Sukses

Manfaat Kelas Maya, Ketahui Pengertian, Jenis, dan Fiturnya

Manfaat kelas maya memungkinkan sistem pembelajaran daring ini dapat terus dilakukan bahkan setelah pandemi Covid-19 mereda.

Liputan6.com, Jakarta Semenjak pandemi Covid-19 menyerang seluruh dunia, kegiatan pertemuan yang biasanya harus dihadiri secara langsung beralih menjadi pertemuan yang memanfaatkan teknologi internet. Masyarakat semakin familiar dengan pertemuan daring atau maya. Teknologi internet memungkinkan manusia untuk membuat pertemuan tanpa harus hadir di satu tempat yang sama secara maya, termasuk dalam kegiatan belajar mengajar.

Melihat keperluan bidang pendidikan untuk memfasilitasi pengajar dan siswa melangsungkan kegiatan belajar mengajar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) kemudian membuat suatu program bernama Kelas Maya. Dengan kelas maya, siswa dan pengajar tidak perlu datang ke satu tempat yang sama untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar. 

Manfaat kelas maya ini tentu dapat menghemat waktu dan biaya. Pengajar dan siswa dapat menjalankan kewajiban dan haknya tanpa menempuh jarak yang jauh serta tanpa mengeluarkan biaya untuk perjalanan tersebut.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kelas maya berikut rangkuman Liputan6.com tentang pengertian, jenis, fitur dan manfaat kelas maya yang dikumpulkan dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kelas Maya: Pengertian

Menurut Kementerian Pendidikan dan Budaya, kelas maya merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang memungkinkan guru untuk membuat kelas daringnya masing-masing untuk mendukung pembelajaran di kelas maupun luar kelas.

Kelas maya memungkinkan dilakukannya kegiatan belajar secara virtual, yang dapat diakses oleh seluruh siswa dan pengajar dalam satu forum. Pada kelas maya siswa dan pengajar memerlukan perangkat komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet. Dengn sistem belajar ini semua siswa dan guru dapat melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa terkendala jarak dan waktu. 

Untuk bisa merasakan manfaat kelas maya, ada mekanisme yang harus dilakukan baik pihak sekolah, pengajar atau guru, serta siswa. Pertama, admin sekolah mendaftarkan sekolahnya sebagai penyelenggara. Kedua, guru mendaftarkan dirinya setelah sekolah terdaftar sebagai Penyelenggara. 

Kemudian ketiga, guru membuat kelas daring sesuai dengan jenjang dan mata pelajaran yang diampu. Terakhir, siswa mendaftar lalu bergabung ke kelas yang telah disediakan oleh sekolah dan guru. Pendaftaran sekolah, guru, dan siswa dapat dilakukan di laman Rumah Belajar Kemendikbud.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kelas Maya: Jenis

Kelas maya terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan perangkat lunak yang digunakan dalam kegiatan belajar secara virtual. Setiap jenis kelas maya, memiliki fungsi yang  berbeda.

1. Learning Management System (LMS)

Learning Management System atau LMS merupakan software atau perangkat lunak yang dipakai untuk perencanaan, pengiriman dan juga pengelolaan kegiatan pembelajaran.Software ini juga bermanfaat untuk kebutuhan dokumentasi, laporan kegiatan administrasi, serta materi. Secara keseluruhan, aplikasi ini berjalan secara daring. Aplikasi LMS dibedakan menjadi dua macam, yaitu LMS proprietary dan LMS open source.

Contoh LMS proprietary adalah Saba Software, Apex Learning, Blackbord, IntraLearn, SAP Enterprise Learning. Sedangkan, contoh  LMS open source, seperti Atutor, Dokeos, dotLRN, Freestyle Learning, ILIAS, LON-CAPA, Moodle, OpenACS, OpenUSS, Sakai, Spaghetti Learning.

