Sukses

10 Penyebab Telinga Gatal, Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab telinga gatal bisa karena gangguan ringan seperti kulit kering atau karena adanya infeksi. Telinga gatal adalah masalah umum yang dapat mengganggu tetapi biasanya tidak berbahaya. Pengobatan untuk telinga gatal tergantung pada penyebab telinga gatal yang mendasari.

Penyebab telinga gatal yang paling umum adalah adanya infeksi jamur dan beberapa penyakit kulit lainnya. Untuk mengatasinya pun bisa mulai dengan menggunakan obat tetes telinga, antibiotik , atau jarum suntik. Tergantung seberapa parah masalah yang dihadapi.

Hal ini lah yang membuat penting bagi setiap orang untuk mengetahui penyebab telinga gatal yang dialaminya, untuk dapat menentukan pengobatan yang tepat sasaran dan efektif. Pasalnya banyak orang yang belum tau cara mengatasi telinga gatal harus sesuai dengan penyebabnya, yang kemudian mengakibatkan kondisi gatal yang dialami semakin parah.

Selain mengetahui tentang penyebab telinga gatal, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara perawatan dan pengobatan rumahan yang dapat membantu. Selasa (6/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya

1. Infeksi Telinga

Penyebab telinga gatal yang pertama adalah infeksi telinga. Seseorang mungkin mengalami telinga gatal akibat infeksi. Telinga yang gatal terkadang bisa disebabkan oleh infeksi atau tanda bahwa telinga sedang berkembang.

Bakteri dan virus dapat menyebabkan infeksi telinga bersamaan dengan pilek atau flu. Infeksi juga dapat terjadi jika seseorang memiliki air yang terperangkap di telinganya atau penumpukan kotoran telinga. Infeksi telinga kronis berulang memerlukan perawatan medis.

 

2. Telinga Kering

Telinga biasanya menghasilkan minyak dan kotoran telinga untuk menjaga telinga tetap bersih dan sehat. Jika orang terlalu sering membersihkan telinga, kotoran telinga dapat dikeluarkan dan mengeringkannya, menyebabkan rasa gatal yang mengganggu.

Orang lain mungkin tidak menghasilkan cukup kotoran telinga secara alami, sehingga telinga menjadi kering. Jika orang memiliki telinga kering, mereka mungkin melihat serpihan kulit kering di sekitar telinga mereka.

 

3. Alergi Makanan

Reaksi alergi terhadap makanan tertentu dapat menyebabkan telinga gatal. Alergi makanan yang umum gula, susu, ikan dan lain sebagainya. Orang mungkin juga mengalami gatal-gatal di bagian wajah lainnya seperti bibir dan hidung.

Sindrom alergi oral adalah jenis reaksi alergi yang berhubungan dengan serbuk sari yang biasanya menyebabkan gatal di sekitar mulut, tetapi beberapa orang juga melaporkan memiliki telinga yang gatal.

Jika seseorang mengalami kesulitan bernapas setelah makan atau bersentuhan dengan alergen, mereka mungkin mengalami anafilaksis. Ini adalah keadaan darurat medis dan membutuhkan perawatan segera.

3 dari 4 halaman

Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya

4. Penyumbatan Kotoran Telinga

Penumpukan kotoran telinga dapat menyebabkan telinga gatal dan mempengaruhi pendengaran seseorang. Telinga memproduksi kotoran telinga untuk membantu menjaga kebersihan telinga dan melindungi telinga bagian dalam dari infeksi. Kotoran telinga secara alami bergerak keluar dari telinga, membawa sel-sel kulit mati dan kotoran, yang kemudian akan mengering dan rontok seiring waktu.

Penumpukan kotoran telinga dapat terjadi jika seseorang memasukkan sesuatu ke dalam saluran telinganya, yaitu terowongan kecil yang menghubungkan telinga luar dengan telinga tengah dan dalam.

Jika orang memasukkan kapas, jepit rambut, jari, atau kain bengkok ke telinga mereka, itu dapat mengiritasi saluran telinga dan mendorong kotoran telinga lebih jauh ke belakang, menyebabkan penyumbatan. Penyumbatan kotoran telinga dapat menjebak bakteri di telinga dan menyebabkan infeksi.

