Sukses

6 Ciri-Ciri Kalimat Efektif yang Wajib Diketahui, Lengkap dengan Contohnya

Kalimat efektif adalah satuan bahasa yang lengkap dan sesuai kaidah yang dapat mengakibatkan pembaca atau pendengar mudah memahami.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri kalimat efektif wajib diketahui supaya daapat menyusun kalimat yang baik. Kalimat efektif kerap kali kita temui dalam pelajaran bahasa Indonesia. Kalimat ini sangat diperlukan dalam setiap penulisan, supaya menghasilkan kalimat yang padu dan mudah dipahami.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kalimat efektif adalah satuan bahasa yang lengkap dan sesuai kaidah yang dapat mengakibatkan pembaca atau pendengar mudah memahami. Selain memahami pengertian kalimat efektif, anda juga perlu mengenai ciri-ciri kalimat efektif.

Ciri-ciri kalimat efektif yang utama adalah harus mudah dipahami dan lugas. Dengan begitu, penilis akan dengan mudah menyampaikan gagasan, maksud, dan informasi secara sederhana kepada pembaca.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai ciri-ciri kalimat efektif dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Kalimat Efektif Menurut Para Ahli

Widjono

Dikutip dari buku berjudul Bahasa Indonesia: mata kuliah pengembangan kepribadian di Perguruan Tinggi (2012: 205) karya Widjono, kalimat efektif adalah kalimat yang singkat, padat, jelas, lengkap, serta dapat menyampaikan informasi secara tepat sehingga apa yang disampaikan dapat mudah dipahami oleh pembaca.

Gorys Keraf

Dikutip dari buku berjudul Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa (2004:40) karya Gorys Keraf, kalimat efektif adalah kalimat yang secara tepat dapat mewakili gagasan atau perasaan pembicara atau penulis dan sanggup menimbulkan gagasan yang sama tepatnya dalam pikiran pendengar atau pembaca seperti yang dipikirkan oleh pembicara atau penulis.

Suparno dan Yunus

Dikutip dari buku berjudul Keterampilan Dasar Menulis (2009: 2.1) karya Suparno dan Yunus, kalimat efektif adalah kalimat yang bisa mewakili kemampuan untuk mengungkapkan gagasan penutur sehingga pendengar atau pembaca mampu memahami gagasan yang terungkap dalam kalimat tersebut, sehingga gagasan yang dimaksud oleh penutur dapat tersampaikan.

Minto Rahayu

Dikutip dari buku berjudul Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (2007: 79) karya Minto Rahayu, kalimat efektif adalah kalimat yang dapat menimbulkan daya khayal pada pembaca, atau minimal bisa mendekati apa yang dipikirkan oleh sang penulis.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Mengutip buku Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Kalimat, bentuk dari kalimat efektif tidak berarti bahwa wujud kalimatnya harus pendek-pendek, namun yang penting adalah kesamaan informasi.

Bisa saja kalimatnya pendek, namun justru membingungkan orang dan bisa jadi kalimatnya panjang, tetapi informasinya mudah dipahami. Untuk itu, ciri-ciri kalimat efektif adalah kelugasan, ketepatan, kejelasan, kehematan, kesejajaran, dan Kepaduan. Berikut ini penjelasan dari masing-masing ciri-ciri kalimat efektif adalah:

1. Kelugasan

Ciri-ciri kalimat efektif yang pertama adalah lugas. Kelugasan dalam kalimat efektif mensyaratkan bahwa informasi yang akan disampaikan dalam kalimat itu adalah yang pokok-pokok saja, tidak berbelit-belit, dan disampaikan secara sederhana.

2. Ketepatan

Ketepatan dalam kalimat efektif mensyaratkan bahwa informasi yang akan disampaikan dalam kalimat itu harus jitu atau kena benar (sesuai dengan sasaran) sehingga dibutuhkan ketelitian. Ciri-ciri kalimat efektif yang tepat tidak akan menimbulkan multitafsir. Hal ini karena kalimat yang multitafsir pasti menimbulkan ketaksaan atau keambiguan (ambiguity), yaitu maknanya lebih dari satu, menjadi kabur, atau bahkan meragukan.

3. Kejelasan

Kejelasan dalam kalimat efektif mensyaratkan bahwa kalimat itu harus jelas strukturnya dan lengkap unsur-unsurnya. Ciri-ciri kalimat efektif yang jelas strukturnya memudahkan orang memahami makna yang terkandung di dalamnya. Sebaliknya, ketidakjelasan struktur bisa jadi menimbulkan kebingungan orang untuk memahami makna yang terkandung di dalamnya.

4. Kehematan

Kehematan dalam kalimat efektif mensyaratkan bahwa informasi yang akan disampaikan dalam kalimat itu harus cermat, tidak boros, dan perlu kehati-hatian. Untuk itu, perlu dihindari bentuk-bentuk yang bersinonim.

5. Kesejajaran

Kesejajaran dalam kalimat efektif mensyaratkan bahwa bentuk dan struktur yang digunakan dalam kalimat efektif harus paralel, sama, atau sederajat. Dalam hal bentuk, kesejajaran terutama terletak pada penggunaan imbuhan, sedangkan dalam hal struktur, kesejajaran terletak pada klausa-klausa yang menjadi pengisi dalam kalimat majemuk.

6. Kepaduan

Kepaduan adalah pernyataan kalimat yang informasinya tidak terpecah-pecah. Kalimat yang padu adalah kalimat yang tidak bertele-tele, dan mampu mencerminkan cara berpikir yang sistematis. Dengan begitu, pembaca akan mudah memahami informasi yang dimaksud oleh penulis. Kalimat yang padu menggunakan pola aspek-agen-verbal atau aspek-verbal-pasien. Di antara predikat kata kerja dan objek penderita tidak disisipkan kata daripada/tentang.

4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Efektif

Supaya lebih memahami pengertian dan ciri-ciri kalimat efektif, berikut ini terdapat contoh kalimat efektif:

1. Kalimat tidak efektif: Maskapai tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan dokumen, kerusakan barang, busuknya makanan, dan jika hewan yang diletakkan di dalam bagasi tiba-tiba mati.

2. Kalimat efektif: Maskapai tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan dokumen, kerusakan barang, kebusukan makanan, dan kematian hewan.

3. Kalimat tidak efektif: Gejala (penyakit) TBC pada dirinya sudah lama diketahui.

Kalimat efektif: Gejala TBC pada dirinya sudah lama diketahui.

4. Kalimat tidak efektif: Suasana di pasar sangat ramai sekali

Kalimat efektif: Suasana di pasar sangat ramai

5. Kalimat tidak efektif: Minggu kemarin banyak para pegawai yang melakukan demonstrasi

Kalimat efektif: Minggu kemarin, banyak pegawai yang melakukan demonstrasi

6. Kalimat tidak efektif: Saran yang dikemukakakan olehnya akan dipertimbangkan oleh kami

Kalimat efektif: Saran yang dikemukakannya akan kami pertimbangkan

7. Kalimat tidak efektif: Baik mahasiswa baru atau mahasiswa lama dikenakan peraturan yang sama

Kalimat efektif: Seluruh mahasiswa dikenakan peraturan yang sama

8. Kalimat tidak efektif: Harga minyak disesuaikan atau kenaikan itu secara wajar.

Kalimat efektif: Harga minyak disesuaikan atau dinaikan secara wajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.