2. Learning Content Management System (LCMS)

Learning Content Management System atau LCMS merupakan pengembangan lebih lanjut dari LMS. LCMS berfungsi untuk membuat, memperbarui, dan melakukan publikasi atau pengelolaan isi dari suatu sistem yang terorganisir di internet.

LCMS juga dipakai untuk melakukan pengawasan, penyediaan, perincian, serta melakukan publikasi dokumen secara spesifik, contohnya artikel, panduan, dan brosur penjualan. LCMS ini dapat diisi dengan file komputer dalam bentuk audio, video, gambar, dokumen elektronik, dan isi website. Contoh dari LCMS antara lain e-doceo solutions.

3. Social Learning Network (SLN)

Social Learning Network atau SLN adalah pengembangan lebih lanjut setelah LMS dan LCMS. SLN dipakai sebagai pembelajaran yang lebih luas dari kelompok belajar karena memakai jejaring sosial. Diharapkan kelas sosial yang lebih luas mendorong terjadinya perubahan sikap dan perilaku para peserta didik, meskipun tidak semua. Contoh dari aplikasi SLN yaitu Edmodo.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kelas Maya: Fitur

Manfaat kelas maya tidak hanya berupa tempat untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar saja. Kelas maya juga memiliki berbagai fitur untuk mendukung kegiatan belajar mengajar daring. Berikut fitur yang ada pada kelas maya.

1. Konten yang relevan dengan tujuan pembelajaran, dan diperbarui secara berkala

2. Menerapkan metode instruksional seperti contoh dan cara praktik untuk membantu belajar siswa.

3. Menggunakan elemen media seperti gambar, video, audio, dan teks untuk sebagai metode belajar.

4. Pembelajaran dapat dilakukan dengan instruktur atau synchronous maupun secara individu atau otodidak atau asynchronous.

5. Selalu melakukan inovasi baru dan penambahan wawasan untuk mewujudkan tujuan belajar.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kelas Maya

Penerapan kelas maya pada proses kegiatan belajar mengajar ternyata memiliki manfaat yang dirasakan oleh berbagai pihak yang terlibat. Mulai dari sekolah, pengajar, siswa, dan wali siswa, berikut manfaat kelas maya.

1. Menghemat Waktu dan Biaya

Penerapan kelas daring membuat kegiatan pembelajaran dapat berlangsung kapan dan di mana saja. Dengan demikian pengajar dan siswa dapat lebih menghemat waktu dan biaya.

2. Meningkatkan Keterampilan IT

Kelas maya memerlukan perangkat komputer dan internet. Untuk dapat mengikuti kelas daring diperlukan keterampilan mengoperasikan perangkat komputer dan internet. Dengan terbiasa dengan perangkat komputer dan internet, siswa dan guru dapat meningkatkan keterampilan pemakaian teknologi IT yang dapat menjadikan lebih kreatif sekaligus menambah minat belajar.

3. Lebih Fleksibel

Kelas daring banyak diminati karena sifatnya yang fleksibel karena dapat diakses kapan saja. Guru dan siswa dapat menetapkan jadwal kelas online sesuai dengan kesibukan yang dimiliki. 

4. Kegiatan Belajar Lebih Santai

Tidak semua siswa nyaman dengan kondisi belajar di lingkungan sekolah dengan meja dan bangku yang ada di sekolah. Kelas maya memungkinkan siswa bebas memilih tempat dan situasi belajar yang menurutnya nyaman. Oleh sebab itu, kelas daring dianggap membuat suasana belajar lebih santai, sehingga siswa dapat menyerap informasi yang disampaikan oleh guru dengan lebih baik. Hal yang sama juga dirasakan oleh guru.

Manfaat kelas maya memungkinkan sistem pembelajaran daring ini dapat terus dilakukan bahkan setelah pandemi Covid-19 mereda. Penerapan kelas maya pasca pandemi dapat dilakukan untuk memfasilitasi siswa dan pengajar yang terkendala jarak untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara luring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.