 

5. Alat Bantu Dengar

Lapisan plastik pada alat bantu dengar terkadang dapat menyebabkan telinga gatal. Alat bantu dengar terkadang dapat menyebabkan telinga gatal karena lapisan plastiknya. Beberapa orang mungkin memiliki kulit sensitif atau reaksi alergi ringan terhadap bahan tersebut.

Orang yang memakai alat bantu dengar juga dapat mengalami telinga gatal jika air terperangkap di belakang alat bantu dengar. Jika orang memiliki telinga yang gatal karena tekanan dari alat bantu dengar, spesialis dapat membentuk kembali alat bantu dengar tersebut agar lebih pas.

 

6. Telinga Kemasukan Air

Jika air terperangkap di telinga, dapat menyebabkan kondisi yang disebut otitis eksterna akut. Kondisi ini juga dikenal sebagai telinga perenang karena sering mempengaruhi perenang. Bakteri dapat berkembang biak di dalam air yang terperangkap dan menyebabkan infeksi.

Telinga perenang bisa membuat telinga terasa sangat gatal. Jika orang memiliki telinga perenang, mereka mungkin juga mengalami sakit di telinga, nyeri di leher, wajah, atau kepala,  dan radang di sekitar telinga.

4 dari 4 halaman

Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya

7. Rinitis Alergi

Rinitis alergi atau yang juga dikenal sebagai demam, terjadi ketika orang memiliki reaksi alergi terhadap partikel umum yang ditemukan di udara, seperti serbuk sari, tungau debu, atau bulu binatang.

Ini dapat menyebabkan gatal di telinga, mata, dan tenggorokan, bersama dengan mata berair, pilek, sakit kepala, bersin dan penyumbatan. Penderita juga mengalami telinga gatal karena hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu biasa. Ini biasanya akan berlalu saat orang pulih dari flu.

 

8. Iritasi Karena Perhiasan

Anda mungkin memiliki kepekaan terhadap logam tertentu seperti nikel yang digunakan untuk membuat perhiasan, termasuk anting-anting. Mengenakan anting-anting dapat menyebabkan telinga gatal.

Nikel adalah salah satu alergi kulit yang paling umum. Jika anda alergi terhadap nikel, anda mungkin mengalami gatal, kemerahan, bercak kering atau bahkan bengkak. Gejala biasanya berlangsung 12 hingga 48 jam setelah kontak.

Perawatan terbaik adalah menghindari kontak dengan nikel, tetapi jika anda memiliki gejala ringan, krim hidrokortison dan antihistamin yang dijual bebas dapat membantu. Gatal telinga ringan biasanya bersifat sementara dan hilang dengan sendirinya.

 

9. Masalah Kulit

Masalah kulit dapat mempengaruhi saluran telinga anda dan menyebabkan gejala seperti kekeringan, eksim, psoriasis, atau dermatitis seboroik. Kulit kering di dalam telinga dapat diobati dengan meletakkan satu atau dua tetes baby oil atau minyak zaitun di telinga setiap hari.

Namun jangan lakukan ini jika anda pernah menjalani operasi telinga yang mempengaruhi integritas gendang telinga anda. Hubungi dokter atau pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapat salep atau obat yang aman untuk telinga anda.

 

10. Gangguan Pada Tabung Eustachius

Perlu juga dicatat bahwa beberapa orang mungkin mengalami rasa gatal di dalam telinga saat menelan. Tabung pendengaran yang disebut tabung eustachius terbuka setiap kali anda menelan. Rasa gatal biasanya hanya terjadi ketika anda memiliki kondisi lain yang menyebabkan sakit tenggorokan, seperti virus flu.

Masalah Ini tidak mengkhawatirkan dan biasanya sembuh ketika kondisi yang menyebabkan sakit tenggorokan hilang. Lebih jarang terjadi, gatal mungkin merupakan tanda awal otitis media akut seperti radang telinga tengah dengan penumpukan cairan.

Gatal-gatal juga dapat disertai dengan rasa penuh di telinga diikuti oleh rasa sakit atau vertigo yang berkembang pesat. Kasus seperti ini biasanya membutuhkan antibiotik oral yang diresepkan oleh dokter atau pusat layanan kesehatan setelah pengecekan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS