Sukses

Pria Ini Tak Pernah Mandi Selama 22 Tahun, Alasannya Banjir Pujian

Pria ini memiliki alasan khusus mengapa dirinya tidak mandi selama puluhan tahun.

Liputan6.com, Jakarta Sejak kecil semua pasti diajarkan untuk selalu hidup bersih. Bahkan di Indonesia kita sering menemui plang bertuliskan "Kebersihan sebagian dari iman" atau "Jagalah kebersihan". Namun pasti ada saja orang yang tidak menjaga kebersihan.

Pernah tak mandi karena dingin atau buru-buru misalnya. Akan tetapi rasa malas untuk mandi itu hanya bertahan beberapa hari saja. Sebagian besar orang akan merasa badannya lengket dan bau jika tidak mandi dalam sehari saja. Meski begitu, ternyata memang ada orang yang sanggup tidak mandi sampai bertahun-tahun.

Bahkan ada yang sampai 22 tahun tidak mandi. Seperti yang dilakukan oleh pria berusia 62 tahun dari Bihar, India ini. Ia tengah menjadi perhatian banyak pihak di negara asalnya setelah terungka tidak mandi selama lebih dari dua dekade.

Pria bernama Dharamdev Ram itu diketahui memiliki alasan khusus mengapa dirinya tidak mandi selama puluhan tahun. Bahkan orang-orang tidak ada yang mengejeknya karena tak mandi, sebaliknya ia sangat menghormati keputusannya. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Rabu (3/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Punya Tujuan Mulia

Pasalnya, pria itu bersumpah untuk tidak mandi untuk menghindari kekerasan terhadap perempuan, sengketa tanah antar laki-laki, dan pembunuhan hewan tak berdosa berhenti. Namun hal itu belum terjadi, jadi Dharamdev terus menegakkan sumpahnya hingga tak pernah mandi.

“Pada tahun 1975, saya bekerja di sebuah pabrik di Jagdal, Bengal, dan menikah pada tahun 1978 dan menjalani kehidupan normal,” kata Dharamdev Ram baru-baru ini kepada ETV Bharat.

“Tetapi pada tahun 1987, saya tiba-tiba menyadari bahwa sengketa tanah, pembunuhan hewan, dan kekejaman terhadap perempuan mulai meningkat. Jadi, untuk mencari jawaban, saya mendekati seorang 'Guru' yang menjadikan saya sebagai muridnya dan mengilhami saya untuk mengikuti jalan bhakti. Sejak itu, saya menuju jalan bhakti dan mulai bermeditasi untuk Dewa Rama.”

Pada 2000, ketika ia bersumpah untuk tidak mandi sampai kesalahan yang disebutkan di atas berhenti, Dharamdev juga berhenti dari pekerjaannya di pabrik tempatia bekerja. Tapi ia kembali bekerja karena tekanan dari keluarganya sendiri. Namun, ketika tersebar tentang janjinya yang tidak biasa, ia dipecat, dan tetap menganggur sejak itu.

3 dari 3 halaman

Tak Mandi Selama Dua Dekade

Kemudian sang istri, Maya Devi meninggal pada 2003 tetapi saat itu ia menolak untuk mandi. Bertahun-tahun kemudian salah satu putranya meninggal, tetapi ia tidak melanggar sumpahnya, dan terus melakukannya, meskipun putranya yang lain tewas tahun ini. Bahkan jika itu mungkin berarti tidak pernah mandi sampai hari kematiannya, pria berusia 62 tahun itu siap untuk menepati sumpah yang dia buat 22 tahun lalu, kecuali jika tujuan mulianya tercapai.

Upaya Dharamdev Ram yang tidak biasa untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan hewan, serta sengketa tanah menjadi viral di India baru-baru ini, memicu penyelidikan jurnalistik. Wartawan melakukan perjalanan ke Baikunthpur, di distrik Gopalganj Bihar untuk mewawancarai Ram dan sejumlah penduduk setempat, yang semuanya membenarkan bahwa ia tidak mandi selama lebih dari dua dekade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.