6 bulan.

13. Sumber asam amino esensial

Molekul-molekul yang mengikat bersama untuk membentuk protein disebut asam amino. Tubuh kita dapat menghasilkan banyak dari mereka tetapi tidak dapat menghasilkan sembilan asam amino esensial. Jadi, sangat penting bagi kita untuk mendapatkan kesembilan ini dari makanan yang kita makan. Sebagian besar sumber protein nabati tidak mengandung semua sembilan asam amino esensial, tetapi makanan berbasis kedelai mengandung lebih banyak.

14. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Setiap cangkir sari kedelai menawarkan hampir 2 gram serat, yang merupakan bagian dari makanan nabati yang tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh anda. Susu sapi, di sisi lain, sama sekali tidak mengandung serat karena merupakan produk hewani. Serat membantu meningkatkan berat dan ukuran kotoran Anda dan melembutkannya, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan dan meminimalkan kemungkinan sembelit.

15. Mengandung asam lemak omega-3

Manfaat sari kedelai yang terakhir adalah sebagai sumber asam lemak omega 3. Sari kedelai adalah pilihan yang baik untuk membantu anda mencapai asupan ALA yang direkomendasikan. Kedelai yang dimasak mengandung sekitar 0,4 gram asam lemak omega-3 per 100 gram, yang merupakan 25 persen dari kebutuhan harian untuk pria dewasa dan 36 persen untuk wanita.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS