Sukses

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Yang Benar, Lengkap Dengan Tips Menulisnya

Liputan6.com, Jakarta Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan kerap kali dicari oleh para pencari kerja, untuk menjadi salah satu dokumen yang nantinya akan dikirimkan pada pihak perusahaan yang dilamar. Daftar riwayat hidup sendiri adalah dokumen yang berisi informasi mengenai diri pelamar.

Dalam contoh daftar riwayat hidup tulis tangan, umumnya terdiri dari biodata diri seperti nama dan tanggal lahir, kemudian riwayat pendidikan, pengalaman pekerjaan, keahlian yang dimiliki, serta informasi lain yang berkaitan dengan diri pelamar dan pekerjaan yang dilamar.

Dalam menulis daftar riwayat hidup, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan selain isi yaitu tulisan tangan haruslah rapi dan bisa dibaca. Hal ini untuk mempermudah pembaca untuk memahami isi dari daftar riwayat hidup yang telah dibuat.

Untuk lebih memahami cara penulisan daftar riwayat hidup, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara membuat, tips menulis dan contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang benar dan mudah untuk diikuti. Senin (10/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Bagian – Bagian Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Bagian – Bagian Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Dalam penulisan daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar, hal pertama yang perlu dipahami adalah bagian-bagian dalam daftar riwayat hidup. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Biodata

Biodata adalah bagian pertama yang harus ditulis pada daftar riwayat hidup tulis tangan. Tulislah data diri dengan lengkap dan jujur. Yang mana terdiri dari nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, alamat, nomor handphone, email dan informasi tambahan seperti agama dan status pernikahan.

2. Riwayat Pendidikan

Saat menuliskan riwayat pendidikan pada daftar riwayat hidup tulis tangan, selain menuliskan pendidikan formal, bisa juga ditambahkan pendidikan non-formal yang pernah diambil seperti kursus atau pelatihan. Masukkan juga tahun pendidikan dan nama lembaga pendidikan.

3. Pengalaman Kerja

Jika sebelumnya pernah bekerja, tuliskan juga pengalaman kerja pada daftar riwayat hidup tulis tangan anda. Pengalaman kerja menjadi salah satu poin pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima calon kandidat. Karena hal ini membuktikan bahwa pelamar telah memiliki kemampuan untuk langsung berkontribusi pada perusahaan.

4. Kemampuan

Yang terakhir adalah kemampuan yang bisa berguna bagi pekerjaan anda di perusahaan yang anda lamar. Hal ini untuk memberi gambaran kepada perusahaan seberapa banyak kualifikasi yang dimiliki dan dijadikan bahan pertimbangan. Selain menuliskan Hard Skill, anda juga bisa menuliskan Soft Skill maupun kemampuan bahasa asing yang dimiliki.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Cara membuat daftar riwayat hidup tulis tangan sangatlah mudah dan murah, anda cukup menyediakan pena dan kertas folio. Untuk lebih mudahnya, berikut ini lankah-langkah untuk membuat daftar riwayat hidup tulis tangan:

1. Siapkan kertas bersih yang akan digunakan untuk membuat daftar riwayat hidup, disarankan untuk menggunakan kertas folio bergaris agar tulisan lebih rapi.

2. Tulis dengan tulisan tangan anda sendiri dan usahakan tulisan tangan anda tidak berantakan dan hindari coretan yang berlebih.

3. Buat daftar riwayat hidup secara berurutan dengan format:

- Identitas Diri

- Riwayat Pendidikan berurutan

- Pengalaman Bekerja

- Keahlian

- Informasi tambahan

4. Di bagian akhir sertakan kalimat penutup seperti “Demikian daftar riwayat ini saya buat sebenar-benarnya” untuk menunjukan bahwa daftar riwayat yang dibuat adalah benar dan asli.

4 dari 5 halaman

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Efektif

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Efektif

Daftar riwayat hidup sering digunakan untuk melamar pekerjaan. Untuk membuat daftar riwayat hidup yang efektif untuk melamar pekerjaan dan agar peluang lolos screening dapat meningkat, berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan.

- Ingatlah untuk menambahkan berapa lama Anda telah bertahan dalam peran tertentu. Tuliskan tahun dan bulannya. Contoh: Jan 2020 sampai Juni 2022 (2 tahun 5 bulan).

- Hanya tuliskan daftar keterampilan yang anda yakini dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Anda juga dapat membuat daftar perangkat lunak atau alat tertentu yang bisa anda gunakan.

- Menambahkan foto anda ke daftar riwayat hidup adalah opsional. Namun foto membantu perekrut mengingat anda dan membuat dokumen anda lebih berkesan.

- Menambahkan pekerjaan sukarela dan minat lainnya adalah opsional. Informasi ini mungkin tampak tidak relevan tetapi dapat membangun hubungan baik dengan perekrut.

- Jangan terlalu memadati daftar riwayat hidup anda. Jangan ragu untuk menggunakan halaman kedua, yang biasanya menampilkan latar belakang pendidikan anda serta pencapaian dan penghargaan lainnya.

- Pastikan estetika dalam penulisan daftar riwayat hidup anda, pastikan daftar riwayat hidup tulis tangan anda rapi dan bisa dibaca.

 

5 dari 5 halaman

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

 

Biodata

- Nama: Aneth Febriani

- Tanggal Lahir: 27 Agustus 1996

- Jenis Kelamin: Perempuan

- Status Pernikahan: Lajang

- Alamat: Jalan Cemara I, Caturtunggal, Ngetsiharjo, Bantul/

- Telp: 081212121212

- Email: Aneth@gmail.com

 

Detail Pendidikan

- 2013 – 2016 SMA Nusa Bangsa, Yogyakarta

- 2016 – 2020 Sastra Inggris, Universitas Duta Bangsa (IPK 3.92/4.00)

- 2020 – 2022 Sastra Inggris - Program Pascasarjana, Massachusetts Institute of Technology

 

Pengalaman Kerja

- 2017 – 2020 Guru private Bahasa Inggris

- 2020 – 2022 Translator Lepas

 

Keterampilan

- Microsoft Office dan SPSS

- Bahasa Inggris (IELTS: 7.5)

 

Demikian contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang benar dan cara membuat daftar riwayat hidup yang mudah untuk diikuti. Anda juga bisa mengikuti tips yang ada, agar daftar riwayat hidup anda lebih efektif.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS