Sukses

12 Cara Membasmi Kecoa di Rumah dengan Mudah dan Aman

cara membasmi kecoa yang ada dirumah dengan menggunakan cara yang mudah dan aman

Liputan6.com, Jakarta Cara membasmi kecoa di rumah adalah pertanyaan banyak orang dari seluruh dunia. Kecoa merupakan serangga yang kerap menjadi sumber ketakutan bagi banyak orang, terutama anak-anak dan wanita. Bahkan beberapa pria juga takut dengan kecoa.

Kecoa dapat ditemukan di mana saja, baik itu rumah atau tempat kerja. Kecoa adalah gangguan yang tidak diinginkan dan bisa menjadi hal yang mengganggu di rumah. Sehingga penting untuk mengetahui cara membasmi kecoa dengan mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Kehadiran kecoa di rumah juga dapat menyebar menginfeksi bahan makanan dan menyebarkan penyakit berbahaya. Kecoa juga dapat merusak makanan, merusak buku, wallpaper, pakaian, dan elektronik. Jadi bagaimana cara membasmi kecoa di rumah yang mudah dan aman?

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/8/2022), tentang cara membasmi kecoa di rumah dengan mudah dan aman, yang bisa dilakukan oleh siapapun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membasmi Kecoa Dengan Mudah

1. Jaga Kebersihan Rumah

Cara membasmi kecoa yang pertama adalah dengan memastikan kebersihan rumah. Kemungkinan kehadiran kecoa di rumah yang rapi dan bersih sangat kecil. Jadi, pastikan anda rutin membersihkan rumah secara menyeluruh.

Tempat pertama untuk memulai adalah dapur karena dapur memiliki semua yang disukai kecoak. Jangan meninggalkan sisa makanan di piring dan jangan taruh di wastafel dapur. Cuci piring anda segera dan simpan makanan dengan baik.

Jika memungkinkan, jangan letakkan tempat sampah di dapur dan perhatikan laci dapur secara teratur serta jaga agar tetap teratur dan bersih. Juga, beri perhatian khusus pada kompor dan bagian atas kompor, karena kecoa menyukai minyak dan lemak.

 

2. Jangan Biarkan Makanan Terbuka

Cara membasmi kecoa yang selanjutnya adalah menjaga makanan tetap aman dan tertutup. Kecoa akan sangat mudah menempel pada makanan yang tidak tertutupi. Jadi, usahakan untuk selalu menutup makanan. Jangan pernah membiarkan bahan makanan terbuka selama berjam-jam.

Tutupi bahan makanan yang longgar dengan benar dan jaga agar wadah makanan tetap tertutup rapat. Jangan tinggalkan buah-buahan di atas meja dan jangan tinggalkan piring kotor di wastafel selama semalaman atau berjam-jam. Ini akan meminimalkan risiko kecoa masuk ke dapur anda.

 

3. Batasi Sumber Air

Kecoa sering kali ditemukan di sekitar sumber air. Faktanya kecoa dapat bertahan selama sebulan tanpa makanan, tetapi tidak bisa bertahan hidup lebih dari seminggu tanpa air. Oleh karena itu, salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah memutus sumber air. Perbaiki semua kebocoran air di rumah anda termasuk di dapur dan kamar mandi.

3 dari 5 halaman

Cara Membasmi Kecoa Dengan Mudah

4. Baking Soda dan Gula

Campuran soda kue dan gula bubuk adalah umpan buatan yang sederhana, aman, namun sangat efektif untuk membunuh kecoa. Ini dapat secara efektif membantu menyingkirkan kecoa, jika anda akan menggunakan campuran ini maka anda dapat melihat penurunan populasi kecoa sebagai hasilnya.

Hal terbaik tentang umpan kecoa buatan sendiri ini adalah menggunakan bahan yang benar-benar aman. Untuk membuat campuran bahan ini, gunakan takaran yang sama dari baking soda dan gula bubuk dalam mangkuk, dan aduk rata.

Taburkan campuran di tempat-tempat persembunyian kecoa seperti di belakang kulkas, di bawah wastafel, dan di sudut-sudut ruangan. Gula dalam campuran akan memikat kecoa dan soda kue akan menambah gas perut kecoak, menyebabkan mereka mati perlahan seiring berjalannya waktu.

 

5. Kulit Mentimun atau Irisan Mentimun

Cara membasmi kecoa yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit mentimun atau irisan mentimun. Kulit mentimun atau irisan mentimun juga berfungsi sebagai pengusir kecoa. Beberapa orang menganggap cara ini efektif, sementara yang lain tidak menganggapnya efisien.

Tetapi mencobanya tidak akan merugikan anda dalam segi apapun karena mentimun mudah dan murah untuk didapatkan. Bau mentimun tidak bisa ditoleransi oleh kecoa. Tempelkan irisan mentimun dan kulitnya di area yang disukai oleh kecoa.

 

6. Asam Borat dan Gula

Menggunakan asam borat adalah salah satu cara terbaik untuk membunuh berbagai jenis hama termasuk kecoa dan semut. Telah terbukti bahwa asam borat sangat efektif dalam membunuh kecoa dan berbagai hama lainnya.

Campuran asam borat dan gula bertindak sebagai umpan kecoa yang sangat efektif. Anda dapat menyiapkan umpan buatan sendiri dengan mencampurkan tiga bagian asam borat dengan satu bagian gula bubuk.

Gula menarik kecoa, sedangkan asam borat membunuh mereka. Taburkan campuran tersebut di tempat-tempat persembunyian kecoa yang populer seperti di belakang lemari es, di bawah wastafel, di sudut-sudut, dan di lemari kamar mandi.

Jangan taburkan campuran di tempat yang bisa dijangkau oleh jari kelingking atau hidung. Meskipun asam borat tidak dianggap beracun, namun tidak aman untuk dikonsumsi. Ini adalah cara paling umum dan efektif untuk mengusir kecoa di rumah, kantor, atau dapur.

4 dari 5 halaman

Cara Membasmi Kecoa Dengan Mudah

7. Daun Salam

Cara membasmi kecoa yang selanjutnya adalah dengan menggunakan daun salam. Daun salam memiliki aroma yang keras yang mana kecoak tidak menyukai bau daun salam tersebut. Dan karenanya, daun salam berfungsi sebagai pengusir kecoa alami.

Menggunakan daun salam juga sangat aman, karena anda hanya perlu membuat bubuk daun salam. Gunakan lesung dan alu untuk membuat bubuk daun salam. Taburkan bubuk daun salam di tempat persembunyian kecoa.

 

8. Perangkap Toples Air

Cobalah metode ini untuk menjebak kecoa dewasa dan membunuhnya. Ini adalah jebakan buatan sendiri yang sederhana namun efektif. Perangkap ini akan memikat dan menjebak kecoa dalam toples yang diletakkan di samping dinding.

Kecoak akan jatuh ke dalam toples dan tidak dapat melarikan diri. Anda bisa memasukkan umpan apa saja seperti air dan bubuk kopi ke dalam toples. Perlu diingat, ini tidak akan mempengaruhi sarang dan telur kecoa sehingga perlu langkah pembasmian lainnya.

 

9. Perangkap Botol Soda

Ini adalah jebakan sederhana namun efektif yang bisa dicoba selanjutnya. Ambil botol soda plastik kosong. Potong bagian atas di mana ia tertekuk. Balikkan bagian atas dan letakkan di badan botol. Ini akan terlihat seperti corong di dalam botol.

Gunakan pita perekat untuk menyegel di sekitar pelek. Tuang sedikit air sabun atau larutan air dan pelembut kain ke dalam botol. Tempatkan perangkap ini di area yang biasanya terdapat kecoa. Kecoa akan merangkak ke dalam perangkap karena umpan dan terperangkap.

5 dari 5 halaman

Cara Membasmi Kecoa Dengan Mudah

10. Minyak Peppermint

Minyak peppermint adalah salah satu pencegah pengendalian hama yang paling terkenal di pasaran, jadi tidak mengherankan jika obat ini juga efektif dalam menyembuhkan serangan kecoa.  Semprotan minyak peppermint dapat mencegah kecoa dengan cara yang tidak beracun dan aman digunakan di sekitar anak-anak

Pakar menyarankan untuk mencampur 15 tetes minyak peppermint dengan 10 ons air sebelum menyemprotkan formula di sekitar area yang sering kali ditempati oleh kecoa seperti wastafel, belakang kulkas dan pojok ruangan.

 

11. Jus Lemon

Jus lemon memunculkan aroma yang berbau manis namun tidak disukai kecoa, karena lemon memiliki sifat anti-patogen alami yang dapat menjauhkan kecoa dari rumah anda. Banyak ahli merekomendasikan menambahkan dua sampai tiga sendok makan jus lemon dengan beberapa galon air dalam ember sebelum mencampur dan mencuci area yang sering anda temui kecoa dengan pel dalam larutan.

 

12. Semprotan Insektisida

Cara membasmi kecoa yang terakhir adalah dengan menggunakan semprotan insektisida. Jika metode buatan sendiri tidak berhasil untuk membunuh atau mengusir kecoa, dapatkan insektisida yang diberi label aman untuk digunakan melawan kecoa.

Semprotkan insektisida di area rawan kecoa atau di mana pun mereka bersembunyi di rumah anda. Perlu diingat, ini adalah metode beracun dan karenanya jauhkan dari jangkauan anak-anak saat anda menyemprotkannya. Selain itu, anda harus mengikuti instruksi keselamatan yang diberikan pada label produk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.