Sukses

Kata-kata Inspirasi dari Buku Penulis Ternama, Memantik Energi Positif Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata inspirasi dapat menjadi pemantik munculnya energi positif bagi seseorang. Kata-kata inspirasi mendorong seseorang untuk berbuat suatu hal kreatif yang berdampak baik dirinya maupun orang lain. Kata-kata yang dapat memberikan inspirasi didapat dari berbagai hal, salah satunya buku. 

Seperti kalimat bijak yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Jendela berfungsi untuk membantu kita melihat berbagai hal yang ada di luar bangunan bagi orang-orang yang ada di dalam bangunan. Jendela juga berfungsi sebaliknya, bagi orang-orang yang ada di luar bangunan.

Pada dasarnya buku dibuat untuk membagikan ilmu pengetahuan dan inspirasi yang dimiliki oleh penulisnya. Buku yang dapat memuat kata-kata inspirasi tidak terbatas pada sebagian jenis buku saja. Semua jenis buku, seperti novel, biografi, bahkan buku cerita anak dapat berisikan kata-kata yang bisa menginspirasi seseorang.

Berikut beberapa kata-kata inspirasi yang telah dikumpulkan tim Liputan6.com dari berbagai buku yang dapat memberi dorongan energi positif untuk menjalani hari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kata-kata Inspirasi dari Novel

Kata-kata Inspirasi dari Novel Supernova Partikel, Dee Lestari

"Ayah pernah bilang, manusia ibarat anak yang lupa keluarga dan sanak-saudara. Ia menyangka dirinya yatim piatu di Bumi ini. Ia lupa bersudara jauh dengan orang utan, simpanse, gorila. Ia lupa bersaudara jauh dengan pohon. Satu-satunya yang perlu disembuhkan dari manusia adalah amnesianya. Manusia perlu kembali ingat ia diciptakan dengan bahan baku dasar yang sama dengan semua makhluk di atas Bumi."

Kata-kata Inspirasi dari Novel Manjali dan Cakrabirawa, Ayu Utami

"Manusia mungkin tidak punya kapasitas untuk mengampuni (barangkali hanya Tuhan yang bisa mengampuni), maka yang bisa kita lakukan adalah berdamai. Berdamai dengan sisi gelap yang tak bisa kita kuasai."

 

Kata-kata Inspirasi dari Novel Saman, Ayu Utami

"Banyak hal dengan mudah terlupakan, seperti kita sama sekali lupa kenapa kita tidak bisa mengingatnya lagi. Sesuatu bisa begitu saja hilang dari ingatan, seperti arwah, seperti mimpi. Kita cuma bisa merasakan jejaknya pada diri kita tanpa bisa mengenalinya lagi. Kita tinggal benci, kita tinggal marah, tinggal takut, tinggal cinta. Kita tak tahu kenapa."

Kata-kata Inspirasi dari Novel Bumi Manusia, Pramoedya Ananta Toer

"Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan"

Kata-kata Inspirasi dari Novel Anak Semua Bangsa, Pramoedya Ananta Toer

"Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari."

3 dari 3 halaman

Kata-kata Inspirasi dari Buku

Kata-kata Inspirasi dari Buku Setengah Jalan, Ernest Prakasa

"Makna hidup itu diukur dari kontribusi, bukan durasi."

Kata-kata Inspirasi dari Buku Rentang Kisah, Gita Savitri Devi

"Aku sangat bangga karena aku bisa mendefinisikan sendiri apa itu kesuksesan dan kebahagiaan versi pribadi. Dan aku sudah membuktikan, kesuksesan bisa didapat, kebahagiaan bisa selalu dirasa, kalau kita tahu caranya bersyukur."

"Hidupku terlalu berharga jika hanya untuk memenuhi ambisi pribadi. Yang aku ingin lakukan hanyalah membantu orang lain, terutama kedua orangtuaku. Sudah cukup waktu dan energi yang mereka korbankan buatku. Sudah cukup lama ayah dan ibuku harus hidup berjauhan. Kupikir sekarang adalah saatnya untuk mengambil alih tanggungjawab dan membalas kebaikan mereka. Entah karir apa yang akan kumiliki nanti, semoga itu bisa memberikan akhir untuk pengorbanan mereka."

Kata-kata Inspirasi dari Buku Jiwo J#ncuk, Sujiwo Tejo 

"Jangan pergi agar dicari, jangan sengaja lari agar dikejar. Berjuang tak sebercanda itu."

Kata-kata Inspirasi dari Buku Ngawur Karena Benar, Sujiwo Tejo

"Harusnya kesabaran itu seperti keinginan, tak ada batasnya. Yang bertapal batas cuma kebutuhan"

Kata-kata Inspirasi dari Buku Nasional Is Me, Pandji Pragiwaksono

Saya berpikir, "Kenapa gue bisa optimis? Hmmmm..."

Terus terang saya bingung karena pertanyaan itu mengesankan: yang aneh itu saya. Bukan justru mereka yang pesimis terhadap Indonesia.

Saya, seperti jadi minoritas. Sebuah anomali.

Maka yang keluar dari mulut saya sambil menatap wartawan itu kebingungan adalah..

"Kalau orang-orang tahu apa yang saya tahu tentang Indonesia, mereka juga akan optimis..."

Kata-kata Inspirasi dari Buku Berani Mengubah, Pandji Pragiwaksono

Bahwa perbedaan tidak hanya merupakan pilihan, tetapi juga keadaan yang diciptakan Tuhan. Bukan urusan kita membuat seisi bumi menjadi seragam.

Kata-kata Inspirasi dari Buku M. Quraish Shihab menjawab... 101 Soal Perempuan Yang Patut Anda Ketahui, M. Quraish Shihab

“Waktu sering kali dianiaya dengan menuduhnya 'tak ada' padahal sebenarnya ia hadir, hanya saja kita tidak mau menemuinya”

Kata-kata Inspirasi dari Buku Manusia setengah Salmon, Raditya Dika

Hidup penuh dengan ketidakpastian, tetapi perpindahan adalah salah satu hal yang pasti. Kalau pindah diidentikkan dengan kepergian, maka kesedihan menjadi sesuatu yang mengikutinya..... Padahal, untuk melakukan pencapaian lebih, kita tak bisa hanya bertahan di tempat yang sama. Tidak ada kehidupan lebih baik yang bisa didapatkan tanpa melakukan perpindahan.

Gue jadi berpikir, ternyata untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, gue gak perlu menjadi manusia super. Gue hanya perlu menjadi manusia setengah salmon: berani pindah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS