Sukses

11 Cara Menebalkan Bulu Mata Secara Alami, Mudah dan Aman

Cara menebalkan bulu mata yang wajib diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bulu mata yang lentik dan tebal adalah impian semua wanita, karena dengan bulu mata yang tebal, wanita akan tampil percaya diri juga semakin memesona. Untuk mendapatkan bulu mata yang tebal juga panjang, maka berbagai cara ditempuh, baik itu secara alami maupun melalui tindakan medis. Namun ada cara menebalkan bulu mata yang mudah serta aman untuk dilakukan, dan tidak memiliki efek samping. 

Cara menebalkan bulu mata juga sangat bermanfaat untuk melindungi mata dari kotoran, serta bertindak sebagai sensor yang memperingatkan mata terhadap potensi bahaya dari benda yang mendekat. Oleh karena itu, banyak wanita yang mendorong pertumbuhan bulu mata lebih tebal dan lebih panjang dengan berbagai teknik, bahkan menggunakan produk kecantikan.

Menggunakan bulu mata palsu memang terlihat lebih indah ketika digunakan, namun dengan perawatan bulu mata secara alami, maka Anda tidak perlu ribet untuk selalu menggunakan bulu mata palsu. Selain Anda tampil cantik secara natural, tak ada efek samping yang bisa ditimbulkan. Maka cobalah cara menebalkan bulu mata secara alami dengan vitamin, air kelapa juga beberapa minyak alami yang tentu memiliki kandungan baik menebalkan bulu mata.

Berikut ini cara menebalkan bulu mata yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menebalkan Bulu Mata

1. Selalu bersihkan riasan 

Cara menebalkan bulu mata secara alami, bisa Anda lakukan dengan menghapus riasan mata, secara lembut menggunakan penghapus riasan. Caranya cukup mudah, Anda bisa merendam bola kapas dalam larutan, dan tekan pad ke mata selama kurang lebih sepuluh detik untuk menghapus riasan mata Anda secara menyeluruh. Lakukan dengan gerakan lembut dan hindari menarik bulu mata . Pertimbangkan untuk menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, yang dapat menghilangkan riasan dan kotoran sekaligus menghidrasi dan melembapkan bulu mata. 

2. Sikat bulu mata

Cara menebalkan bulu mata selanjutnya adalah menggunakan spoolie atau tongkat maskara bersih, sikat bulu mata Anda dengan sapuan lembut ke atas. Menyikat bulu mata Anda mengurai bulu bulu mata, akan sangat memungkinkan bulu mata tumbuh lurus. Anda juga dapat menyisir bulu mata untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel di bulu mata.

3. Pertimbangkan suplemen

Cara menebalkan bulu mata bisa Anda lakukan dengan mempertimbangkan suplemen, baik itu kolagen dan biotin untuk mendukung proses pertumbuhan rambut tubuh. Jika bulu mata Anda lemah dan tipis, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen kolagen atau biotin. Namun Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter, untuk menentukan suplemen mana yang terbaik, serta pantau selalu suplemen yang memiliki potensi efek samping.

4. Istirahatkan bulu mata dari riasan

Cara menebalkan bulu mata bisa Anda lakukan dengan mengistirahatkan bulu mata dari riasan. Lapisan maskara yang tebal dan ekstensi bulu mata yang tebal, akan menambah tekanan pada folikel rambut sehingga merusak bulu mata. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk istirahat dari riasan seminggu sekali untuk memberikan waktu bagi bulu mata untuk meremajakan. Cobalah untuk tidak menggunakan riasan selama beberapa hari atau minggu jika Anda memiliki mata yang gatal, teriritasi, dan bulu mata kering dan batasi juga penggunaan bulu mata palsu. 

3 dari 4 halaman

Cara Menebalkan Bulu Mata

5. Oleskan minyak ke bulu mata 

Cara menebalkan bulu mata bisa Anda lakukan dengan mengoleskan minyak alami seperti minyak jarak, minyak kelapa, dan minyak zaitun untuk melembabkan bulu mata dan mendukung pertumbuhan yang sehat. Oleskan minyak ke bulu mata menggunakan tongkat maskara bersih atau kapas, selain itu akan menghidrasi bulu mata dan mencegahnya rontok.

6. Melembabkan dengan lidah buaya

Cara menebalkan bulu mata bisa Anda lakukan secara sederhana, menggunakan lidah buaya untuk menghidrasi dan memperkuat bulu mata yang kering dan rapuh. Gel lidah buaya berfungsi secara baik untuk menenangkan dan melembabkan, juga meningkatkan kolagen dan memberi nutrisi pada bulu mata. Sebagai pengganti gel lidah buaya, Anda bisa mengoleskan sedikit petroleum jelly ke bulu mata untuk menghidrasi dan melembabkan folikel rambut dan membantu mencegah kerusakan.

7. Rawat dengan serum pertumbuhan bulu mata

Cara menebalkan bulu mata bisa dilakukan dengan mudah, yaitu menerapkan serum pertumbuhan dapat membantu mengobati kerontokan rambut dan menghasilkan bulu mata yang lebih panjang. Serum memiliki nutrisi yang mendukung pertumbuhan rambut, seperti peptida dan antioksidan, serum bulu mata membantu merangsang proses pertumbuhan, menghasilkan bulu mata yang sehat dan panjang. 

8. Gunakan maskara penambah bulu mata

Cara menebalkan bulu mata lainnya adalah menggunakan maskara penambah bulu mata. Untuk mendapatkan bulu mata yang tebal dan panjang maka gunakan maskara, karena kaya akan nutrisi dan mengandung beberapa bahan utama yang sama dengan serum pertumbuhan bulu mata, membantu menambah panjang dan volume bulu mata Anda.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menebalkan Bulu Mata

 

9. Makan makanan yang sehat

Terdapat cara menebalkan bulu mata yang mudah dan sangat aman untuk dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Melansir dari laman Master Calss, dengan membuat perubahan pada diet juga dapat berkontribusi pada kesehatan bulu mata Anda. Memasukkan makanan yang mendukung pertumbuhan rambut dan mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan, sayuran hijau, dan alpukat. Hal ini akan membantu menebalkan juga memanjangkan bulu mata.

10. Vitamin E 

Cara menebalkan bulu mata secara alami bisa dengan vitamine E. Vitamin E kini sudah banyak tersedia, baik dalam bentuk cair maupun bentuk kapsul. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan mengambil cairan vitamin E pada kapsul dan oleskan pada bulu mata. Kedua, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin E secara teratur, atau bisa dengan makan makanan yang kaya akan vitamin E, seperti stroberi, pisang, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran berwarna hijau. 

11. Air Kelapa

Cara menebalkan bulu mata berikutnya adalah dengan air kelapa. Manfaat air kelapa akan banyak sekali Anda peroleh, selain untuk mengatasi pengaruh racun, ternyata air kelapa juga mengandung bahan anti kanker, anti penuaan, karena memiliki kandungan cytokinin, khlor. Sehingga cara untuk mendapatkan manfaat dari air kelapa adalah basuhkan pada wajah, hal ini akan menghilangkan bekas-bekas jerawat, memperlambat proses penuaan dan salah satu manfaatnya memanjangkan rambut termasuk menebalkan bulu mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.